Persyaratan Penting Untuk Daftar CPNS

170 views

persyaratan wajib bagi pelamar cpns terbaruPersyaratan Penting Untuk Daftar CPNS – Untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di Indonesia hingga kini tidak mudah. Selain karena faktor tingginya persaingan diantara pelamar dan sulitnya jenis tes, juga karena alasan persyaratan administrasi yang dinilai oleh sebagian orang sahabat zunif.com cukup memberatkan.

Profesi pegawai negeri sipil (PNS) dipandang cukup prestisius dikalangan masyarakat Indonesia, terutama di desa-desa. Bahkan ada beberapa warga masyarakat yang mengatakan bahwa ijazah kuliah kurang bermanfaat/berguna jika belum jadi pegawai negeri. Apakah sahabat zunif.com setuju dengan pendapat ini?

Berbagai alasan mengapa masyarakat tertarik untuk melamar CPNS, sudah dibahas di blog zunif.com pada postingan sebelumnya. Antara lain karena faktor ekonomi masyarakat Indonesia yang masih berada di posisi menengah ke bawah. Karena dengan menjadi PNS, maka ada gaji tetap dan pekerjaan mapan serta ada tunjangan hari tua. Sehingga bisa meningkatkan ekonomi keluarga sahabat zunif.com.

Dari alasan-alasan itulah mengapa jumlah pelamar CPNS selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun sobat zunif.com. Bahkan jumlah formasi yang dibuka dengan jumlah pendaftar tidak sebanding. Mungkin bisa dikatakan 1 banding 1000. Artinya peluang usaha nya sangat kecil karena tingginya tingkat kompetisi diantara para pendaftar.

Pandai, pintar, dan cerdas saja tidak cukup untuk bisa lolos CPNS, tapi juga ada faktor keberuntungan juga didalam nya. Dan yang paling penting adalah bagaimana mengatur strategi agar sahabat zunif.com bisa lolos seleksi penerimaan CPNS.

Pertama yang perlu diperhatikan adalah persyaratan lamaran. Ada beberapa persyaratan umum dan wajib yang harus dimiliki oleh setiap calon pendaftar CPNS. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil Pasal 23, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para pelamar CPNS. Berikut adalah ulasannya di blog zunif.com.

Persyaratan Penting Untuk Daftar CPNS

1.Usia antara 18-35 tahun. Usia dibawah 18 tahun atau diatas 35 tahun tidak diperbolehkan melamar CPNS. Secara otomatis sahabat zunif.com tidak akan lulus oleh sistem pendaftaran cpns online di situs sscn.bkn.go.id.

2.Punya kualifikasi pendidikan sesuai formasi yang dilamar. Sekali lagi bahwa formasi yang dilamar harus sesuai dengan persyaratan pendidikan. Misalnya sahabat zunif.com ingin daftar formasi calon pns guru biologi SMA, maka pelamar yang diijinkan adalah lulusan S1 Pendidikan Biologi (S.Pd.).

3.Tidak pernah dipidana (tersandung kasus). Pelamar yang punya riwayat hidup dan rekam jejak kriminalitas dan pernah tersangkut kasus hukum pidana dan pernah dipenjara selama 2 tahun atau lebih tidak diperbolehkan mendaftar CPNS. Calon pelamar CPNS sahabat zunif.com harus benar-benar bersih dan bebas dari masalah hukum pada masa lalu.

4.Bebas narkoba. Pelamar CPNS tidak pernah menggunakan obat obatan terlarang narkoba dan sejenisnya, dan tidak pernah menjadi pengedar, apalagi sebagai bandar narkoba.

5.Setia pada pancasila, UUD 1945, dan NKRI. Pelamar CPNS harus setia pada pancasila dan NKRI serta menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Sahabat zunif.com harus cinta tanah air dan menjaga kerukunan umat beragama serta menjunjung tinggi bhinneka tunggal ika.

6.Sehat jasmani dan rohani. Setiap pendaftar CPNS wajib berbadan sehat baik jasmani dan rohani. Namun, untuk jalur khusus tertentu diperbolehkan mendaftar, seperti pelamar kerja jalur khusus disabilitas. Artinya, rekrutmen CPNS terbuka lebar dan memberikan kesempatan lebih luas bagi siapa saja sahabat zunif.com warga negara Indonesia yang memenuhi syarat, tidak memandang fisik pelamar.

