Kerja Gaji Besar Tapi Tidak Sesuai Latar Belakang Pendidikan

324 views
Cari Info Kerja Gaji Penghasilan Besar Modal Ijazah Sarjana

Ilustrasi Cewek Cantik Jalan Jalan Wisata Ke Luar Negeri di Singapura

Kerja Gaji Besar Tapi Tidak Sesuai Latar Belakang Pendidikan – Apakah bisa? Iya bisa saja hal itu terjadi, bahkan mungkin banyak diantara sahabat zunif.com yang banting setir dari background pendidikan saat kuliah dan kini bekerja pada bidang lain yang sama sekali baru dengan penghasilan yang tidak sedikit.

Seperti sahabat zunif.com ketahui bersama bahwa saat ini di Indonesia persaingan dalam memperoleh pekerjaan semakin berat. Setiap tahun kampus perguruan tinggi negeri dan swasta selalu meluluskan wisuda diploma, sarjana, magister, dan doktor hingga ribuan bahkan puluhan ribu. Padahal, lapangan pekerjaan tidak banyak dan lowongan yang dibuka jumlahnya terbatas. Sehingga konsekuensinya terjadi penumpukan lulusan kampus (terutama di pulau Jawa) yang ujung-ujungnya menjadi pengangguran terdidik.

Menurut data yang dirilis kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi (kemenristekdikti) tahun 2018 jumlah pengangguran di Indonesia sebanyak 630.000 jiwa lulusan sarjana dari kampus negeri dan swasta (pikiran rakyat 26/03/2018). Lebih lanjut diungkapkan bahwa total pengangguran di Indonesia dari berbagai lulusan sekolah SD,SMP,SMA, Perguruan Tinggi sebanyak 7.000.0000 jiwa pengangguran tahun 2018. Kondisi demikian cukup memprihatinkan mengingat Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam, tapi masyarakat belum bisa memperoleh pekerjaan yang layak dan belum bisa menikmati kekayaan dan hidup sejarhtera.

Tidak heran jika pada pemerintahan Jokowi pada kabinet kerja akan ada rencana pembuatan kartu pra kerja yang kini payung hukum nya (UU APBN 2020) sedang digodok oleh kementerian keuangan (kemenkeu) dan realisasinya pada tahun 2020 (kompas,24/04/2019). Kartu pra kerja ini semoga saja nantinya bisa mengcover dan bisa memberikan solusi alternatif bagi para fresh graduate yang sedang galau berjuang memperoleh pekerjaan. Karena untuk melamar kerja butuh dana, baik untuk bikin berkas lamaran, legalisir ijazah, transport tes interview, dll.

Idealisme dalam mencari pekerjaan yang sesuai latar belakang pendidikan sebenarnya tidak ada masalah, karena tujuannya untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan yang sudah dipelajari di bangku kuliah. Selain itu, sebagai bentuk ikhtiar untuk mewujudkan cita-cita agar pengorbanan orang tua dan anda dalam belajar di kampus baik berupa tenaga, waktu, fikiran, dan finansial bisa terbayar nantinya. Karena untuk bisa lulus kuliah juga tidak mudah, apalagi skripsi dibimbing oleh dosen pembimbing yang sulit dan killer.

Namun, apabila pekerjaan yang sesuai bidang pendidikan ternyata tidak memberikan gaji yang layak. Hanya ada 2 pilihan, apakah akan melanjutkan kerja atau akan mengundurkan diri dari tempat kerja.

Sebenarnya ijazah sarjana ini cukup bermanfaat sekali untuk memperoleh pekerjaan kantoran. Walaupun tidak sesuai bidang pendidikan. Karena saat ini tidak sedikit instansi perusahaan swasta yang membutuhkan lulusan sarjana dari berbagai program studi, asalkan punya pengalaman kerja sesuai posisi yang dibutuhkan. Dan pastinya kerja diperusahaan swasta ini punya kelebihan dan kekurangan. Salah satu kelebihannya adalah gaji bulanan yang cukup besar diatas Upah Minimum Regional (UMR). Kekurangannya mungkin tidak ada uang pensiun.

Admin zunif.com berpendapat bahwa bekerja kantoran di perusahaan swasta atau bumn bagi lulusan sarjana masih cukup pantas, karena syarat ijazah sahabat sudah mempunyai. Berbeda dengan wirausaha. Untuk menjadi wirausaha yang dibutuhkan adalah action, bukan teori, dan ijazah sarjana tidak begitu dibutuhkan dalam bidang wirausaha.

