Persyaratan CPNS Formasi Khusus Putra / Putri Papua dan Papua Barat

67 views
Formasi Khusus Putra Putri Papua dan Papua Barat dalam Seleksi Penerimaan CPNS

Formasi Khusus Putra Putri Papua dan Papua Barat dalam Seleksi Penerimaan CPNS

Persyaratan CPNS Formasi Khusus Putra / Putri Papua dan Papua Barat – Selamat malam, pagi, siang dan sore untuk sahabat blog zunif.com semua dimanapun anda berada. Semoga kesehatan, kesuksesan, dan keberhasilan menyertai kehidupan anda. Sehingga kita bisa bersama-sama membangun kehidupan bangsa yang lebih baik dan ikut berkontribusi mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya, seperti yang telah diamanatkan oleh the faunding father.

Dalam kesempatan ini admin zunif.com akan berbagi informasi penting seputar seleksi penerimaan CPNS tahun 2019. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa Pemerintah Republik Indonesia membuka keran rekrutmen pegawai negeri cukup besar pada tahun ini. Rekrutment tersebut dilaksanakan serentak secara nasional yang meliputi 68 Kementerian/Lembaga Negara dan 462 Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Menurut Pengumuman Menteri PAN RB Nomor: B/1069/M.SM.01.00/2019 bahwa total kebutuhan pegawai negeri seluruhnya adalah 152.286 formasi dengan rincian 37.425 formasi untuk instansi pusat dan 114.861 formasi untuk instansi daerah. Tentu ini memberikan angin segar bagi masyarakat Indonesia yang mendambakan profesi sebagai abdi negara, karena pemerintah masih memberikan kesempatan dan peluang bagi warga negara untuk bekerja di instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Menurut Humas BKN proses pendaftaran online calon peserta CPNS di SSCASN BKN sudah mulai dibuka tanggal 11 November 2019 sampai 24 November 2019. Pastikan tanggal tersebut dicatat oleh sahabat zunif.com yang ingin melamar CPNS agar tidak terlambat atau lupa. Karena waktu/masa pendaftaran hanya dibuka selama 2 minggu saja.

Menurut PermenpanRB Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019 bahwa calon peserta CPNS bisa memilih jenis formasi. Mulai dari formasi umum dan formasi khusus yang meliputi formasi khusus lulusan terbaik, diaspora, disabilitas, tenaga pengamanan siber, dan putra putri papua dan papua barat.

Jika sahabat zunif.com merupakan warga masyarakat yang lahir di papua/papua barat, atau dibesarkan disana. Tentu sahabat bisa melamar kerja CPNS dengan memilih formasi khusus putra/putri papua/papua barat. Karena pemerintah mengalokasikan jenis formasi ini dengan jumlah cukup besar. Sehingga potensi lulus melalui formasi ini cukup besar jika dibandingkan dengan jenis formasi umum atau formasi khusus lain.

Berikut adalah beberapa ketentuan dan persyaratan yang harus dipenuhi bagi sahabat zunif.com yang ingin melamar CPNS dengan memilih formasi khusus putra / putri papua dan papua barat seperti dikutip dari PermenpanRB Nomor 23 Tahun 2019. Semoga bisa bermanfaat untuk saudara sekalian.

Persyaratan CPNS Formasi Khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat

1. Calon pelamar harus merupakan keturunan Papua/Papua Barat berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak atau ibu asli
Papua/Papua Barat), dibuktikan dengan akte kelahiran atau surat keterangan lahir yang bersangkutan dan diperkuat dengan surat keterangan dari kepala desa/kepala suku.

2. Instansi Pusat harus mengalokasikan formasi jabatan yang dapat dilamar oleh Putra/Putri Papua dan Papua Barat yang formasi jabatannya diserahkan sepenuhnya kepada instansi dengan ketentuan:
a). Bagi instansi yang mendapat alokasi formasi kurang dari 200 (dua ratus), paling sedikit 1 (satu) formasi.
b). Bagi instansi yang mendapat alokasi formasi antara 201 (dua ratus satu) sampai dengan 1000 (seribu), paling sedikit 2 (dua) formasi.
c). Bagi instansi yang mendapat alokasi formasi antara 1001 (seribu satu) sampai dengan 2000 (dua ribu), paling sedikit 3 (tiga) formasi.
d). Bagi instansi yang mendapat alokasi di atas 2001 (dua ribu satu) formasi, paling sedikit 4 (empat) formasi.

3. Pemilihan formasi jabatan dan unit kerja penempatan ditentukan oleh setiap instansi berdasarkan daftar rincian penetapan alokasi kebutuhan (formasi) dari Menteri, dilakukan di SSCASN BKN, dan selanjutnya dicantumkan dalam pengumuman penerimaan CPNS pada masing-masing instansi.

4. Jabatan dan kualifikasi pendidikan untuk penetapan kebutuhan (formasi) khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat disyaratkan agar pada penetapan kebutuhan (formasi) tersebut ditetapkan pula untuk penetapan kebutuhan (formasi) umum dengan jabatan dan kualifikasi pendidikan yang sama.

Tags: #CPNS 2019 #CPNS Online #Formasi Khusus #Lowongan Kerja #Papua Barat #Pemerintah Pusat #Persyaratan CPNS #Provinsi Papua #Putra Putri

Silahkan Komentar