Materi dan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019

28 views
Kisi-Kisi Materi Soal SKB CPNS Pendidikan, Kesehatan, Semua Formasi

Kisi-Kisi Materi Soal SKB CPNS Pendidikan, Kesehatan, Semua Formasi

Materi dan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019Tahapan seleksi CPNS setelah lulus seleksi administrasi dan lulus seleksi SKD berbasis CAT, maka tes seleksi selanjutnya adalah tes SKB (Seleksi Kompetensi Bidang). Jumlah peserta tes SKB biasanya tidak banyak. Karena hanya diambil peserta 3x formasi. Misal kebutuhan pegawai hanya 1 formasi, maka jumlah peserta SKB bisa 1 orang, 2 orang atau 3 orang.

Seandainya yang ikut SKB hanya anda seorang, maka kemungkinan besar sahabat zunif.com akan lulus sampai tahap akhir. Tapi jika ternyata yang ikut SKB lebih dari 1 orang, maka juga masih ada kemungkinan lulus juga. Yang penting tetap berusaha dan optimis saja. Karena tidak semua instansi (pemerintah pusat dan daerah) menerapkan passing grade tes SKB dengan sistem menggugurkan. Maksudnya ada nilai minimal yang harus dicapai dalam SKB jika ingin lulus SKB.

Bagi sahabat zunif.com yang belum paham mekanisme tes SKB, materi atau kisi-kisi tes SKB, atau bentuk pelaksanaan tes SKB, berikut ini admin akan berbagai informasi penting yang berguna untuk saudara. Agar nantinya anda bisa mengikuti tes SKB dengan baik dan benar. Sehingga bisa berhasil sukses lulus sesuai dengan apa yang diharapkan.

Materi dan pelaksanaan SKB ini bersumber dari PermenpanRB Nomor 23 Tahun 2019. Regulasi tersebut memang cukup rinci dalam memberikan aturan dan berbagai mekanisme pelaksanaan seleksi CPNS. Namun, ketentuan teknis tetap harus menunggu pengumuman resmi dari instansi yang sahabat zunif.com lamar. Berikut adalah gambaran umum SKB meliputi materi dan proses pelaksanaan SKB. Semoga bisa berguna untuk saudara yang sedang membutuhkan informasi ini untuk menambah wawasan pengetahuan saudara.

Materi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

1. Materi SKB untuk jabatan fungsional disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional selanjutnya diintegrasikan ke dalam bank soal CAT BKN.

2. Materi SKB untuk jabatan pelaksana yang bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang bersesuaian/masih satu rumpun dengan Jabatan Fungsional terkait.

3. Pelaksanaan dan materi SKB di Instansi Pusat selain dengan CAT dapat pula berupa: tes potensi akademik, tes praktek kerja, tes bahasa asing, tes fisik/kesamaptaan, psikotes, tes kesehatan jiwa, atau wawancara sesuai yang dipersyaratkan oleh jabatan, dengan paling sedikit 2 (dua) jenis/bentuk tes.

4. Apabila instansi menetapkan terdapat materi SKB yang menggugurkan, harus diinformasikan/dicantumkan dalam pengumuman pendaftaran di masing-masing instansi.

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

1. Jumlah peserta yang dapat mengikuti SKB paling banyak 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan/formasi setiap jabatan berdasarkan peringkat nilai SKD.

2. Instansi dapat melaksanakan SKB sebelum pelaksanaan SKD dengan sistem CAT setelah mendapat persetujuan dari Menteri.

3. Bagi Instansi Pusat yang tidak menyelenggarakan SKB dengan sistem CAT, dapat menggunakan paling sedikit 2 (dua) jenis/bentuk tes lain, setelah mendapat persetujuan dari Menteri.

4. Instansi Pusat wajib menetapkan pedoman/panduan pelaksanaan SKB yang ditandatangani oleh Ketua Tim Pelaksana Instansi dan menyampaikannya kepada Menteri dengan tembusan Kepala Badan Kepegawaian Negara selaku Ketua Tim Pelaksana Panselnas, 1 (satu) minggu sebelum pelaksanaan SKD dimulai.

5. Pelaksanaan SKB di Instansi Daerah wajib menggunakan CAT.

6. Instansi Daerah yang akan menyelenggarakan SKB tambahan selain dengan CAT, wajib menetapkan pedoman/panduan pelaksanaan SKB dan menyampaikan kepada Menteri dengan tembusan Kepala BKN selaku Ketua Tim Pelaksana Panselnas, 1 (satu) minggu sebelum pelaksanaan SKD dimulai.

7. Pelaksanaan SKB di setiap instansi menjadi tanggung jawab Panitia Pelaksana Seleksi CPNS Instansi.

8. Instansi harus berkoordinasi dengan Kepala BKN selaku Ketua Tim Pelaksana Panselnas dalam hal pelaksanaan dan penyampaian hasil SKB.

9. Instansi harus menyampaikan hasil SKB kepada Kepala BKN selaku Ketua Tim Pelaksana Panselnas.

10. Panitia Seleksi Nasional dapat membatalkan hasil SKB apabila penyelenggaraannya tidak sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan.

11. Dalam hal terjadi pembatalan hasil SKB, instansi diberikan kesempatan untuk melaksanakan SKB ulang, setelah medapat persetujuan dari Menteri.

12. Pelaksanaan SKB ulang dibawah koordinasi BKN.

13. Dalam hal terdapat jabatan yang bersifat sangat teknis/keahlian khusus, seperti: Pranata Komputer, Instansi Daerah dapat melaksanakan SKB dalam bentuk tes praktek kerja.

Tags: #CPNS 2019 #Kisi-Kisi #Kompetensi Bidang #Kumpulan Soal #Materi SKB #Pelaksanaan SKB #Seleksi Bidang #SKB CPNS

Silahkan Komentar