Kerja Gaji Bulanan Kecil Tapi Sesuai Jurusan Kuliah

419 views
Kerja Sesuai Jurusan Kuliah Tapi Gaji Bulanan Kecil

ilustrasi Pegawai Kantoran Cantik

Kerja Gaji Bulanan Kecil Tapi Sesuai Jurusan Kuliah – Adalah sebuah pilihan sulit dan cukup kompleks bagi para lulusan sarjana. Bagaimana mungkin seorang sarjana lulusan kuliah yang sudah menghabiskan uang puluhan/ratusan juta rupiah, tenaga, fikiran, dan waktu yang tidak sedikit, tapi kemudian setelah lulus dan kerja dengan gaji sedikit. Bahkan ada sebagian orang sahabat zunif.com yang rela tidak digaji asalkan bisa kerja di instansi pemerintah yang sesuai background pendidikan.

Penghasilan atau gaji pegawai honorer (mengabdi) di instansi pemerintah bisa dibilang cukup memprihatinkan. Padahal mereka sahabat zunif.com yang bekerja sebagian besar adalah seorang sarjana alumni universitas kampus ternama. Bahkan gaji mereka jauh lebih kecil daripada gaji karyawan perusahaan (pabrik) yang mana gaji sesuai atau bahkan lebih dari Upah Minimum Regional (UMR) yang hanya ijazah tamatan sekolah SMA. Kadang-kadang muncul stigma negatif “anda beneran kerja atau dikerjain?”.

Secara logika akal sehat memang tidak masuk akal dan tidak sesuai dengan sila ke lima Pancasila yang berbunyi “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”. Tapi itulah sahabat zunif.com fakta dan realita yang terjadi sudah bertahun-tahun di negeri tercinta Indonesia saat ini.

Tak heran jika pada rekrutment CPNS 2018 dengan formasi yang dibuka 200 ribu kursi pegawai, yang melamar kerja CPNS mencapai 3 juta orang lebih. Karena saking banyaknya para lulusan perguruan tinggi baik diploma/sarjana yang ingin bekerja sesuai bidang pendidikan dan ingin memperoleh gaji/penghasilan yang layak.

Ketika sahabat zunif.com belum menikah alias masih single (nggak pake single parent), penghasilan kecil tiap bulan mungkin tidak menjadi persoalan. Tapi bagi mereka yang sudah kawin punya keluarga punya anak, sudah punya kewajiban dan tanggung jawab menafkahi keluarga, akan sulit untuk mempertahankan pekerjaan sesuai latar belakang pendidikan, karena gaji bulanan tidak cukup untuk menutupi kebutuhan harian keluarga. Kalaupun bertahan, orang tersebut harus memutar otak untuk mencari penghasilan tambahan, misalnya dengan membuka usaha bisnis, dll.

Dan jika sahabat zunif.com tidak mampu mempertahankan pekerjaan yang linier dengan background pendidikan, maka yang terjadi adalah sahabat akan membanting setir kendali mengundurkan diri bekerja untuk kemudian beralih profesi pekerjaan dengan penghasilan yang lumayan, alias tidak bergaji kecil lagi.

Hidup itu memang penuh pilihan. Banyak masalah dalam kehidupan kita datang silih berganti. Dan pasti ada jalan keluarnya kalau sahabat zunif.com bisa menemukan opsi-opsi pemecahan masalah yang sedang anda hadapi. Sehingga pada akhirnya yang jadi pertanyaan besar adalah apakah sahabat akan bersih kukuh mempertahankan pekerjaan sesuai jurusan kuliah walaupun “bergaji kecil” ataukah akan meninggalkan pekerjaan dengan beralih profesi yang tidak sesuai latar belakang pendidikan tapi dengan penghasilan besar? Tanyakan pada hati kecil anda, dan tentukan pilihan terbaik sesuai dengan hati nurani anda sahabat.

Tags: #Gaji Bulanan #Gaji Kecil #Jurusan Kuliah #Lowongan Kerja #Pegawai Honorer #Profesi Pekerjaan

  1. author

    anies6 bulan ago

    tidak dinafikan ramai mau gaji besar lepas tamat belajar. tapi scenario hari ini majikan mau pekerja yang punya pengalaman. tak mengapa jika gaji kecil asalkan berkat. who knows, lama kelamaan akan dinaikkan pangkat dengan gaji lebih besar?

