Prospek Portal Berita Online

44 views
Prospek Portal Berita Online

Prospek Portal Berita Online

Prospek Portal Berita Online – Teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini tumbuh dan berkembang cukup pesat. Hal itu sebagai konsekuensi era disrupsi dan masuknya revolusi Industri 4.0. Indonesia yang memiliki jumlah penduduk sekitar 250 juta jiwa merupakan pangsa pasar potensial bagi pengusaha media yang bisa memanfaatkan momentum ini.

Koran cetak, dahulu merupakan satu-satunya sumber berita aktual yang selalu ditunggu oleh masyarakat setiap pagi hari. Namun, kini setelah adanya perkembangan internet, tidak sedikit orang yang menggunakan smartphone untuk mengakses informasi terbaru melalui handphone yang terhubung internet. Hanya sekali klik, berita aktual muncul setiap menit dari berbagai portal berita online.

Masyarakat tidak perlu menunggu pagi hari untuk mendapatkan informasi, tapi setiap detik pun kabar berita datang silih berganti. Selain itu, berita internet bisa diakses secara gratis, tanpa mengeluarkan biaya dalam memperolehnya. Hal ini tentu berbeda dengan koran cetak.

Tidak heran jika era 2000-an banyak koran cetak nasioanl/lokal yang bermetamorfosis dan mengembangkan bisnis nya melalui media website. Hal itu dilakukan agar tidak semakin tertinggal dan agar bisa mengkover audience dari berbagai kalangan, termasuk kaum milenial.

Website Building
Untuk membangun sebuah situs website sebenarnya tidak memerlukan biaya mahal. Sewa hosting dan domain per tahun memerlukan biaya relatif murah untuk kapasitas hosting unlimited. Tentu hal ini sangat menghemat produksi berita, dibandingkan media cetak.

Thema website juga bisa menggunakan yang gratis, selain ada juga yang premium. Tergantung dari pemilik website itu sendiri. Mengingat fitur dan fasilitas theme juga tidak sama. Artinya jika menggunakan theme premium mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan theme gratis.

Adapun artikel berita/informasi bisa di update setiap menit sekali, atau bahkan setiap detik. Sehingga lebih mudah, cepat, dan efektif dalam memberikan kabar aktual kepada pembaca. Tanpa perlu menanti setiap pagi atau setiap seminggu sekali. Kecepatan dan kemudahan informasi inilah yang memberikan minat dan daya tarik masyarakat cukup tinggi, selain faktor gadget yang mendukungnya untuk akses internet.

Meskipun demikian, dibutuhkan pengetahuan yang komprehensif untuk membangun sebuah website. Minimal tahu dan paham persoalan teknis seperti publikasi posting/artikel, insert gambar/video, atau HTML/PHP yang lazim terdapat dalam sebuah website. Sehingga keberadaan sebuah website bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Jangkauan Audience
Audience tidak hanya menjangkau lingkup lokal saja, melainkan juga hingga regional, nasional, dan bahkan hingga internasional. Sehingga potensi untuk memperoleh pembaca cukup luas dengan media website bagi sebuah portal berita.

Pembaca bisa diklasifikasikan menjadi pembaca tetap (berlangganan) dan pembaca baru. Pembaca baru umumnya berasal dari mesin pencari, sedangkan pembaca tetap bisa berasal dari follower sosial media, aplikasi, dan email berlangganan.

Untuk menjangkau berbagai audience, baik umur, jenis kelamin, lokasi, dan profesi diperlukan konten artikel yang beranekaragam. Sehingga potensi keterbacaan berita bisa luas yang bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat, baik lokal/daerah, nasional, dan manca negara.

Biasanya ada trend informasi/berita setiap harinya. Ini bisa dilihat dari google trend ataupun trending topic twitter. Bisa juga dilihat dari portal berita lain mengenai isu aktual nasional dan internasional yang sedang hangat diperbincangkan.

Traffic Website
Pembaca bisa berasal dari mana saja dan kapan saja. Sejauh ini sumber traffic paling besar berasal dari mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing. Selain itu juga bisa berasal dari sosial media, referral, dan direct. Termasuk aplikasi website playstore (android) dan appstore (iOS) juga memberikan kontribusi terhadap statistik traffic website.

Untuk bisa memperoleh traffic/kunjungan yang tinggi, misal ribuan, puluhan ribu, atau bahkan jutaan per hari, dibutuhkan pengetahuan SEO yang baik. SEO atau Search Engine Optimization merupakan teknik optimasi yang digunakan oleh webmaster (pemilik web) untuk mendongkrak sebuah website meraih posisi atas pada halaman hasil mesin pencari secara tertarget sesaui kata kunci tertentu.

Hal tersebut bisa memerlukan waktu. Mungkin seminggu, atau bahkan sampai berbulan-bulan. Hal itu karena SEO tidak menampakkan hasil dalam semalam. Konsistensi dan persistensi dalam update berita aktual menjadi suatu keharusan jika ingin mengikuti arus perkembangan teknologi digital. Karena jika berhenti update saja dalam hitungan minggu atau bulan, dikhawatirkan akan ditinggalkan oleh pembaca setianya.

Sistem Monetasi
Ada berbagai macam sumber penghasilan pada portal berita online. Umumnya berasal dari pihak ketiga (direct advertiser) yang memasang iklan di sebuah website. Iklan bisa berupa artikel review, iklan teks dan banner, dan liputan advertorial. Selain itu, juga bisa berasal dari pembaca yang berlangganan epaper premium.

Monetasi lain bisa juga menggunakan layanan Google AdSense. Yaitu program Pay Per Click (PPC) dari Google dalam memperoleh penghasilan (passive income). Tentu ada pembagian penghasilan jika mengikuti program layanan ini.

Besarnya jumlah penghasilan ditentukan oleh traffic/lalu lintas kunjungan sebuah website portal berita. Artinya, semakin tinggi traffic website, maka potensi penghasilan semakin besar.

Mengingat potensi yang besar tersebut, sudah saatnya media cetak perlu mengikuti arus kemajuan teknologi. Yakni dengan mengembangkan sayapnya melalui portal berita berbasis website. Sehingga harapannya, kedepan media yang kita cintai bisa terus survive sepanjang masa dan tetap konsisten menyajikan berita aktual kepada para pembaca setianya.

Tags: #Berita Digital #Berita Indonesia #Kabar Terbaru #Keuntungan Berita #Media Massa #Portal Berita #Website Berita

  1. author

    SUFYAN2 minggu ago

    Saingan terberat sudah menunggu : TRIBUN yang memborong semua niche

    Balas

Silahkan Komentar