Mengapa SMS Kini Semakin Ditinggalkan Banyak Orang?

259 views
Send Message Service SMS Nasibmu Kini Diujung Tanduk

Send Message Service (SMS) Nasibmu Kini Diujung Tanduk

Mengapa SMS Kini Semakin Ditinggalkan Banyak Orang? – Adalah pertanyaan yang sudah lama terpendam di hati admin zunif.com. Kenapa ya sekarang banyak orang, terutama teman, sahabat, saudara, kerabat, tetangga, keluarga dll sudah jarang yang menggunakan fitur layanan Send Message Service (SMS) dalam berikirim pesan dan berkomunikasi jarak jauh lewat hp.

Awal-awal tahun 2000 yang lalu, saat handphone masuk ke Indonesia, SMS banyak dipakai oleh orang untuk kirim pesan singkat kepada orang lain. Alasannya sederhana, karena biaya SMS lebih murah, dan bisa lebih hemat pulsa, daripada bicara lewat telpon yang membutuhkan biaya pulsa cukup besar. Belum lagi jika lain/beda provider, misalnya telkomsel nelpon indosat, wah bisa mahal. Belum lagi jika terkena biaya roaming nasional. Biaya pulsa nelpon bisa patungan gotong royong.

Meskipun SMS lebih murah, ternyata SMS butuh biaya besar untuk kirim file raksasa seperti foto, video, dan audio. Biasanya menggunakan MMS untuk kirim pesan tersebut yang terhubung dengan internet. Mungkin ini salah satu kekurangan SMS sahabat zunif.com.

Tapi seiring berjalannya waktu, setelah muncul internet dan muncul telpon pintar (smartphone), lebih banyak orang menggunakan aplikasi pesan instan dengan biaya kuota internet yang lebih murah dan lebih cepat.

Meskipun demikian ternyata fitur SMS ini masih saja tetap ada di setiap handphone keluaran terbaru, baik android maupun iphone. Ada fasilitas SMS didalam hp tersebut. Artinya fitur SMS masih dipertahankan hingga saat ini. Berikut ini mungkin alasan logis dan alasan realistis mengapa SMS kini semakin ditinggalkan oleh banyak orang.

Alasan Mengapa SMS Kini Semakin Ditinggalkan Banyak Orang

1. Biaya/tarif SMS mahal. Tidak dapat dipungkiri bahwa biaya SMS hingga kini dinilai cukup mahal. Untuk berkirim SMS menggunakan provider Telkomsel misalnya, dikenakan tarif Rp 350,- untuk sekali kirim SMS untuk area nasional Indonesia. Bagaimana jika sahabat zunif.com kirim pesan SMS ke saudara yang tinggal di luar negeri? Wah bisa lebih mahal tentunya, ya nggak?

2. Tidak bisa kirim foto, video, audio, file dokumen. Untuk bisa kirim file-file gambar foto dan video mengharuskan sahabat zunif.com terhubung ke internet, atau disebut MMS. Dan ternyata biayanya lumayan mahal untuk ukuran masyarakat Indonesia. Terlebih lagi biasanya tarif MMS ini bergantung pada file size ukuran foto/video, semakin besar ukuran file nya, maka tarif MMS semakin mahal. Kesulitan dalam berkirim file, menjadi salah satu alasan mengapa SMS kini semakin jarang dipakai lagi oleh teman-teman.

3. Tidak ada smile/emoticon. Emoticon ini adalah ungkapan perasaan yang biasa dipakai dalam komunikasi di pesan instan. Nah ternyata di SMS ini tidak ada fitur smile/emoticon. Sehingga percakapan kurang/tidak bisa hidup dan terasa kurang nyaman bagi pengguna nya. Kecuali untuk hp smartphone ini seperti nya sudah ada fitur emoticon di SMS nya. Tapi tetap saja SMS jarang dipakai lagi dan kalah laris dengan aplikasi pesan instan.

4. Teman-teman jarang yang pakai SMS. Biasanya orang ganti nomor hp juga karena banyak teman yang pakai. Misalnya teman banyak yang pakai simpati telkomsel, maka sahabat zunif.com juga pakai telkomsel. Alasan klasiknya adalah karena biaya kirim pesan lebih murah, telpon juga lebih murah, dan bisa dibalas pesannya. Begitu juga dengan SMS, karena banyak teman yang jarang pakai SMS, kini kita juga jarang pakai SMS untuk komunikasi, alasannya sama, ikut teman.

5. Banyak iklan/promosi sampah. Tidak dapat dipungkiri bahwa SMS kini banyak dipakai oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan promosi spam di SMS. Baik pagi siang sore malam selalu ada saja nomor baru yang datang dari orang yang tidak dikenal yang menawarkan produk-produknya. Entah orang tersebut dapat nomor sahabat zunif.com dari mana. Yang jelas di SMS sekarang ini banyak sekali pesan SMS sampah yang sangat mengganggu kenyamanan hidup kita.