Seperti yang pernah admin zunif.com sampaikan pada postingan sebelumnya bahwa ada banyak ide kreatif bisnis usaha yang mempunyai prospek bagus untuk dijalankan. Tapi modal utama adalah komitmen dan loyalitas dari sahabat sendiri. Kalau mengutip ucapan agnes monica bahwa dalam berkarir jangan setengah-setengah tapi harus totalitas.

Perlu sahabat zunif.com ketahui bahwa penghasilan seorang wirausaha tidak menentu. Tergantung dari banyak faktor. Bisa untung, dan bisa rugi setiap bulannya. Bisa hasil besar dan bisa hasil kecil setiap tahunnya. Karena persaingan dunia usaha di negeri ini cukup kompetitif dalam berbagai sektor. Berbeda dengan karyawan / pegawai instansi pemerintah / perusahaan yang bergaji tetap setiap bulannya dengan nominal yang stagnan.

Banyak pertimbangan sebenarnya untuk bekerja yang tidak sesuai bidang pendidikan. Bisa karena faktor himpitan ekonomi, bisa faktor masa depan, tuntutan tanggung jawab keluarga, dan masih banyak lagi. Namun, jika anda memutuskan untuk keluar dari jalur bidang yang anda tekuni, jangan baper ketika ada tetangga/saudara yang mencibir profesi anda saat ini. Yang penting anda bekerja halal untuk diri anda sendiri dan keluarga, dan tidak sampai minta-minta (ngemis) sama orang yang mencibir.

Itulah sedikit opini dari blog zunif.com mengenai dinamika kehidupan di masyarakat Indonesia saat ini, terutama antara bidang pekerjaan dan latar belakang pendidikan. Semoga bisa terbuka fikiran dan idealisme kita dalam menghadapi realita kehidupan di dunia nyata, bukan dunia maya.

Tags: #Background Pendidikan #Cari Kerja #Gaji Besar #Latar Belakang #Tapi Apa #Tidak Sesuai

  1. author

    Ratutips.com2 bulan ago

    Sama ka zunif saya juga kuliah apa sekarang malah jadi digital marketing.. pokonya ga nyambung.. tp itulah rezeki gada yang tau ya kak

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      wah keren kak jadi digital marketing 😀

      Balas
  2. author

    ellafitria2 bulan ago

    alhamdulillah aku kerja sesai dengan latar belakang pendidikan mas, tapi malah sering bosan. wkwkwk

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      wah kalau bosan, mungkin bisa tukeran kerja sama yang lain kak 😀

      Balas
      • author

        kotanopan.com2 bulan ago

        kenapa bosa ya kk? bukanya enak ya pekerjaan adalah hal yang dikuasai, bukanya malah enak?

        Balas
        • author
          Penulis

          zunif2 bulan ago

          iya mungkin pengen cari suasana atau pengalaman baru kak 😀

          Balas
  3. author

    Syafiq Salman2 bulan ago

    wah, ini saya banget. Dari pertama dapat kerja belum pernah sekalipun kerja sesuai latar belakang pendidikan. Ilmu saya waktu kuliah juga kyknya dah banyak yg gak nyangkut, ganti sama ilmu baru yang saya butuhin buat kerja 🙂

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      jadi belajar lagi yang gan dan dapat ilmu baru 🙂

      Balas
  4. author

    heri heryanto.com2 bulan ago

    ternyata kuliah ndak menjamin pekerjaan juga. banyak sarjana pengangguran..
    kerjaan saya juga melenceng dari jurusan perkuliahan…
    Tapi tetep disyukuri alhamdulillah apapun pencapaiannya

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      iya gan perlu disyukuri ya apa pun jenis pekerjaan nya 🙂

      Balas
  5. author

    Aul Howler2 bulan ago

    Sering banget kejadian kayak gini ya, di jaman sekarang
    Kerjaan nggak sesuai latar pendidikan
    Bahkan sampe gaji gede di kerjaan yang nggak sesuai latar pendidikan

    Menurutku sih oke oke aja selama ybs punya kompetensi di bidang tsb, walaupun cuma modal belajar otodidak atau pelatihan kilat tanpa ikut pendidikan resmi. Rejeki mah nggak bakal ketuker hihi

