Kisi-Kisi Soal Tes SKD CPNS Berbasis CAT 2019

50 views
Materi Soal Tes SKD CPNS CAT 2019

Materi Soal Tes SKD CPNS CAT 2019

Kisi-Kisi Soal Tes SKD CPNS Berbasis CAT 2019 – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) baru saja menerbitkan peraturan menteri PAN RB nomor 23 tahun 2019 tentang aturan pelaksanaan seleksi CPNS 2019.

Kabar baik ini tentu memberikan angin segar bagi masyarakat tanah air yang hendak menjadi abdi negara. Tentu saja bagi warga negara yang telah memenuhi syarat yang ditetapkan pemerintah. Dan siap berkompetisi dengan sehat.

Satu hal yang mesti dicatat oleh para calon peserta tes CPNS adalah mempersiapkan diri untuk menghadapi tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis komputer CAT. Karena setelah tahap seleksi administrasi adalah tes SKD, yang terdiri dari 100 butir soal dan harus dikerjakan dalam waktu 90 menit.

Agar sahabat zunif.com bisa lulus tes SKD, anda harus lulus skor minimal (passing grade) yang ditetapkan pemerintah. Baru kemudian apabila lulus passing grade dan masuk peringkat 3x jumlah formasi, maka anda berhak ikut tes SKB.

Tes SKD berbasis CAT dijadwalkan oleh pemerintah sekitar bulan Januari/Februari 2020. Artinya sahabat zunif.com masih punya banyak waktu untuk belajar dan mempersiapkan diri dengan baik dengan cara memperbanyak latihan soal tes SKD.

Berikut adalah kisi-kisi (materi) soal tes SKD yang bisa menjadi pedoman/panduan belajar untuk sahabat zunif.com semua. Kisi-kisi soal tes ini berasal dari PermenPANRB Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
1. Nasionalisme, dengan tujuan mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional.
2. Integritas, dengan tujuan mampu menunjukkan sifat atau keadaan yang menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, kewibawaan sebagai satu kesatuan.
3. Bela negara, dengan tujuan mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.
4. Pilar negara, dengan tujuan mampu membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika.
5. Bahasa Indonesia, dengan tujuan mampu menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Tes Intelegensi Umum (TIU)
1. Kemampuan verbal, yang meliputi:
a). Analogi, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain.
b). Silogisme, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan.
c). Analitis, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.

2. Kemampuan numerik, yang meliputi:
a). Berhitung, dengan tujuan mengukur kemampuan hitung sederhana.
b). Deret angka, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan angka-angka.
c). Perbandingan kuantitatif, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif.
d). Soal cerita, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk melakukan analisis kuantitatif dari informasi yang diberikan.

3. Kemampuan figural, yang meliputi:
a). Analogi, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua gambar yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain.
b). Ketidaksamaan, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk melihat perbedaan beberapa gambar.
c). Serial, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
1. Pelayanan publik, dengan tujuan mampu menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif agar bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki.
2. Jejaring kerja, dengan tujuan mampu membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif.
3. Sosial budaya, dengan tujuan mampu beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk (terdiri atas beragam agama, suku, budaya, dan sebagainya).
4. Teknologi informasi dan komunikasi, dengan tujuan mampu memanfaatkan teknologi informasi secara efektif untuk meningkatkan kinerja.
5. Profesionalisme, dengan tujuan mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan jabatan.

Tags: #Berbasis CAT #Berita CPNS #CPNS 2019 #Kisi-Kisi #Pengumuman CPNS #SKD CPNS #Soal Tes

  1. Pengolahan Hasil Seleksi Tes SKD dan SKB CPNS | zunif.com5 hari ago

    […] – Ada berbagai ketentuan dan aturan dalam proses olah data dan analisis data nilai hasil tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Tujuannya tidak lain agar memberikan keputusan yang adil […]

    Balas
  2. Perbedaan Passing Grade SKD Tahun 2017, 2018, dan 2019 | zunif.com2 hari ago

    […] Grade SKD Tahun 2017, 2018, dan 2019 – Passing Grade adalah nilai ambang batas kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Jika nilai SKD peserta diatas passing grade dan masuk peringkat 3x jumlah formasi, maka peserta […]

    Balas

Silahkan Komentar