Syarat-Syarat Mengurus Akta Mati

91 views

Syarat-Syarat Mengurus Akta MatiSyarat-Syarat Mengurus Akta Mati – Untuk mengurus dokumen yang satu ini sebenarnya tidak sulit, karena berkas dokumen yang dibutuhkan tidak banyak, jadi sahabat yang ingin segera membuat dokumen ini, pastikan untuk mempersiapkan apa saja persyaratannya.

“Sedikit cerita unik di desa saya. Ada tetangga saya yang membuat dokumen akta kematian ini untuk keperluan pecah sertifikat tanah, karena separo lahan tanah sawah dahulu sudah dijual kepada orang lain untuk keperluan sebagai modal pencalonan perangkat desa sang anak. Sebenarnya pecah sertifikat tanah ini tidak boleh dilakukan kalau tanah belum diwariskan kepada anak-anaknya. Berhubung si pembeli ingin balik nama sertifikat tanah, maka harus diurus kepada si penjual tanah. Padahal si penjual tanah masih hidup dan tanah belum diwariskan kepada anak. Akhirnya muncul ide untuk membuat akta mati si penjual tanah. Guna sebagai syarat mewariskan tanah kepada anak, dan agar separo tanah bisa di bagi kepada anak-anak nya, dan untuk pembeli tanah tadi bisa segera balik nama sertifikat tanah.”

Kisah diatas merupakan contoh tindakan yang tidak terpuji dan tidak dibenarkan oleh hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Namun, karena ada desakan dari pihak orang lain, karena ada keinginan untuk memperoleh hak-haknya sebagai pembeli tanah (balik nama), maka tindakan tersebut terpaksa dilakukan.

Bagi sahabat zunif.com yang ingin membuat akta mati, pastikan orang yang akan dibuatkan akta mati adalah orang yang benar-benar sudah meninggal dunia. Bukan orang yang masih hidup, karena hal itu melanggar peraturan di Indonesia ya guys. Berikut adalah persyaratan-persyaratannya.

Syarat-Syarat Mengurus Akta Mati

  1. Surat Pengantar dari RT/RW
  2. Surat Pengantar dari Desa/Kelurahan
  3. KTP dan KK Yang Bersangkutan
  4. Fotocopy KTP 2 Orang Saksi
  5. Surat Kematian dari Dokter Apabila Ada

Semoga informasi yang disampaikan diatas bisa bermanfaat untuk saudara sekalian yang sedang mengurus akta kematian. Terimakasih atas kunjungan saudara di blog zunif.

Tags: #Akta Kematian #Mengurus Akta Mati #Syarat Akta Mati #Syarat Dokumen

  1. Syarat-Syarat Mengurus Akta Kelahiran | zunif.com4 bulan ago

    […] Mengurus Akta Kelahiran – Untuk membuat akta kelahiran sebenarnya tidak sulit sahabat zunif.com, asalkan ada kemauan dan keseriusan untuk segera […]

    Balas

Silahkan Komentar