7.Mengikuti tes seleksi (Administrasi, SKD, SKB) dan lulus sampai pemberkasan. Semenjak adanya reformasi birokrasi di Indonesia, penerimaan CPNS dilakukan dengan cara tes. Mulai dari seleksi berkas, tes kompetensi dasar, dan tes kompetensi bidang. Sudah tidak ada lagi pengangkatan otomatis bagi tenaga honorer yang sudah mengabdi puluhan tahun di instansi pemerintah. Semua harus melalui proses rekrutmen dengan tes sobat zunif.com.

8.Tidak pernah dipecat sebagai PNS. Pelamar yang sebelumnya pernah jadi CPNS/PNS tidak diperbolehkan lagi untuk mendaftar CPNS. Hal ini agar memberikan kesempatan bagi warga negara indonesia yang lain agar bisa daftar CPNS.

9.Tidak berkedudukan sebagai PNS/TNI/Polri. Pelamar yang sudah jadi PNS, TNI, Polri tidak diperkenankan untuk daftar CPNS dengan alasan apapun. Misalnya sahabat zunif.com sudah jadi polisi 5 tahun dan bosan jadi polisi, kemudian ingin jadi guru pns dengan mengikuti tes cpns. Maka hal itu tidak diperbolehkan.

10.Tidak menjadi anggota/pengurus parpol. WNI yang sudah menjadi anggota dan pengurus partai politik tidak diijinkan untuk mendaftar cpns.

11.Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah NKRI. Jika sudah melamar cpns dan punya niat untuk mengabdi kepada pemerintah republik Indonesia, sahabat zunif.com harus siap ditempatkan di instansi pemerintah baik di pulau jawa ataupun di luar pulau jawa di seluruh wilayan NKRI.

Selain persyaratan umum dan penting yang diulas diatas, biasanya ada beberapa persyaratan khusus setiap instansi pemerintah pusat/daerah yang membuka keran penerimaan seleksi CPNS. Biasanya terkait dengan berkas dokumen pelamar. Untuk itu, sebelum mendaftar cpns pada instansi tertentu, pastikan dokumen yang dipersyaratkan harus lengkap sahabat zunif.com.

Tags: #CPNS 2019 #Daftar CPNS #Pengumuman CPNS #Persyaratan Penting #Syarat Umum #Untuk Apa

  1. author

    kuanyu1 bulan ago

    Boleh juga nih infonya, terutama yang pengen banget jadi cpns,…ea

    Balas
  2. author

    Einid Shandy1 bulan ago

    Cuma ada 1 syarat yang nggak bisa buat aku yaitu nggak bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia karena aku terlalu cinta sama kota kelahiranku. Hehe…

    Tapi, terima kasih informasinya Kak, bermanfaat.

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      wah indonesia itu luas lho kak, sayang banget kalau belum di kelilingi semua 😀

      Balas
  3. author

    Ruswati1 bulan ago

    Saya juga pernah daftar CPNS, dulu persyaratan nya ga ribet tapi tetap saja saya gagal. 😂

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      iya kak, tetap semangat, mungkin belum rejeki 🙂

      Balas
  4. author

    lantana hermosa1 bulan ago

    Siapa yang udah memenuhi syarat dan berminat ikutan test, didoakan semoga sukses keterima

    Balas
  5. author

    anies1 bulan ago

    bekas banduan (prisoner) boleh mohon juga ke?

    Balas
  6. author

    Reyne Raea1 bulan ago

    JAdi ingat dulu waktu masih di bawah 30 tahun, ya ampuunn, ortu gak henti2nya gangguin saya nyuruh ikut test PNS setiaaapp tahunnya.
    Sampai bosan sayanya hahaha

    Bosan aja ama persiapan berkasnya dan akhirnya juga ga lulus hahaha

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      gak apa apa kak, yang penting dulu pernah berusaha ya 😀

      Balas
  7. author

    Anisa1 bulan ago

    Banyak banget ya ternyata persyaratan untuk menjadi PNS. Terima kasih informasinya

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      iya lumayan banyak kak untuk jadi abdi negara lumayan repot 😀

      Balas
  8. author

    ratutips.com1 bulan ago

    makasih kak informasinya buat ponakan aku yang ngebet jaadi pns nih hehehhe

    Balas
  9. author

    mawardi1 bulan ago

    umur sudah tak mengijinkan jadi PNS

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      tetap semangat gan mawardi 😀

      Balas

Tinggalkan Balasan ke kuanyu Batalkan balasan