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      mantap gan, kalau udah rejeki, nggak akan kemana ya gan 😀

      Balas
  6. author

    Djangkaru Bumi2 bulan ago

    Rata-rata orang sekolah itu kan niatnya untuk mencari kerjaan. bukan bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan itu sendiri. Hal itu memang tidak salah. Yang tejadi ya itu, penumpukan tenaga kerja terdidik.
    Hal itu mungkin juga disebabkan kurikulum sekolah yang belum baik. Anak didik tidak atau belum dibekali skil atau ketrampilan. Yang ada nilai-nilai diatas kertas. Saat lulus, ya kelimpungan.

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      wah betul itu gan, perlu diperbaiki ya kurikulum sekolahnya yang sesuai kebutuhan dunia kerja 🙂

      Balas
  7. author

    Kurnia haryono2 bulan ago

    Ya memang jaman sekarang tidak harus sesuai dengan jurusan apa untuk bekerja, terkadang memang untuk bekerja sesuai dengan jurusan saat kita kuliah tapi gajinya tidak sesuai harapan malah bikin kerja jadi kurang nyaman

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      iya kak, sebuah pilihan yang sulit ya 😀

      Balas
  8. author

    Ahmad Zaelani2 bulan ago

    Dari pada jadi pengangguran kayak saya, yang mending kerja gaji besar walau gak sesuai latar belakang.. hahah
    saya juga bingung mau kerja apa yah,, biaya sewa kontrak buat usaha saja semakin hari semakin mahal, pusiiing hahahh

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      wah sama ane juga pusing gan 😀

      Balas
  9. author

    maswid2 bulan ago

    rejekinya bagus

    Balas
  10. author

    Febrian Ammar2 bulan ago

    Menurut saya, kerja digaji besar tapi engga sesuai latar belakang pendidikan yang diambil buat saya ga masalah asal pekerjaan itu kita senangi, karena kalau pendidikan mah formalitas, ujung”nya ilmu yang didapat lebih banyak dari luar kampus jg.

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      wah betul itu gan, yang penting tetap semangat 😀

      Balas
  11. author

    sofyan2 bulan ago

    Menurut saya itu anugerah he he he

    Balas
  12. author

    Webillian2 bulan ago

    Kalo saya sih asal memang mempunyai kompetensi tidak masalah bang

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      wah iya gan, kompetensi memang bagus untuk dimiliki sesuai bidang kerja ya 😀

      Balas
  13. author

    Aris Armunanto2 bulan ago

    Saya juga, pekerjaan saya skrg nggak sesuai dgn background pendidikan, tapi mau apalagi sih kalau nggak dijalani

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      iya gan, harus dijalani dengan sepenuh hati ya biar nyaman kerja nya 😀

      Balas
  14. author

    lantana hermosa2 bulan ago

    Judul artikel dan dan ilustrasi foto cocok bener… Gaji besar dan ilustrasi cewek cantik lagi plesiran..;D

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      interpretasi yang bagus kak 😀

      Balas
  15. author

    Dyah2 bulan ago

    Rejeki bisa didapat dari mana saja. Yang penting halal. Pendidikan hanya salah satu jalan yang membantu kita mendapatkannya.

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      mantap kak, setuju sama kakak dyah 😀

      Balas
  16. author

    anies2 bulan ago

    di malaysia pun alami masalah yang sama. jadi bagi saya, para pelajar harus persiapkan diri dengan skill lain seperti mampu bertutur dalam bahasa asing (english, japanese, mandarin etc), active dalam sukan, co-curricular etc sekiranya tidak mampu mendapat result yang baik dalam exam atau tidak peroleh course yang mempunyai scope yang luas dalam bidang pekerjaan kelak…

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      betul itu kak, pelajar mestinya punya skill tambahan ya untuk melamar kerja 😀

      Balas
  17. author

    Riza Alhusna2 bulan ago

    Kerja apa aja asal halal lakoni aja. Selama masih bisa diplajari gak usah takut gak bisa. Coba dulu baru komentar.

