Persyaratan CPNS Formasi Khusus Lulusan Terbaik Cumlaude

63 views
Formasi Khusus Lulusan Terbaik Predikat Cumlaude untuk Melamar CPNS

Formasi Khusus Lulusan Terbaik Predikat Cumlaude untuk Melamar CPNS

Persyaratan CPNS Formasi Khusus Lulusan Terbaik Cumlaude – Bagi sahabat zunif.com yang merasa sebagai lulusan terbaik (cumlaude) saat kuliah di perguruan tinggi, tentu ada kebanggaan tersendiri dan juga keluarga. Karena selain sebagai mahasiswa berprestasi dengan nilai IPK tinggi, juga bisa lulus kuliah tepat waktu, alias tidak molor.

Untuk bisa lulus kuliah dengan predikat cumlaude tidak mudah. Pasalnya, ada berbagai aturan dari pihak kampus untuk memberikan predikat tersebut kepada lulusannya. Misalnya seperti IPK diatas 3,50 untuk S1, IPK 3,75 untuk S2, dan IPK 3,85 untuk S3. Dengan masa studi masing-masing 4 tahun, 2 tahun, dan 3,5 tahun.

Terlebih lagi jika ternyata akreditasi perguruan tinggi A (unggul) dan akreditasi program studi A (unggul) saat saudara lulus kuliah, tentu ini merupakan syarat mutlak jika ingin ikut tes CPNS melalui formasi khusus lulusan terbaik.

Ada berbagai kelebihan tersendiri jika sahabat zunif.com bisa melamar formasi khusus cumlaude. Diantaranya jumlah pelamar tidak banyak, passing grade tidak sama dengan formasi umum, dan peluang untuk bisa lulus sampai tahap akhir CPNS cukup besar. Sehingga hal ini cukup memberikan keuntungan bagi saudara selaku calon/pelamar formasi khusus lulusan terbaik dengan predikat cumlaude.

Berikut adalah beberapa syarat dan ketentuan dalam formasi cumlaude seleksi penerimaan CPNS yang dikutip zunif.com dari PermenpanRB Nomor 23 tahun 2019. Semoga bisa berguna untuk saudara sekalian dalam menambah wawasan dan pengetahuan. Terimakasih atas perhatiannya.

Persyaratan CPNS Formasi Khusus Lulusan Terbaik Cumlaude

1. Formasi Lulusan Terbaik Berpredikat “Dengan Pujian”/Cumlaude dikhususkan bagi putra/putri yang mempunyai jenjang pendidikan minimal Strata Satu (S-1), tidak termasuk Diploma Empat (D-IV).

2. Instansi Pusat wajib mengalokasikan paling sedikit 10 % (sepuluh persen) dari total alokasi formasi.

3. Instansi Daerah dapat mengalokasikan, sesuai dengan kebutuhan.

4. Pemilihan formasi jabatan dan unit kerja penempatan ditentukan oleh masing-masing instansi berdasarkan daftar rincian penetapan alokasi kebutuhan (formasi) dari Menteri, dilakukan di SSCASN BKN, dan selanjutnya dicantumkan dalam pengumuman penerimaan CPNS pada setiap instansi.

5. Calon pelamar merupakan lulusan dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri dengan predikat kelulusan “Dengan Pujian”/Cumlaude dan berasal dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah.

6. Calon pelamar dari lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri dapat mendaftar pada formasi khusus termasuk kategori lulus “Dengan Pujian”/Cumlaude setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara “Dengan Pujian”/Cumlaude dari kementerian yang menyelenggarakaan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi.

7. Jabatan dan kualifikasi pendidikan untuk penetapan kebutuhan (formasi) khusus Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat “Dengan Pujian”/Cumlaude disyaratkan agar pada penetapan kebutuhan (formasi) tersebut ditetapkan pula untuk penetapan kebutuhan (formasi) umum dengan jabatan dan kualifikasi pendidikan yang sama.

Tags: #Akreditasi Unggul #CPNS 2019 #Dengan Pujian #Formasi Khusus #Lulusan Terbaik #Persyaratan CPNS #Predikat Cumlaude #Sertifikat Akreditasi

Silahkan Komentar