Perbedaan Kuliah S1, Kuliah S2, dan Kuliah S3

333 views
Perbedaan Jenjang Pendidikan Program Sarjana S1 Magister S2 Doktor S3

Salah Satu Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia

Perbedaan Kuliah S1, Kuliah S2, dan Kuliah S3 – Sistem pendidikan nasional di Indonesia yang diamanatkan oleh Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 mengatakan bahwa pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.

Jenjang pendidikan dasar meliputi sekolah dasar (SD/MI) dan pendidikan anak usia dini (PAUD) atau taman kanak-kanak (TK/RA). Jenjang pendidikan menengah meliputi SMP dan MTs untuk sekolah menengah pertama dan SMA, MA, SMK, dan MAK untuk sekolah menengah atas. Adapun sekolah tinggi meliputi Akademi, Politeknik, Institut, dan Universitas yakni terdapat program D3, D4, S1, Profesi, Spesialis, S2, dan S3.

Seandainya seseorang sekolah sejak umur 6 tahun dan terus menerus tanpa putus dan tanpa molor, maka kurang lebih seperti ini: Tk (1 tahun), SD (6 tahun), SMP (3 tahun), SMA (3 tahun), kuliah S1 (4 tahun), kuliah S2 (2 tahun), dan kuliah S3 (3 tahun). Total ada 22 tahun untuk bisa menempuh sekolah formal di Indonesia. Sehingga seseorang baru bisa lulus kuliah normal dari S3 sekitar umur 28 tahun πŸ˜€

Mungkin sahabat zunif.com kini sudah banyak yang sudah lulus SMA, karena sekarang wajib belajar tidak 9 tahun lagi, melainkan 12 tahun, artinya harus lulus/sampai pendidikan SMA. Tapi untuk bisa melanjutkan kuliah, tidak semua sahabat punya kesempatan, terutama alasan ekonomi, karena kuliah sekarang ini bisa dikatakan cukup mahal biayanya.

Tapi bagi sahabat zunif.com yang punya cita-cita ingin kuliah sampai jenjang pendidikan S3 / program doktoral, sahabat musti tahu perbedaan kuliah S1, S2 dan S3. Karena saat ini lulusan sarjana dan diploma sudah sangat banyak yang mana persaingan memperoleh pekerjaan semakin ketat, sehingga mungkin anda punya inisiatif untuk lanjut kuliah lagi, dengan tujuan agar setelah lulus nanti bisa mudah mendapatkan pekerjaan karena tingkat persaingan tidak berat.

Perbedaan Kuliah S1, Kuliah S2, dan Kuliah S3

Kuliah S1 (Program Sarjana)
Lama waktu durasi kuliah ditempuh paling cepat dalam waktu 8 semester (4 tahun), dengan beban Satuan Kredit Semester (SKS) minimal 144 SKS. Mata kuliah yang diambil saat kuliah S1 adalah mata kuliah umum, mata kuliah program studi, mata kuliah pilihan (konsentrasi). Perlu sahabat zunif.com ketahui bahwa di S1 terdapat Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan beban 4 SKS dan Praktik Kerja/Pengalaman Lapangan (PKL/PPL) dengan beban 4 SKS.

Diakhir masa studi, sahabat zunif.com harus menyelesaikan Tugas Akhir (Skripsi) dengan beban 6 SKS. Biasanya yang memakan waktu lama adalah proses penyusunan skripsi, karena anda harus menulis proposal penelitian, seminar proposal, penelitian lapangan, olah data penelitian, penulisan skripsi, ujian akhir skripsi (munaqosah), dan revisi ujian skripsi.

Riset untuk S1 biasanya hanya berupa aplikasi metode yang sudah ada untuk diterapkan di lapangan dan untuk menguji keberhasilan suatu metode. Besarnya biaya kuliah S1 bisa dikatakan tidak mahal bagi keluarga yang ekonominya mapan, yakni sekitar 1-10 juta rupiah per semester, tapi bisa juga tidak murah terutama bagi keluarga dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah. Sehingga tidak sedikit sahabat zunif.com masyarakat Indonesia yang memberikan kesempatan anak terbaiknya untuk kuliah pada jenjang pendidikan sarjana.

Kuliah S2 (Program Magister)
Lama studi perkuliahan S2 ditempuh paling cepat selama 4 semester (2 tahun), dengan beban SKS minimal 44 SKS. Mata kuliah yang diambil merupakan mata kuliah khusus program studi (lanjutan), atau bisa dikatakan mata kuliah spesialis jurusan, sehingga sahabat zunif.com bisa lebih fokus dalam bidang kajian yang akan dipelajari.

