Trik Menjemput Pengunjung Blog (Sudah Terbukti)

90 views
Cara Mudah Menjemput Pengunjung Blog (Sudah Terbukti)

Cara Mudah Menjemput Pengunjung Blog (Sudah Terbukti)

Trik Menjemput Pengunjung Blog (Sudah Terbukti) – Awal awal ngeblog kita cukup rajin nulis artikel dan mungkin tiap hari bikin postingan untuk diterbitkan di blog. Kemudian melihat statistik traffic blog, ternyata masih sama dari hari ke hari, masih di angka puluhan jumlah visitor nya. Bahkan tidak jarang bikin post dan dibaca sendiri, dan senyum-senyum sendiri. Melihat blog lain cukup kagum, kok bisa rame kayak pasar, dan komentarnya banyak. Dari situ mulai berfikir, gimana caranya ningkatin jumlah pengunjung blog. Berbagai upaya dilakukan, baik cara yang baik maupun cara yang tidak baik. Asal menemukan trik yang bagus dicoba, kemudian dicoba lagi jika membaca tips di blog lain, dan seterusnya.

Paragraf diatas merupakan pengalaman pribadi admin zunif.com saat baru pertama kali ngeblog di awal tahun ini. Mungkin barangkali sobat juga pernah mengalami hal serupa. Hal tersebut cukup wajar, karena memang ngeblog itu cukup membingungkan, terutama bagi kita yang baru pertama kali belajar ngeblog. Tapi jika kita mau belajar serius secara mandiri, terlebih bisa ikut workshop/pelatihan ngeblog, kita akan berhasil dalam mengelola dan mengembangkan blog kita.

Membangun blog dari awal memang tidak mudah. Butuh perjuangan luar biasa. Perlu siap lahir batin. Tapi jika ternyata usaha kita belum membuahkan hasil, sobat zunif.com perlu melakukan evaluasi mengenai pengelolaan blog. Jangan-jangan ada yang tidak beres saat optimasi blog.

Blog sebenarnya tanpa dilakukan optimasi pun bisa mendatangkan pengunjung. Biasanya berupa pengunjung yang “nyasar” berasal dari mesin pencari Google, Yahoo dan Bing. Asalkan privasi blog disetting publik, maka blog bisa diakses oleh orang lain. Tapi jika sobat zunif.com punya tujuan tertentu dalam ngeblog, seperti ingin membangung personal branding, menghasilkan uang, ingin punya ribuan pengunjung biar terkenal, dll, kita perlu melakukan berbagai usaha untuk mendongkrak traffic blog kita.

Pengunjung blog ada yang hanya baca artikel saja. Ada juga pengunjung selain baca postingan juga memberikan komentar. Ada juga pengunjung yang klik follow blog, atau bahkan tidak sedikit juga visitor blog yang baca post kemudian klik iklan karena mungkin konten blog sangat membantu dan bermanfaat. Macam-macam jenis dan karakter pengunjung. Karena sifat orang juga tidak sama.

Berikut ini admin zunif.com akan berbagi trik dan usaha untuk mendapatkan pengunjung blog, yakni dengan cara menjemput pengunjung blog. Dalam hal ini pengunjung blog yang benar-benar manusia, bukan pengunjung bots/robot/mesin ya kak. Tips ini merupakan buah pengalaman pribadi dan sudah terbukti memberikan hasil yang bagus di blog zunif.com. Ada peningkatan jumlah traffic blog, pelan tapi pasti dari waktu ke waktu.

Trik Menjemput Pengunjung Blog (Sudah Terbukti)

1.Buat Konten Yang Bagus dan Bermanfaat
Originalitas konten penting untuk diperhatikan bagi sobat blogger, baik tulisan artikel, gambar / foto, video, ataupun file dokumen yang diunggah dan dimasukkan kedalam blog. Misalnya terpaksa harus mengambil konten dari blog lain, perlu memberikan kredit link (sumber referensi) sebagai bentuk apresiasi kepada pemilik konten asli. Konten artikel yang bagus memang tidak mudah digarap, butuh waktu. Kalau sobat zunif.com terbiasa menulis sendiri lama kelamaan tulisan kita bisa bagus, dan enak dibaca orang.

Konten Blog Original dan SEO Friendly

Konten Blog Original dan SEO Friendly

Kemudian yang tak kalah penting adalah nilai manfaat konten itu sendiri bagi pembaca/pengunjung. Nilai manfaat bisa berupa sebuah solusi atas suatu masalah, file yang dicari pengunjung, ilmu/pengetahuan baru, memberikan pemahaman baru, dan informasi penting berguna lainnya. Oleh karenanya, sobat zunif.com saat menulis konten artikel perlu memikirkan dari segi pembaca. Apa kira-kira yang akan diperoleh pembaca setelah membaca postingan anda nantinya.

Dari situ para pembaca akan sangat berterimakasih kepada kita (pemilik blog) karena postingannya bisa memberikan pencerahan, pengetahuan baru, atau memberikan soft file yang dicarinya.

Biasanya pengunjung yang benar-benar butuh informasi adalah mereka yang datang dari mesin pencari. Dengan mengetikkan kata kunci tertentu di Google, Yahoo, Bing akan menemukan blog kita yang memberikan solusi atas persoalan yang sedang dihadapinya.

