Formasi CPNS dengan Minim Pelamar

67 views
Jumlah Pendaftar CPNS Sedikit Pada Formasi Ini

Jumlah Pendaftar CPNS Sedikit Pada Formasi Ini

Formasi CPNS dengan Minim Pelamar – Halo semua, sahabat zunif.com dimanapun anda berada, selamat datang di blog ini. Semoga anda memperoleh informasi yang berguna setelah baca postingan di blog ini, karena admin akan berbagai artikel yang bermanfaat untuk para pembaca. Pastikan agar tidak ketinggalan informasi terbaru untuk bisa klik follow dan subscribe blog ini ya.

Dalam kesempatan kali ini admin zunif.com akan berbagi informasi seputar seleksi penerimaan CPNS. Rekrutmen ini cukup menyita perhatian publik, karena profesi sebagai pegawai negeri diamini oleh sebagian besar warga Indonesia sebagai pekerjaan yang menjanjikan. Tak heran jika pada waktu ada rekrutmen CPNS tahun-tahun yang lalu (2017 dan 2018), jumlah pendaftar mencapai jutaan orang. Padahal formasi yang dibuka oleh pemerintah hanya ratusan ribu.

Namun, ternyata setelah diamati oleh admin zunif.com pelaksanaan rekrutmen tersebut cukup transparan, karena kini dalam seleksi menggunakan tes berbasis komputer yang terhubung internet, Computer Assisted Test (CAT). Dan menariknya, perolehan nilai bisa langsung ditampilkan pasca peserta rampung mengerjakan tes SKD berbasis CAT ini.

Ada yang sedih, ada pula yang bahagia saat setelah mengetahui live score hasil SKD di ruangan tes, karena dalam tes SKD ada passing grade, yaitu batas minimal nilai yang dipersyaratkan agar bisa lolos SKD. Menurut permenpanRB tahun lalu nilai passing grade adalah 298, dengan skor masing-masing sub tes sebesar 75 TWK, 80 TIU, dan 143 TKP.

Kita kembali ke topik bahasan sahabat zunif.com. Ada berbagai faktor agar bisa lolos seleksi CPNS. Selain faktor tekun belajar, juga ada faktor keberuntungan. Misalnya dalam satu formasi hanya ada 1 peserta yang melamar, maka jika peserta tersebut lulus SKD, maka hampir bisa dipastikan dia akan lulus sampai tahap akhir CPNS.

Oleh karena itu, sahabat zunif.com perlu memilah dan memilih formasi CPNS yang akan dilamar. Jangan sampai formasi yang anda lamar ternyata banyak juga peserta yang melamar, misalnya sampai puluhan atau ratusan peserta. Pastikan formasi yang dipilih adalah minim pelamar, agar peluang lolos tinggi.

Berikut ini adalah beberapa formasi CPNS yang minim pelamar, sesuai dengan pengamatan dan pengalaman admin zunif.com yang sudah pernah mengikuti seleksi penerimaan / pendaftaran CPNS tahun sebelumnya.

Formasi CPNS dengan Minim Pelamar

1.Formasi Dokter Spesialis. Formasi ini pada tahun sebelumnya minim sekali yang melamar, padahal formasi yang tersedia cukup banyak dan tersebar di berbagai intansi RSUD, baik pemerintah provinsi, kota dan kabupaten.

Apakah lulusan dokter spesialis jumlahnya sedikit di Indonesia? Ternyata tidak juga, bahkan bisa dikatakan banyak. Lantas kenapa formasi ini minim pelamarnya? Hal itu dikarenakan untuk menempuh pendidikan sampai jenjang dokter spesialis membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga banyak lulusan dokter spesialis yang sudah berusia lebih dari 35 tahun. Padahal syarat untuk melamar CPNS wajib berusia maksimal 35 tahun.