Proses perkuliahan biasanya dilaksanakan dalam 2 semester dan untuk 2 semester berikutnya adalah proses penyusunan tesis (tugas akhir S2) dengan beban SKS untuk tesis sebesar 8 SKS. Bahkan dibeberapa universitas terkemuka di Indonesia mahasiswa S2 diwajibkan melakukan publikasi ilmiah pada jurnal nasional (proceeding seminar) sebelum sahabat zunif.com menempuh ujian tesis.

Riset penelitian S2 tesis biasanya mengembangkan suatu metode. Bisa juga membandingkan 2 atau lebih metode untuk kemudian menghasilkan metode terbaik untuk riset penelitian ilmiah. Biaya kuliah S2 bagi masyarakat Indonesia bisa dibilang lumayan mahal, karena biayanya sekitar 5-15 juta per semester. Sehingga tidak sedikit sahabat zunif.com mahasiswa S2 yang mengambil beasiswa, agar bisa melanjutkan dan menyelesaikan program pendidikan master dengan tenang dan tidak pusing memikirkan biaya kuliah.

Kuliah S3 (Program Doktoral)
Lama studi ditempuh paling cepat dalam kurun waktu 6 semester (3 tahun), tapi biasanya sampai 4 tahun atau lebih, karena riset penelitian S3 harus bagus dan berkualitas. Mata kuliah yang diambil sahabat zunif.com untuk perkuliahan S3 tidak banyak, biasanya mahasiswa doktoral diberi kebebasan untuk memilih mata kuliah yang sesuai riset penelitian disertasi.

Beban SKS untuk program doktoral S3 sebesar 40 SKS yang terdiri dari 10 SKS mata kuliah wajib dan pilihan dan 30 SKS untuk Disertasi. Beban tambahan untuk mahasiswa S3 adalah melakukan publikasi karya tulis ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi (3 artikel) atau jurnal internasional bereputasi (1 artikel). Beban tersebut dilaksanakan sebagai syarat wajib sahabat zunif.com untuk menempuh ujian tertutup dan ujian terbuka promosi doktor.

Riset penelitian S3 biasanya menghasilkan temuan konsep baru atau bisa juga menghasilkan suatu metode baru (berdasarkan pengujian hipotesis) sesuai bidang kajian yang ditempuh. Biaya kuliah S3 bisa dikatakn cukup mahal sekitar 15-20 juta rupiah per semester, sehingga biasanya banyak sahabat zunif.com mahasiswa S3 yang daftar beasiswa agar bisa menekan biaya kuliah doktoral.

Itulah sedikit informasi yang bisa dishare di blog zunif.com semoga bisa bermanfaat dan terimakasih banyak sahabat sudah berkenan membaca tulisan ini sampai akhir. Jangan lupa sebarkan postingan ini di sosial media facebook atau twitter ya, agar teman-teman anda mengetahuinya.

Tags: #Kuliah S1 #Kuliah S2 #Kuliah S3 #Program Doktoral #Program Magister #Program Sarjana

  1. author

    maswid5 bulan ago

    mantap mas

    Balas
  2. author

    Reyne Raea5 bulan ago

    Baper bacanya, dulu abis lulus S1, ditawarin mama saya lanjut S2 tapi sungkan karena ortu juga bukan orang berada dan bosan aja kuliah.

    Sekarang nyesal juga, pengen kuliah lagi, tapi ga memungkinkan πŸ˜€

    Balas
    • author

      kuanyu5 bulan ago

      nasi udah jadi lontong ya teh rey,…eh bukan maksudnya nasi udah jadi bubur,…he-he

      Balas
      • author
        Penulis

        zunif5 bulan ago

        Udah mau lebaran aja gan, ngomongin lontong 😁

        Balas
    • author
      Penulis

      zunif5 bulan ago

      Wah sayang juga ya kak kesempatan bagus nggak diambil 😁

      Balas
  3. author

    kuanyu5 bulan ago

    pendidiakan adalah salah satu hal penting dalam hidup,…cuma perlu di perhatikan masih banyak hal yang lebih penting dari pendidikan selama kita sekolah dan kuliah, sekarang ini pengangguran klas terdidik semakin banyak, ini artinya persaingan semakin ketat dan hrus pandai-pandai berpikir untuk maju dan berwirausaha

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif5 bulan ago

      Iya betul gan, perlu wirausaha agar tidak nganggur setelah lulus kuliah 😁

      Balas
  4. author

    ratutips.com5 bulan ago

    cukup s1 aja kang.. otaknya dah mumet kalau mau lanjut.. tar keburu tua di jalan hehehe.. tapi makasih lho.. perlu dibaca buat temen yang lagi s2 nih

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif5 bulan ago

      iya gan, buat yang lagi butuh informasi ini aja sebagai referensi πŸ˜€

      Balas
  5. author

    Suryani5 bulan ago

    Saya baru selesai S1 tahun 2014 lalu. Rencana pengen ngambil S2. Semoga bisa dapat beasiswa deh. Doain yaa mas. Hehe.