    Balas
    • author

      kuanyu6 bulan ago

      iya, betul itu sekarang ini yang penting bukan hanya ilmu,…tapi juga link atau kenalan

      Balas
      • author
        Penulis

        zunif6 bulan ago

        mantap gan, hubungan simbiosis mutualisme ya πŸ˜€

        Balas
    • author
      Penulis

      zunif6 bulan ago

      iya bener juga ya kak, gaji kecil dulu nanti lama lama gajinya akan naik jadi gaji besar πŸ˜€

      Balas
  2. author

    kuanyu6 bulan ago

    kerja-kerja-kerja,..itulah kata pak jokowi,..kalau bicara gaji memang saya akui gaji pegawai di indonesia ini amatlah kecil,…tapi inilah yang mendorong munculnya para enterpreneur muda

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif6 bulan ago

      mantap gan πŸ˜€

      Balas
      • author

        kotanopan.com6 bulan ago

        setuju, kalau gak mau terima gaji kecil ya buat usaha sendiri ya gan, wiraswasta biar gaji bisa di atur sendiri,

        Balas
        • author
          Penulis

          zunif6 bulan ago

          iya gan, wirausaha ide bagus, tapi harus siap dengan segala resikonya πŸ˜€

          Balas
  3. author

    Blog Geografi6 bulan ago

    Pilihan yang sulit ya gan, disatu sisi pengen dapat uang banyak, disisi lain pengen kerja sesuai ijazah pendidikan.

    Balas
    • author

      kuanyu6 bulan ago

      kalau begitu jadi enterpreneur aja mas,…cuma harus tahan banting krena persaingannya luar biasa

      Balas
      • author
        Penulis

        zunif6 bulan ago

        ide bagus mas, tapi kasihan pengorbanan selama ini untuk meraih gelar sarjana πŸ™‚

        Balas
    • author
      Penulis

      zunif6 bulan ago

      iya gan, perlu pilih salah satu, atau kalau mampu pilih semua nggak apa-apa gan πŸ˜€

      Balas
  4. author

    Ahmad6 bulan ago

    Gak apa neng gaji kecil, asal jangan berkecil hati, kan aa juga kerja, masa gak cukup sih ?

    Balas
    • author

      kuanyu6 bulan ago

      waduh mas zunif wanita ya,…ha-ha

      Balas
      • author
        Penulis

        zunif6 bulan ago

        ane cowok bro hahaha πŸ˜€

        Balas
    • author
      Penulis

      zunif6 bulan ago

      hahaha kebutuhan hidup saat ini banyak gan πŸ˜€

      Balas
  5. author

    Anak Gblog6 bulan ago

    Entahlah gan, miris juga sebenarnya.. Ane juga punya temen guru honorer yang gajinya mungkin hanya cukup beli bensin doang.. Apa anggaran untuk pns sendiri sedikit?? Karena banyaknya pns yg ada di negeri ini

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif6 bulan ago

      wah kasihan juga ya gan, gajinya kecil hanya cukup buat transportasi kerja, terus dia makan nya dari mana ya gan πŸ™‚

      Balas
  6. author

    Reyne Raea6 bulan ago

    Saya banget, dulu kerja di konsultan tehnik, gajinya 50rebo, padahal SPG di mol aja lulusan SMU gajinya udah hampir sejuta.

    Sungguh kusedih huhuhu

    Dan saya juga heran banget ya, orang2 pada rebutan banget masuk PNS, padahal gajinya ya ga seberapa.

    Mungkin karena demi pensiunnya kali ya. πŸ™‚

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif6 bulan ago

      iya kak, keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia belum benar-benar dirasakan oleh warga indonesia sendiri πŸ˜€

      Balas
      • author

        mamidarrell6 bulan ago

        hehehe benar banget, terpaksa kita berusaha sendiri-sendiri, saking nunggu pemerintah gak pernah keliatan hilalnya hahaha

        Balas
        • author
          Penulis

          zunif6 bulan ago

          iya kak, keburu tua ya kak kalau harus nunggu perhatian dan bantuan pemerintah πŸ˜€

          Balas
  7. author

    Dyah6 bulan ago

    Pekerjaan sesuai jurusan kuliah tapi gaji kecil? Lha apa pekerjaan yang sesuai dengan jurusan hanya satu saja? Saya yakin, kalau benar-benar mencari, pasti ada banyak pekerjaan yang sesuai dengan jurusan dan bergaji cukup (mungkin nggak besar banget ya, secara kan kita bicara tentang fresh graduate). Tapi mungkin usahanya harus lebih keras, ya.