SMS Sampah Yang Sering Mengganggu

SMS Sampah Yang Sering Mengganggu

6. Pindah ke Aplikasi Pesan Instan (WhatsApp, Telegram, dll). Seperti yang di ulas pada paragraf sebelumnya bahwa kini masyarakat Indonesia lebih memilih menggunakan pesan instan untuk berkirim pesan dan berkomunikasi dengan teman, saudara, kerabat, ataupun keluarga. Katakanlah seperti aplikasi whatsapp, telegram, line, dll menjadi aplikasi wajib yang harus di install di hp smartphone android/iphone. Karena alasan lebih murah, praktis, mudah kirim file foto, dokumen, video, mp3 dll.

Biaya kirim pesan juga sama murah baik kirim pesan ke dalam negeri atau kirim pesan ke luar negeri. Selain itu juga bisa dipakai juga untuk video call. Lengkap sudah fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi pesan instan tersebut. Sehingga menggeser fitur layanan SMS yang dulu sempat merajai dan banyak dipakai masyarakat Indonesia.

Itulah alasan-alasan sederhana mengenai kenapa SMS kini semakin ditinggalkan dan jarang dipakai lagi oleh banyak orang. Mungkin sahabat zunif.com punya alasan lain? Atau tidak sepakat dengan artikel ini? Silahkan tuangkan ide dan gagasan saudara di kotak komentar dibawah ini dengan bahasa yang santun yang mencerminkan karakter dan budaya bangsa indonesia yang menjunjung tinggi demokrasi dan menghargai perbedaan pendapat 😀

Tags: #Alasan Mengapa #Banyak Orang #Kekurangan SMS #Masa Kini #Pesan Instan #Semakin Ditinggalkan

  1. author

    kuanyu3 bulan ago

    Sms kama-lama bisa punah,..ha-ha 😀, karena udah banyak yang lebih canggih dan hemat seperti halnya watshap dan telegram,..ea

    Balas
  2. author

    lantana hermosa3 bulan ago

    Ingat masa masa SMS-an zaman dulu ya, rasanya udah keren banget, dibandingkan sekarang udah banyak kekurangannya…selain dari mahal mahal hanya utk kirim beberapa kata saja

    Balas
  3. author

    UmmuSh3 bulan ago

    Iya. Sejak 2014 temen2 sy sudah jarang banget yang pake SMS. Masuk ke 2015 sampe sekarang, eh paling hanya 5 orang-an. Itu pun kalo kuota internet abis dan kepepet urusan penting.

    Balas
  4. author

    Falkhi3 bulan ago

    SMS hanya buat banking aja, hehehe. Alasannya karena gak ada yang SMS saya, adanya lewat wa. Akhirnya ikutan deh gak pakai SMS lagi.

    Balas
  5. author

    Sopyan nc3 bulan ago

    Hape saya sekarang diisi dengan sms iklan saja selebih nya pakai WA dan google duo😃

    Balas
  6. author

    aldhi fajar maudhi3 bulan ago

    Jaid inget jaman dulu, PDKT smsan wkwkw
    abis itu ada promo dari salah satu provoder yang miscol 1 detik gratis

    Balas
    • author

      vanisa3 bulan ago

      1 detik gratis? hahaha kok ga pernah tau yaa

      kalau jaman sha pake tanda tangan di sms gitu wkwkwk

      Balas
  7. author

    Reyne Raea3 bulan ago

    MAHAL hahahahaha.
    Kalau saya itu sih penyebabnya, plus juga terbatas kata-katanya.
    mau nulis kepanjangan belum tentu bisa diterima semua ama yang terima.

    Tapi masih kepakai sih dikit2, saat pak suami ga bisa dihubungi di aplikasi chat misalnya 🙂

    Balas
  8. author

    Webillian Adhi3 bulan ago

    Selain itu mungkin juga kurang praktis bang

    Balas
  9. author

    vanisa3 bulan ago

    udah ketinggalan jaman banget kayaknya pake sms tuh. hehe isinya sekarang cuma iklan ajaa

    Balas
  10. author

    ekopriantoblog.id3 bulan ago

    saya pribadi selain meninggalkan sms kuga meninggalkan pulsa,,,buktinya sudah sejak lama saya tidak pernah punya pulsa hehehe,,,,kalau kuota sih jadi hal yang wajib dipunyai wkwkwk

    Balas
  11. author

    Michael David3 bulan ago

    Kalo saya ninggalin SMS soalnya udah ada WA hehe 😀

    Balas
  12. author

    Nurul Sufitri2 bulan ago

    Zaman dulu SMS ini fitur komunikasi yang keren banget ya. Zaman sekarang SMS paling isinya penawaran2 dan iklan hihihihi. Kalau WA dll kan makin seru ada emoticonnya.

    Balas

Silahkan Komentar