Inspirasi Nama Blog Yang Bagus dan Keren

146 views
Cara Memilih dan Membuat Nama Blog Yang Bagus dan Keren

Cara Memilih dan Membuat Nama Blog Yang Bagus dan Keren

Inspirasi Nama Blog Yang Bagus dan Keren – Nama blog merupakan identitas sebuah blog yang menjadi ciri khas dan yang membedakan antara satu blog dengan blog yang lain. Nama blog unik, keren, singkat, jelas, bagus akan mudah diingat dan dihafal oleh para pembaca blog. Begitu juga dengan nama akun profil sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter dll.

Meskipun demikian konten blog juga perlu diperhatikan. Karena konten artikel, foto / gambar, video, file-file dalam blog yang bagus dan bermanfaat untuk para pembaca justru melebihi kekuatan nama blog yang unik. Sehingga, selain memilih nama blog, juga perlu membuat konten blog yang berkualitas SEO friendly dan Human friendy.

Ide dan inspirasi membuat nama blog bisa berasal darimana saja, dalam kondisi apa saja, dan kapan saja. Tergantung dari diri kita sendiri sebenarnya. Karena ukuran keren bagi kita, belum tentu dianggap keren oleh orang lain. Jadi, bisa dikatakan keren itu relatif.

Meskipun demikian sahabat zunif.com perlu memilih nama blog yang bagus, agar nantinya bisa memberikan nilai manfaat, tidak hanya bagi pemilik blog, tapi juga para pembaca blog. Misalnya nama blog mudah di eja, atau mudah diketik di google search, atau mungkin mudah dihafal.

Berikut adalah tips inspirasi dan ide memilih nama blog yang mungkin bisa dijadikan panduan dan referensi untuk sahabat zunif.com yang akan membuat blog baru, atau mungkin blogger lama yang ingin membangun blog-blog lain yang baru.

Tips dan Inspirasi Memilih Nama Blog

1.Singkat, Jelas, Padat

Nama Blog Unik Keren Singkat

Nama Blog Unik Keren Singkat

Nama yang pendek, jelas, dan ringkas akan mempermudah pembaca blog dalam mengingat nama blog sahabat zunif.com, begitu juga pemilik blog. Mengetik nama di adrress bar browser atau di google search dengan karakter tulisan panjang akan melelahkan, apalagi ada tanda strip (-) nya juga. Hal ini tentu merepotkan bagi kita. Nama blog yang singkat biasanya hanya terdiri dari satu kata, atau tidak lebih dari 5 karakter. Contoh nama blog detik. Hanya terdiri dari lima karakter saja.

2.Unik, Keren, Beda
Nama blog unik keren, dan lain daripada yang lain (beda sendiri) akan mudah dihafal oleh orang lain. Tentunya diimbangi juga dengan konten blog yang berguna. Sebaliknya, nama blog yang terlalu mainstrem akan sulit diingat para pengunjung, karena terdapat kemiripan nama dengan blog lain. Disini agak sulit memang dalam memilih nama, tapi sahabat zunif.com perlu berusaha dengan melakukan riset kata kunci di google search, yahoo, dan bing mengenai nama yang akan digunakan untuk blog anda.

3.Mengandung Keyword

Nama Kata Kunci Blog

Nama Kata Kunci Blog

Kita juga bisa menggunakan nama blog dengan kata kunci tertentu. Ini biasanya digunakan untuk fokus pada mesin pencari agar mudah ditemukan orang melalui mesin pencari. Nama yang mengandung keyword biasanya cukup panjang. Bisa terdiri dari dua kata, tiga kata, atau bahkan 5 kata. Misalnya nama blog Download Game Gratis APK Android. Sudah terdiri dari 5 kata, dan bila menggunakan domain blogspot/wordpress bisa lumayan panjang juga.

4.Sesuai Topik Blog
Terlihat lebih profesional jika memilih nama blog sesuai dengan topik/tema yang dibahas dalam blog. Ini biasanya cocok untuk blog dengan tema blog spesifik, atau blog niche yang khusus membahas persoalan tertentu. Tapi jika blog memliki tema beragam, kurang cocok menggunakan nama blog tema khusus, sehingga perlu dipikirkan lagi bagus nya bagaimana.

5.Nama Pribadi

Nama Personal Branding Blog

Nama Personal Branding Blog

Bisa juga sahabat zunif.com menggunakan nama pribadi sesuai nama KTP untuk memilih nama blog anda, seandainya nama tersebut masih tersedia, dan belum diambil oleh orang lain. Biasanya ini terjadi jika nama kita terlalu pasaran, sehingga siapa cepat, dia dapat. Kalau nama KTP unik dan tidak mainstrem, biasanya lebih mudah mendapatkannya, jika pakai nama domain dot com. Salah satu keuntungan pakai nama pribadi adalah akan menjadi personal branding nantinya, jika blog sudah terkenal dan punya ribuan follower dan jutaan pembaca.

6.Domain TLD
Kalau sahabat zunif.com punya uang lebih, bisa membeli nama domain di situs penyedia layanan hosting dan domain. Harga sekitar Rp 100 ribu rupiah per tahun. Kelebihan nama domain TLD adalah lebih singkat dan pendek alamat blog nya, sehingga kita tidak perlu capek dalam mengetik alamat blog di address bar.

Itulah sedikit tips dan inspirasi bagi sahabat zunif.com yang mengalami kesulitan dan masalah atau belum menemukan ide nama yang cocok untuk membangun sebuah blog baru, agar nantinya nama blog bisa mempermudah kita dalam menyusun strategi dalam membangun dan mengembangkan blog yang kita kelola.

Tags: #Blog Bagus #Cari Nama #Inspirasi Nama #Membuat Blog #Memilih Nama #Nama Keren

  1. author

    Ruswati2 bulan ago

    Nice info, kk. Sangat bermanfaat. Jadi inget ke blog sendiri, masih blogspot & belum TLD. Niche blog juga ga sesuai sama isi artikel, ga nyambung banget, sepintas kaya yang ga niat blogging he..he. Sekalian dong share juga cara bikin blog TLD yg 100rb an. 🙏🙏

    Balas
  2. author

    Priant Taruh2 bulan ago

    Saya lebih suka poin 1 & 2. Karena lebih bagus jika nama yang dibuat itu singkat dan beda; bisa buat kata menggunakan kata yang jarang atau bahkan tidak ada dalam kbbi.

    Balas
  3. author

    aldhi Fajar2 bulan ago

    Nama itu memang seharusnya bisa menciptakan branding bagi blog itu sendiri.
    Pemilihan nama yang unik dan tidak familiar malah akan cepat nempel di pikiran..

    Balas
  4. author

    Webillian2 bulan ago

    Kalo saya sih yg penting unik hehe

    Balas

Silahkan Komentar