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif6 bulan ago

      persaingan untuk memperoleh pekerjaan lumayan ketat kak, jadi susah juga mau cari kerja lagi πŸ˜€

      Balas
  8. author

    Dwi Sugiarto6 bulan ago

    Pernah ngobrol sama pegawai honorer…gajinya memang kurang layak..bahkan dibayar 3 bulan sekali. Tapi itu pilihan mereka.

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif6 bulan ago

      wah berat juga ya gan, puasa selama 3 bulan itu ya πŸ˜€

      Balas
  9. author

    Himawan Sant6 bulan ago

    Berbicara mengenai besaran gaji di Indonesia sebenarnya cukup mirip.
    Apalagi membicarakan besar kecilnya UMR di tiap kota yang berbeda …
    Lah gimana yaa, hampir semua harga produk kebutuhan sehari-hari itu adalah sama harganya .. , sementara UMR berbeda-beda.

    Daaan .. fakta lain, sebetulnya masiiih banyak banget tempat usaha yang tidak meneraokan aturan kerja resmi pemerintah.
    Padahal jelas-jelas jumlah staff yang ada saja melebihi jumlah ketentuan dari pemerintah jika minimum 10 orang staff harus dikategorikan atau diwajibkan sebagai CV.

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif6 bulan ago

      bener banget gan, kebutuhan sehari-hari banyak banget, kalau gaji bulanan kecil, malah minus ya πŸ˜€

      Balas
  10. author

    ellafitria6 bulan ago

    yas sepakat “hidup adalah sebuah pilihan” hhh

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif6 bulan ago

      hehehehe makasih banyak kak πŸ™‚

      Balas
  11. author

    sabdaawalblog6 bulan ago

    kalau kondisinya begitu saya lebih milih mengundurkan diri dan cari kerjaan lain. saya lebih mikir yang realistis dibandingkan menahankan kesukaan tapi menderita

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif6 bulan ago

      wah mantap gan, realistis ya πŸ˜€

      Balas
  12. author

    ratutips.com6 bulan ago

    harus kerja cerdas ya kak.. biar bisa dapat gaji yang gede juga..s emangattt

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif6 bulan ago

      benar kak, kerja cerdas, kerja keras, dan kerja ikhlas πŸ˜€

      Balas
  13. author

    Ridsal6 bulan ago

    Masih mengejar berbagai opsi sesuai kebutuhan gan. Tapi bila tidak sanggup, coba mencari pekerjaan atau bikin pekerjaan sambilan..

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif6 bulan ago

      betul gan, perlu cari alternatif lain ya untuk nambah penghasilan πŸ˜€

      Balas
  14. author

    sinichinet6 bulan ago

    kalau aku tidak sesuai jurusan, bang. SMU jur. IPA, kuliah jur. Sastra Inggris, kerja di bagian PPIC lalu pindah jd Technical Support IT.
    meskipun ndak nyambung dgn jurusan kita yg penting kita tetap belajar mskpun sdh berada di dunia kerja

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif6 bulan ago

      pengalaman yang bagus gan, memang betul walaupun sudah bekerja tetap perlu dan harus belajar ya πŸ˜€

      Balas
      • author

        sinichinet6 bulan ago

        ngomong2 yg di dalam foto itu siapa sih.. kok banyak muncul di artikel-artikel blog ini? #KepoTingkatDewa

        Balas
        • author
          Penulis

          zunif6 bulan ago

          itu cewek cantik gan πŸ˜€

          Balas
  15. author

    Ekopriantoblogs6 bulan ago

    gaji kecil tapi punya waktu banyak untuk ngurusin kerja sampingan menurut saya its ok wae bang hehehe

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif6 bulan ago

      wah ide briliant itu gan πŸ˜€

      Balas
  16. Kerja Gaji Besar Tapi Tidak Sesuai Latar Belakang Pendidikan | zunif.com6 bulan ago

    […] Kerja Gaji Besar Tapi Tidak Sesuai Latar Belakang Pendidikan – Apakah bisa? Iya bisa saja hal itu terjadi, bahkan mungkin banyak diantara sahabat zunif.com yang banting setir dari background pendidikan saat kuliah dan kini bekerja pada bidang lain yang sama sekali baru dengan penghasilan yang tidak sedikit. […]

    Balas
  17. Sumber Penghasilan Blog Dari Mana? | zunif.com5 bulan ago

    […] utama agar blog bisa menghasilkan uang adalah jumlah traffic blog. Jika jumlah pengunjung blog sedikit, maka akan sulit untuk dijadikan […]

    Balas

Tinggalkan Balasan ke zunif Batalkan balasan