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif5 bulan ago

      amin, semoga segera bisa ambil kuliah S2 ya kak, tetap semangat πŸ™‚

      Balas
  6. author

    Ridsal5 bulan ago

    Masih mikirin wirausaha mas. Tapi kalau ada rejeki, pingin kuliah juga..

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif5 bulan ago

      mantap mas, semoga tercapai cita-cita mu πŸ˜€

      Balas
  7. author

    Nita Mbul5 bulan ago

    Semakin stratanya ke atas makin dikit sks nya ya
    Klo sy bru tahap s1 sih, mw lanjut s2 kayaknya blum minat utk saat ini

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif5 bulan ago

      iya makin sedikit SKS nya kak, tapi beban tugas akhir semakin besar. Skripsi 6 SKS, Tesis 8 SKS, dan Disertasi 30 SKS πŸ˜€

      Balas
  8. author

    Ahmad5 bulan ago

    kalau kuliah S1 6 tahun gak lulus lulus itu namanya kuliah apaan yah, wkakakak *auto sabar

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif5 bulan ago

      itu namanya mahasiswa legend gan πŸ˜€

      Balas
  9. author

    Fidy Sandri5 bulan ago

    Sekarang kak Zunif masih studi S1 atau sudah lulus ? Mau melanjutkan S2 ya?
    Saya udah lama lulus S1. Ekonomi. Cukup S1 aja . Mumet pikiran dan biaya kuliah sekarang kan mahal. Hehehe.. πŸ™‚

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif5 bulan ago

      wah kalau ane bilang ane lulusan S3, pasti sobat nggak percaya πŸ˜€
      Tetap semangat ya kak πŸ™‚

      Balas
  10. author

    anies5 bulan ago

    kalau ambil semua kuliah ini, boleh mohon biasiswa?

    Balas
  11. author

    tumeskecil5 bulan ago

    Terima kasih sudah membagikan informasi mengenai perbedaa kuliah s1,s2,dan s3. Sekarang saya jadi paham apa saja perbedaannya. Btw kuliah S2 ternyata sebentar ya, kok nanggung kalau enggak kuliah S2 rasanya hehehe. Tapi sepertiya tuntutan pekerjaan saat ini, saya rasa kuliah S1 cukup, biar cepet2 sukses, kerja, punya rumah, nikah wkwkwk

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif5 bulan ago

      iya lumayan cepat gan kuliah s2, tapi biaya kuliahnya cukup mahal πŸ˜€

      Balas
  12. author

    Blog Geografi5 bulan ago

    Wah kalau hidup sekolah/kuliah terus, kapan kawin nya ya gan 😁

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif5 bulan ago

      setelah lulus kuliah gan kawinnya πŸ˜€

      Balas
  13. Perbedaan Sekolah SMA dan Kuliah Sarjana di Kampus | zunif.com5 bulan ago

    […] yang baru saja lulus dari jenjang pendidikan menengah atas (SMA/MA/SMK/MAK) dan punya rencana ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi terbaik dan favorit anda, sahabat perlu tahu kehidupan kampus agar bisa segera […]

    Balas
  14. Perbedaan Dunia Perkuliahan dan Dunia Kerja, Apa Saja? | zunif.com4 bulan ago

    […] musti dibahas? Karena untuk memberikan pengertian dan bekal kepada para mahasiswa yang sedang kuliah di kampus agar siap menghadapi pahit manisnya kehidupan di dunia nyata setelah lulus nanti. Bahwa untuk […]

    Balas
  15. Formasi CPNS dengan Minim Pelamar | zunif.com2 bulan ago

    […] ada orang Indonesia yang sekolah terus menerus sampai S3 tanpa harus bekerja dulu, mengingat biaya kuliah S1, S2, dan S3 juga tidak […]

    Balas

Tinggalkan Balasan ke Perbedaan Dunia Perkuliahan dan Dunia Kerja, Apa Saja? | zunif.com Batalkan balasan