Perlengkapan Penting Untuk Anak Kost Baru, Apa Saja?

479 views
Barang Yang Wajib Dibawa Penghuni Kost Baru

Ilustrasi Anak Rantau Yang Baik

Barang-Barang Penting untuk Anak Kost Baru – Bagi sahabat zunif.com yang hendak kuliah dan kerja di luar tempat kelahiran, atau yang biasa disebut merantau ke daerah/kota lain, tentu sahabat perlu ngekost atau ngontrak rumah di daerah tujuan.

Kost/kontrakan adalah tempat tinggal sementara bagi seseorang yang sedang berada di suatu tempat, untuk tujuan tertentu dan dalam periode waktu tertentu. Biaya sewa kamar kost dan sewa rumah kontrakan berbeda-beda tiap daerah, dan tidak sama durasi sewanya. Ada yang bulanan, semesteran, dan ada yang tahunan. Ada yang mahal dan ada yang murah meriah. Ada kost putra, ada kost putri, dan ada juga kost pasangan suami istri (pasutri).

Kebetulan admin zunif.com saat ini tahun 2019 masih berada di tempat tinggal di kost kosan di daerah jawa timur. Biaya sewa kamar kost sebesar Rp 300.000,- per bulan. Fasilitas ada kasur, bantal dan lemari. 1 kamar untuk 1 orang. Kamar mandi luar.

Tahun sebelum nya (sekitar 4 tahun yang lalu) admin zunif.com pernah ngekost di jogja. Biaya kost Rp 500.000,- per bulan belum termasuk listrik. Kamar kosongan, jadi harus beli kasur bantal dan lemari sendiri. Kamar mandi luar. 1 kamar untuk 1 orang.

Tahun sebelumnya lagi (sekitar 8 tahun yang lalu), admin pernah kost di semarang. Biaya harga tarif sewa kamar kost per semester (6 bulan), yaitu sebesar Rp 600.000,- per enam bulan. 1 kamar untuk 2 orang. Fasilitas ada kasur, bantal, dan lemari. Kamar mandi luar.

Tiap daerah tarif kost berbeda. Biasanya tergantung dari fasilitas kost. Tinggal sahabat zunif.com ingin pilih yang murah atau yang mahal, tergantung dari kondisi ekonomi anda. Karena semakin lengkap fasilitas kost, maka harga sewa per kamar semakin mahal.

Bagi sahabat indonesia yang punya rencana ngekost, dan atau ngontrak, mungkin untuk tempat tinggal sementara selama sekolah/kuliah, atau tempat kerja baru, anda perlu mempersiapkan berbagai jenis perlengkapan untuk di kost. Berikut ini daftar barang-barang penting yang harus ada di kost.

Barang-Barang Penting untuk Anak Kost Baru

1. Perlengkapan Tidur
Jika di kost sudah ada fasilitas kasur dan bantal, sahabat hanya perlu membawa sprei dan sarung bantal serta selimut dari rumah. Namun, jika ternyata kost-kosan tidak menyediakan fasilitas tersebut, maka sahabat zunif.com perlu membeli di tempat/toko kasur dekat kost anda. Lumayan harganya untuk kasur busa dan bantal bisa mencapai Rp 600.000,-. Belum ditambah sprei, sarung bantal dan selimut.

2. Lemari, Meja dan Kursi
Lemari berguna untuk menyimpan pakaian bersih dan bisa juga untuk simpan uang dan buku. Meja dan kursi berguna untuk tempat santai dan tempat belajar sahabat zunif.com jika ngekost untuk tujuan kuliah. Untuk lemari, kadang ada fasilitas dari kost, dan kadang tidak ada. Tapi untuk kursi dan meja, jarang ada, sehingga anda perlu membeli sendiri di toko mebel meja kursi.

3. Perlengkapan Mandi
Untuk membersihkan tubuh setiap hari biasanya orang mandi 2 kali sehari pagi dan sore, sebelum berangkat kuliah / kerja dan setelah pulang kuliah / kerja . Penting agar sahabat zunif.com mempersiapkan perlengkapan mandi, misalnya seperti handuk, sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi, shampo, pembersih wajah, wadah sabun, dll. Penting juga untuk mempersiapkan sisir dan kaca cermin untuk bercermin dan mengecek wajah anda yang cantik dan ganteng 😀

4. Perlengkapan Cuci
Agar sahabat zunif.com bisa lebih hemat dan tidak mengeluarkan biaya banyak, maka usahakan mencuci baju sendiri biar belajar mandiri, tidak menggunakan jasa laundry untuk mencucikan baju anda. Untuk mencuci sendiri, kuncinya adalah tidak malas, dan ada perlengkapan untuk cuci. Antara lain seperti deterjen, ember, sikat, henger, dan tempat jemuran. Usahakan mencuci 3 hari sekali dan atau 1 minggu sekali untuk mencuci baju-baju kotor anda agar bersih, suci, dan wangi lagi.