2.Menjalin Hubungan dengan Sesama Blogger
Perlu dan penting, dan kalau punya banyak waktu bisa bergabung pada komunitas blogger indonesia. Karena dari jalinan persahabatan itulah sobat zunif.com akan memperoleh pengetahuan dan informasi baru yang mungkin tidak bisa ditemukan di mesin pencari. Terutama terkait upaya mengembangkan blog yang baru dibangun.

Daftar Sahabat Blogger Terbaik Indonesia

Daftar Sahabat Blogger Terbaik Indonesia

Jika sobat zunif.com tidak punya waktu luang di dunia nyata. Ada cara lain yang bisa digunakan di dunia maya. Yakni dengan menjalin relasi dengan blogger lain. Caranya dengan mengikuti blog-blog yang aktif dan owner blog ramah/bersahabat. Trik saling follow sesama blogger akan mempermudah jalinan komunikasi melalui kotak komentar, bahkan sampai berlanjut ke komunikasi melalui sosial media.

Kita sebagai blogger baru bisa meminta saran, masukan, dan kritik dari mereka yang sudah senior dan sudah lama berpengalaman ngeblog hingga bertahun-tahun. Sehingga aktivitas ngeblog bisa lebih ter-arah dan bisa dilakukan degan cara terstruktur, sistematis, dan masif.

3.Aktif Ngeblog dan Rajin Blogwalking
Sebagai blogger pemula kita perlu aktif ngeblog, baik menulis konten blog, maupun memberikan komentar di blog lain. Aktivitas komentar tidak melulu soal backlink blog, tapi lebih kepada menyapa sahabat blogger dan berkomunikasi dengan mereka. Tidak sedikit juga para blogger senior tidak sunkan untuk comment back, jika jejak yang kita tinggalkan berkualitas di blog milik mereka.

Daftar Komunitas Blogwalking Indonesia

Daftar Komunitas Blogwalking Indonesia

Kita sebagai seorang blogger anyar tidak perlu menunggu bola, dalam artian menunggu di komentari dulu oleh blogger lain, tapi kita perlu menjemput bola dengan cara meninggalkan komentar di blog-blog lain, terutama blog yang sudah kita follow dan sudah bersahabat dengan kita. Dari situ, secara tidak langsung sobat zunif.com sudah berusaha menjemput pengunjung yang akan datang ke blog sobat. Hal ini perlu dilakukan berulang-ulang, dan perlu komitmen yang tinggi untuk terus aktif ngeblog setiap hari, agar eksistensi anda bisa dikenal oleh blogger lain.

4.Belajar SEO Off Page dan On Page
Sebagai seorang blogger, sobat zunif.com perlu belajar mendalami ilmu SEO. Kalau tidak sempat akrab, minimal kenal dengan SEO. Search Engine Optimization (SEO) merupakan upaya yang dilakukan oleh seorang blogger untuk meningkatkan jumlah kunjungan blog melalui mesin pencari. Dengan mendapatkan posisi atas pada hasil mesin pencari akan berpotensi meningkatkan jumlah traffic blog.

Belajar SEO Google Yahoo Bing

Belajar SEO Google Yahoo Bing

Diakui atau tidak, sejauh ini memang jumlah visitor terbanyak berasal dari mesin mencari. Kemudian disusul oleh media sosial, referral, dan direct. Jika sobat zunif.com bisa bersahabat dengan mesin pencari, atau bahkan akrab, maka blog bisa rame kayak pasar. Jadi, sebagai seorang blogger kita perlu belajar SEO dan kemudian mempraktekkannya untuk membangun blog kita agar bisa meningkat jumlah kunjungannya.

5.Konsisten Ngeblog Sepanjang Waktu
Agak sulit untuk bisa konsisten, apalagi jika sobat zunif.com merupakan part time blogger, bukan full time blogger. Untuk itu diperlukan jadwal tetap dalam beraktivitas ngeblog setiap harinya, agar tidak menganggu kegiatan utama seperti bekerja atau sekolah di dunia nyata.

Untuk bisa terus aktif ngeblog, kunci utamanya adalah rasa “suka” terlebih dahulu dengan dunia blogger. Entah itu suka menulis, suka terhadap hal baru, suka utak-atik desain tampilan blog, atau suka berinteraksi dengan sesama blogger. Selain suka, diperlukan juga niat yang tulus dan ikhlas. Dan yang terakhir adalah punya tujuan dan target yang jelas dalam ngeblog, sehingga ada komitmen untuk meraihnya.

Mungkin itulah trik sederhana yang bisa dibagikan oleh admin zunif.com dalam upaya menjemput “paksa” para pengunjung blog. Agar mereka bersedia buka/akses blog kita, baca postingan, klik follow, dan meninggalkan komentar. Memang tidak mudah. Jadi perlu bersabar. Setiap usaha yang sungguh-sungguh akan menghasilkan sesuatu yang diharapkan. Dan setelah kesulitan “katanya” ada kemudahan. Bukan begitu kawan? 😀

Tags: #Blogger Pemula #Menjemput Pengunjung #Sudah Terbukti #Tips Ampuh #Trik SEO #Visitor Blog

  1. author

    Bang Day2 bulan ago

    konsisten itu yang susah soale kita pny kehidupan lain nih

    Balas

Silahkan Komentar