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      terimakasih suhu atas saran dan masukan nya 😀

      Balas
  18. author

    Tuteh2 bulan ago

    Zaman sekarang persaingan di dunia kerja kan ketat, tidak apa-apa kalau tidak sesuai dengan latar pendidikan, yang penting yang bersangkutan punya skill untuk mendukung pekerjaannya huehehe. Kalau di kampus saya, khusus karyawan (bukan dosen) perombakan besar-besaran terjadi beberapa tahun lalu, semua orang dengan titel kesarjanaannya dipindah ke tempat yang sesuai. Misalnya S.Kom. dipindah ke Electronick Data Proccesing atau ke Teknisi Komputer begitu. Anehnya saya … sampai sekarang tidak dipindah2 😀

    Nah, ada teman saya lulusan SPK (sekolah perawat begitu, D3). Eh sekarang kerja di bank malah sukses pula hehehe. Intinya kenali potensi diri, ambil kesempatan :p

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      betul itu kak, mengenali potensi diri dan ambil kesempatan yang ada ya, bagus itu kak 😀

      Balas
  19. author

    Pengertian Litografi2 bulan ago

    gaji yang besar biasanya disertai dengan adanya tanggung jawab yang besar dan skill yang mapan. kalau tidak sesuai dengan latar belakang itu sudah lumrah.

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      iya betul gan, udah lumrah 😀

      Balas
  20. author

    Bang Day2 bulan ago

    Barusan ketemu kepala cabang sebuah bank, ternyata lulusan teknik mesin. Gak nyambungkan ? hehehe

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      wah banting setir beliau ya 😀 tapi bagus juga masih bisa kerja kantoran gan 😀

      Balas
  21. author

    Michael David2 bulan ago

    Keliatannya banyak kejadian kayak gini yak. Yang penting, nikmati aee :v

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      iya gan, disyukuri juga 😀

      Balas
  22. author

    aldhi fajar maudhi2 bulan ago

    aku gada latar pendidikan yang baik, tapi alhadulillah karena belajar corel otodidak aku udah kerja 4 tahun di perusahaan advertising 😀

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      wah good job gan, tidak sia2 belajar otodidak ya 😀

      Balas
  23. author

    kuanyu2 bulan ago

    Baca ini saya inget sama menteri kelautan kita, sri pujiastuti, orangnya bukanlah dari kalangan berpendidikan tinggi tapi mampu berbisnis dan akhirnya kaya raya

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      iya gan karena bisnis yang dibutuhkan pengalaman 😀

      Balas
  24. author

    Khairunnisa Ast2 bulan ago

    Saya kerja ngga sesuai jurusan kuliah. Alasannya simple aja, karena saya suka pekerjaan saya sekarang.

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      bagus kak sesuai kesukaan ya kerjanya 😀

      Balas
  25. author

    Mechta2 bulan ago

    Bisa bekerja sesuai latar blkg pendidikan Alhamdulillah..tapi kalaupun TDK sesuai ya tidak apa2 juga. Yg penting diniatin dan diseriusin bener2..,insya Allah baik hasilnya

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      mantap kak, makasih buat saran dan masukkannya ya 🙂

      Balas
  26. author

    Ruswati2 bulan ago

    Gpp, ka Zunif. Yang penting kita bisa adaptasi dan enjoy. Fleksibel aja, walaupun dapet kerjaan yang tidak sesuai dengan latar pendidikan kita.

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      wah makasih banyak kak 😀

      Balas
  27. Ngeblog Tanpa Modal Apakah Bisa? | zunif.com1 bulan ago

    […] mengeluarkan biaya banyak. Bahkan bisa dibilang nol rupiah tanpa pengeluaran sedikit pun, dengan penghasilan yang lumayan setiap bulannya. Asalkan sahabat zunif.com tahu tips trik […]

    Balas
  28. Sumber Penghasilan Blog Dari Mana? | zunif.com1 bulan ago

    […] Ikut Afiliasi Cara yang sederhana dan membutuhkan waktu yang lama juga adalah ikutan afiliasi. Cara kerjanya sahabat zunif.com perlu memasang link afiliasi yang menuju produk pada website tertentu. Jika terjadi penjualan atas referensi blog anda, maka sahabat akan mendapatkan komisi. […]

    Balas
  29. Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Daftar CPNS | zunif.com1 bulan ago

    […] tetap dan tunjangan besar. Ada gaji tetap bagi pegawai negeri setiap bulannya, plus ditambah dengan tunjangan yang tidak sedikit. Apalagi sekarang ada […]

    Balas

Tinggalkan Balasan ke zunif Batalkan balasan