5. Perlengkapan Ibadah
Penting untuk dipersiapkan agar sahabat zunif.com selalu ingat sama yang diAtas untuk selalu rajin dan disiplin beribadah dimanapun dan kapanpun anda berada. Maka usahakan perlengkapan ibadah harus/wajib ada dan lengkap saat berada di kost baru. Misalnya harus bawa sajadah untuk sholat 5 waktu, peci, sarung, tasbih, al qur’an, dll (untuk yang beragama islam). Bagi non muslim bisa mempersiapkan perlengkapan ibadah sesuai dengan kebutuhan ibadah masing-masing.

6. Logistik
Jika anda tidak bisa masak sendiri tidak masalah, karena sekitar tempat kost pasti banyak usaha bisnis warung makan. Jadi setiap saat sahabat zunif.com bisa makan disitu. Namun, ada beberapa logistik yang perlu disiapkan di kamar kost, diantaranya air galon dan dispenser untuk minum/ngopi, cemilan jika suatu-waktu lapar, gelas, piring, sendok, centelan baju dll.

Itulah sedikit informasi yang bisa dishare oleh blog zunif untuk sahabat semua, khususnya yang hendak ingin tinggal di kost baru dan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sahabat semua.

Tags: #Anak Kost #Apa Saja #Barang Penting #Kost Baru #Perlengkapan Penting #Persiapan Kuliah

  1. author

    Sopyan Nc7 bulan ago

    Aku juga sempet jd anak kost
    Aku paling diutamakan nyari adalah tempat kost yg sarana air nya bersih dan tidak kurang..

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif7 bulan ago

      wah betul itu gan,, kalau air bersih dan cukup mau mandi dan nyuci jadi mudah ya :mrgreen:

      Balas
    • author

      Amrin7 bulan ago

      Lumayan mahal y dijogja
      Saya dicikarang masih Nemu yang 400 mas
      Tp blm listrik Ama air,

      Balas
      • author
        Penulis

        zunif7 bulan ago

        wah lumayan murah juga ya gan di kost bekasi 🙂

        Balas
  2. author

    Dyah7 bulan ago

    Yang biasanya dilupakan orang waktu pertama kali ngekos: sapu, ember, dan T-cross atau extension buat colokan.

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif7 bulan ago

      betul itu gan roll kabel penting banget, makasih banyak gan sudah mengingatkan dan menambahkan postingan diatas :mrgreen:

      Balas
  3. author

    Fanny F Nila7 bulan ago

    jd inget zaman blm nikah msh ngekos di jakarta :D.tp aku lbh milih kos2an yg udh komplit sih fasilitasnya, termasuk ada laundry dll. krn jujur aja, udh ga sanggub pulang kerja kalo msh harus nyuci ato beres2 mas :D. makanya wkt itu mndingan cari yg udh semua2nya, jd pulang ke kos, cm utk tidur 🙂

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif7 bulan ago

      wah kalau udah kerja memang cocok nya fasilitas lengkap kak karena sudah punya penghasilan sendiri, :mrgreen:

      Balas
  4. author

    Ahmad7 bulan ago

    Lah palingan yang paling penting, kouta internet, biar bisa mantengin IGnya mantan, eh.. :v

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif7 bulan ago

      betul itu gan, kalau nggak ada kuota hidup terasa hampa getu :mrgreen:

      Balas
  5. author

    Ahmad7 bulan ago

    Fotonya kayak lagi pencitraan yah gan wkakak

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif7 bulan ago

      iya gan, itu orang didalam foto masih jomblo wkwkwk :mrgreen:

      Balas
  6. author

    Kurnia haryono7 bulan ago

    Ternyata kost di jogja cukup mahal juga ya kalau di banding di semarang tapi juga tergantung lokasi, kayaknya sudah melanglang buana di beberapa daerah dengan harga kos yang beda beda yang belum ke jawa barat ya sama jakarta dan banten nanti jadi tahu kondisi kos di seluruh kota besar di Jawa hehehe