Itulah kenapa formasi dokter spesialis sangat minim sekali jumlah pelamarnya. Mereka terbentur oleh usia lamaran. Sehingga tidak bisa ikut serta meramaikan rekrutmen CPNS di Indonesia.

2.Formasi dengan Kualifikasi Pendidikan S-3. Formasi dosen lektor kemenag dan kemenristekdikti serta formasi peneliti LIPI tidak sedikit yang mensyaratkan harus punya kualifikasi pendidikan doktor (S-3). Dan yang terjadi adalah formasi ini ternyata sangat sedikit jumlah pelamarnya.

Hal itu wajar terjadi karena sangat jarang ada orang Indonesia yang sekolah terus menerus sampai S3 tanpa harus bekerja dulu, mengingat biaya kuliah S1, S2, dan S3 juga tidak murah.

Dan kuliah S3 itu cukup memakan waktu yang lama. Meskipun mendapatkan beasiswa kuliah, persiapan uang cadangan juga diperlukan untuk jaga-jaga (backup) bila terjadi perpanjangan studi (molor).

Alasan lain adalah sangat jarang orang Indonesia lulus kuliah S3 berusia kurang dari 35 tahun. Hampir sebagian besar lulus S3 di usia lebih dari 35 tahun. Sehingga tidak punya kesempatan untuk ikut tes CPNS, karena terhambat usia.

3.Formasi Cumlaude. Adalah formasi khusus untuk anak bangsa yang punya prestasi akademik. IPK cumlaude S1 adalah 3,51 dan lulus 4 tahun. IPK cumlaude S2 adalah 3,71 dan lulus 2 tahun. IPK cumlaude S3 adalah 3,80 dan lulus 3,5 tahun.

Dan yang tak kalah penting adalah akreditasi program studi harus A dan akreditasi perguruan tinggi juga harus A pada saat yang bersangkutan lulus kuliah. Syarat-sayat itulah yang kemudian mempersulit para peserta CPNS untuk bisa masuk melalui jalur formasi cumlaude.

Meskipun ada beberapa peserta melalui jalur formasi cumlaude ini, tapi jumlahnya cukup minim dibandingkan dengan formasi CPNS jalur umum. Jadi, ini peluang besar untuk para mahasiswa aktif yang saat ini masih kuliah agar giat belajar agar bisa lulus dengan pujian (cumlaude).

4.Formasi di Daerah 3T. Adalah daerah dengan kategori Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T). Daerah yang masuk kedalam kategori ini adalah daerah terpencil dan masuk ke pedalaman. Sebagian besar letaknya ada di luar pulau jawa, seperti di Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Riau, Aceh dan Papua.

Jika sahabat zunif.com berani dan bersedia untuk menjadi pegawai negeri di daerah 3T, maka saat ini masih terbuka lebar. Karena daerah 3T ini dari tahun ke tahun selalu minim pelamar. Jadi, peluang untuk bisa lolos CPNS cukup tinggi.

Itulah sedikit informasi yang bisa dibagikan di blog zunif.com untuk sahabat semua mengenai formasi CPNS dengan pelamar yang sedikit. Semoga bisa bermanfaat untuk saudara sekalian.

Tags: #Daftar CPNS #Formasi CPNS #Minim Pelamar #Peluang Lolos #SSCN BKN #Syarat CPNS

  1. author

    UmmuSh1 minggu ago

    Nice info, aseli dah saya baru tau, hihi. Makasih admin zunif… Semoga post ini bermanfaat untuk teman-teman yang nyari peluang jadi PNS

    Balas
  2. author

    Sahabat Gratisan6 hari ago

    Nice share info kaka 😀

    Balas
  3. author

    Blog Hobi Bermanfaat4 hari ago

    dan formasi diatas emang sedikit orangnya, karena untuk mencapainya juga tidak mudah 😀

    Balas
  4. author

    Bang Day4 hari ago

    Nah peluang nih. Saingan kurang. Tapi formasi S3 meraihnya berat hehehe

    Balas

Silahkan Komentar