Perbedaan Materi Soal SKD Tahun 2017, 2018, dan 2019

51 views
Materi CPNS Pembahasan Soal SKD Tahun 2017, 2018, dan 2019

Materi CPNS Pembahasan Soal SKD Tahun 2017, 2018, dan 2019

Perbedaan Materi Soal SKD Tahun 2017, 2018, dan 2019 – Sahabat zunif.com yang ingin ikut berkompetisi dalam seleksi penerimaan CPNS tentunya perlu mempersiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari. Persoalan NIK dalam KTP atau KK, bisa sahabat urus terlebih dahulu di Dinas Dispendukcapil daerah tempat tinggal anda. Baru kemudian berkas dokumen lamaran perlu dipersiapkan baik cetak (legalisir) dan versi scan (soft file).

Tahapan seleksi CPNS yang cukup penting selanjutnya dan bikin peserta berguguran adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT). Kenapa peserta banyak berguguran? Karena kelulusan SKD ditentukan oleh perolehan nilai tes peserta apakah memenuhi nilai minimal kelulusan ataukah tidak (passing grade). Jika memenuhi passing grade tapi tidak masuk peringkat 3x jumlah formasi, maka peserta tidak bisa lanjut ke tahapan seleksi berikutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Apakah soal SKD sulit? Jawabannya relatif, tergantung individu masing-masing. Kalau individu itu punya pengetahuan dan wawasan luas serta punya kemampuan berhitung dan sering latihan mengerjakan latihan soal SKD yang sesuai dengan kisi-kisi tes SKD, mungkin mengerjakan tes SKD bukanlah hal sulit, dan untuk bisa memperoleh nilai diatas passing grade juga tidak sulit.

Berbeda hal nya jika individu tidak punya wawasan kebangsaan dan pengetahuan yang luas, tidak punya kompetensi hitung-hitungan, dan jarang atau tidak pernah belajar mengerjakan latihan soal tes SKD, sudah bisa dipastikan mengerjakan soal tes SKD bukan perkara mudah, dan untuk bisa lulus passing grade mungkin hanya isapan jempol belaka.

Berikut ini admin zunif.com akan berbagi informasi untuk sahabat semua tentang perbedaan materi soal tes SKD dari tahun 2017, 2018 dan 2019 sesuai dengan peraturan menteri PAN RB.

Menurut beberapa pengakuan peserta tes SKD, pada tes SKD tahun 2017, sub tes tersulit adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Sedangkan pada SKD tahun 2018, sub tes tersulit adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dan Tes Intelegensi Umum (TIU). Lantas bagaimana dengan tes SKD tahun 2019/2020? Sahabat zunif.com bisa mencoba sendiri pada tes SKD yang akan digelar pada bulan Februari/Maret 2020.

Materi soal SKD 2017, 2018, dan 2019 kalau dilihat secara sekilas, hampir tidak ada perbedaan berarti. Tapi kalau sahabat zunif.com baca dan pahami secara teliti, akan ada perbedaan yang sangat signifikan. Sehingga sahabat perlu belajar materi SKD sesuai dengan kisi-kisi yang berlaku saat ini, agar lebih fokus pada materi yang akan diujikan dalam tes SKD CPNS berbasis CAT. Semoga bisa bermanfaat.

Materi Soal SKD Tahun 2017 (PermenpanRB Nomor 20 Tahun 2017)

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
1. Pancasila
2. Undang-Undang Dasar 1945
3. Bhineka Tunggal Ika
4. Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).

Tes Intelegensi Umum (TIU)
1. Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis
2. Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angkaangka
3. Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis
4. Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
1. Integritas diri
2. Semangat berprestasi
3. Kreativitas dan inovasi
4. Orientasi pada pelayanan
5. Orientasi kepada orang lain
6. Kemampuan beradaptasi
7. Kemampuan mengendalikan diri
8. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
9. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
10. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok
11. Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Materi Soal SKD Tahun 2018 (PermenpanRB Nomor 36 Tahun 2018)

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
1. Nasionalisme
2. Integritas
3. Bela negara
4. Pilar negara
5. Bahasa Indonesia
6. Pancasila
7. Undang-Undang Dasar 1945
8. Bhinneka Tunggal Ika
9. Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar)

Tes Intelegensi Umum (TIU)
1. Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan
2. Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka
3. Kemampuan figural yaitu kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol dan diagram.
4. Kemampuan berfikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis
5. Kemampuan berfikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
1. Pelayanan publik
2. Sosial budaya
3. Teknologi informasi dan komunikasi
4. Profesionalisme
5. Jejaring kerja
6. Integritas diri
7. Semangat berprestasi
8. Kreativitas dan inovasi
9. Orientasi pada pelayanan
10. Orientasi kepada orang lain
11. Kemampuan beradaptasi
12. Kemampuan mengendalikan diri
13. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
14. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
15. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok
16. Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Materi Soal SKD Tahun 2019 (PermenpanRB Nomor 23 Tahun 2019)

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
1. Nasionalisme, dengan tujuan mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional
2. Integritas, dengan tujuan mampu menunjukkan sifat atau keadaan yang menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, kewibawaan sebagai satu kesatuan
3. Bela negara, dengan tujuan mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara
4. Pilar negara, dengan tujuan mampu membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika
5. Bahasa Indonesia, dengan tujuan mampu menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Tes Intelegensi Umum (TIU)
1. Kemampuan verbal, yang meliputi:
a). Analogi, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain
b). Silogisme, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan
c). Analitis, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.

2. Kemampuan numerik, yang meliputi:
a). Berhitung, dengan tujuan mengukur kemampuan hitung sederhana
b). Deret angka, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan angka-angka
c). Perbandingan kuantitatif, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif
d). Soal cerita, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk melakukan analisis kuantitatif dari informasi yang diberikan.

3. Kemampuan figural, yang meliputi:
a). Analogi, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua gambar yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain
b). Ketidaksamaan, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk melihat perbedaan beberapa gambar
c). Serial, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
1. Pelayanan publik, dengan tujuan mampu menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif agar bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki
2. Jejaring kerja, dengan tujuan mampu membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif
3. Sosial budaya, dengan tujuan mampu beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk (terdiri atas beragam agama, suku, budaya, dan sebagainya)
4. Teknologi informasi dan komunikasi, dengan tujuan mampu memanfaatkan teknologi informasi secara efektif untuk meningkatkan kinerja
5. Profesionalisme, dengan tujuan mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan jabatan.

Tags: #CPNS 2019 #Daftar CPNS #Kisi-Kisi #Materi Soal #Perbedaan Materi #SKD 2017 #SKD 2018 #SKD 2019 #Soal SKD

Silahkan Komentar