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif7 bulan ago

      iya gan, nggak nyangka udah pernah ngekost dimana mana ya :mrgreen:

      Balas
  7. author

    Reyne Raea7 bulan ago

    JAdi terbayang dulu pas kos.
    Saya ngekos sekitar 19 tahun dan beberapa kali pindah-pindah, dan selalu gak suka kalau ngekos di dalam kamar kosongan gitu.
    Lebih suka kamar yang lebih privat dan udah tersedia fasilitasnya 🙂

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif7 bulan ago

      wah mungkin agak mahal ya kak kalau fasilitas lengkap getu :mrgreen:

      Balas
      • author

        Reyne Raea7 bulan ago

        hahaha, dulu mah ga semuanya mahal, malah saya pernah ngekos murmer banget sekitar 45ribu sebulan.
        Memang letaknya di gang kecil sih, airnya juga pakai sumur, terus sekamar berdua.

        Cuman akhirnya gak betah karena airnya kadang keruh di musim hujan 🙂

        Balas
        • author
          Penulis

          zunif7 bulan ago

          Wah murah juga ya kak biaya kost nya, mungkin sekarang sudah naik ya harga sewa kost nya 🙂

          Balas
  8. author

    alternativesite7 bulan ago

    Saya gak pernah sempat kos…selalu disuruh numpang keluarga…😐

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif7 bulan ago

      wah malah enak gan nggak perlu sewa biaya kost itu :mrgreen:

      Balas
  9. author

    Anak Gblog7 bulan ago

    Tambahan om, barang elektronik

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif7 bulan ago

      mantap gan, makasih tambahannya :mrgreen:

      Balas
  10. author

    anies7 bulan ago

    banyak juga ya cost yang bakal dikeluarkan… tak apa mas. nanti belajar rajin2 kemudian balas jasa ibu ayah yang telah banyak membantu.

    saya dulu masa study, perbelanjaan makan minum lebih banyak dari yang lain sebab saya tinggal di hostel dari 1st semester hingga final semester..

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif7 bulan ago

      Wah betul itu kak, kita perlu dan harus membalas jasa bapak dan ibu kita ya 👍

      Balas
  11. author

    Ekopriantoblogs7 bulan ago

    Saya dulu pernah waktu ngekost cuma modal beberapa baju sama tikar aja gan,,, lainnya nyusul wkwk

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif7 bulan ago

      Begitu juga boleh gan, tapi lumayan capek juga bolak-balik nya 😁

      Balas
  12. author

    Aris Armunanto7 bulan ago

    Dulu waktu jadi anak kos di Semarang prinsipnya yg penting dpt dulu dan tempatnya nggak jauh dari kampus dan di dekat situ banyak warung makan

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif7 bulan ago

      Lebih hemat transportasi ya gan kalau serba dekat getu 😁

      Balas
  13. author

    Aris Armunanto7 bulan ago

    Dulu waktu di Semarang yg penting dpt tempat kos yg dkt dgn kampus dan warung makan.

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif7 bulan ago

      Wah pengalaman menarik itu gan 😁

      Balas
  14. author

    Himawan Sant7 bulan ago

    Ayoook … , nostalgia ke Yogya, mas 🙂

    Baca artikel ini aku jadi teringat dulu ngekost di Jakarta.
    Dari awal sejak ngga diberi tumpangan tempat tinggal lagi di mess di tempat kerja pertama karena aku resign, aku ngekost milih minim perabotan dan printilannya.
    Karena apa …, aku malas saat boyongannya wwkkk ….

    Jadi, kamar kostku paling minimalis gitu 😀

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif7 bulan ago

      Nggak ribet ya gan kalau kost minimalist getu. Selalu istimewa jogja gan 😁👍

      Balas
  15. author

    Nurul Sufitri7 bulan ago

    Magic jar juga oenting. Bikin nasi sendiri kan enak kalau mau nambah ga mesti beli keluar kamar kost lagi. Sama teko atau panci. Haha lama2 semua butuh, jawaban emak2 gituh wkwkwkw 😀

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif7 bulan ago

      ide bagus kak, lebih irit dan hemat ya kalau masak sendiri di kost 😀

      Balas

Tinggalkan Balasan ke Dyah Batalkan balasan