Etika dan Cara Yang Pantas Berkomunikasi di WhatsApp

547 views
Cara Menggunakan Aplikasi Chat WhatsApp dengan Baik dan Benar

Notifikasi Update Aplikasi Jejaring Sosial WhatsApp Messenger

Etika dan Cara Yang Pantas Berkomunikasi di WhatsApp – Terinspirasi dari artikel sahabat blogger wordpress indonesia yang mengulas mengenai tata cara dan sopan dan santun dalam menggunakan aplikasi instant messenger WA. Aplikasi Whatsapp merupakan media sosial yang bisa digunakan untuk ngobrol chating, telpon, video call, diskusi di grup, update status di story WA dan masih banyak lagi fungsi dan kegunaannya. Bahkan aplikasi ini merupakan aplikasi instan messenger dengan pengguna terbanyak.

Berbagai kemudahan dalam berinteraksi dengan teman, saudara, tetangga, keluarga dan kerabat kerja, menjadikan aplikasi wa sebagai aplikasi favorit yang wajib di install bagi para pengguna hp smartphone. Bahkan untuk keperluan sekolah, pertemuan alumni, sharing lowongan kerja, dan diskusi di lingkungan instansi/perusahaan kerja, mereka banyak menggunakan aplikasi ini untuk keperluan sehari-hari.

Namun, tidak jarang para user cenderung mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan saat menggunakan aplikasi WA ini, sehingga menimbulkan berbagai polemik di tengah masyarakat. Padahal, apabila kita bijak dalam memanfaatkannya, hal-hal dan dampak negatif tidak akan pernah terjadi sebagai konsekuensi akibat dari aplikasi WA. Oleh karena itu izinkan admin zunif.com untuk mengulas berbagai macam etika dan perilaku yang pantas dalam menggunakan whatsapp untuk komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, berikut ulasannya.

Etika dan Cara Yang Pantas Berkomunikasi di WhataApp :

1. Tidak kirim pesan tengah malam (22.00-04.00 WIB), jam 10 malam sampai jam 4 pagi adalah waktu untuk istirahat bagi manusia. Karena pagi hari sampai sore hari kita sudah beraktivitas seharian untuk bekerja, sekolah, dan lain lain. Tentu saja, notifikasi dan nada dering hp yang berisi chat whattsapp tengah malam, sangat mengganggu orang yang sedang istirahat tidur, apalagi isi chat nya adalah hal tidak penting sama sekali, dan dikirim di grup wa pula, situ waras? Mohon maaf jika ada yang tersungging, karena saya bener-bener impo sebel ๐Ÿ˜€

Untuk itu, sebaiknya kita menghindari untuk mengirim pesan tengah malam, baik kepada teman, tetangga, saudara dan rekan kerja, apabila kita adalah orang yang peka dan menghargai satu sama lain. Sebenarnya tidak hanya pesan WA saja sih yang kirim pesan tengah malam, tapi juga sering para operator Telkomsel, Indosat, XL, dll sering banget kirim sms tengah malam yang isinya promosi, dan kadang-kadang juga ada nomor misterius yang kirim sms promo tengah malam, dan itu sangat mengganggu sahabat.

2. Tidak Share Berita Hoax, Fitnah & Provokasi kedalam Group, aplikasi WA memberikan kemudahan bagi pemakainya untuk meneruskan atau forward pesan/chat orang lain, sehingga sering kali dan tidak jarang para member grup wa yang demen dan hobby banget nge-share berita-berita yang belum jelas sumbernya. Terlebih lagi isi berita/informasi berisi fitnah, hoax, dan provokasi, tentu saja hal ini sangat meresahkan para member grup yang lain.

Pernah ada kejadian kepala sekolah ane nge-share berita di grup sekolahan yang berisi berita hoax, dan kebetulan ada member grup yang meluruskan berita tersebut. Dan yang terjadi adalah kepala sekolah tersebut malu bukan main, karena sudah membagikan informasi yang tidak benar. Ini bisa dijadikan pelajaran selalu cek ricek mengenai kebenaran suatu berita indonesia sebelum dibagikan ke grup. Agar tidak mengalami nasib yang sama dengan kepala sekolah ane zunif.com :mrgreen:

3. Tidak Publish/Unggah Screenshoot Private Massage (PM) di Status WA, Nama nya juga private massage atau pesan pribadi, mestinya pesan tersebut tidak dikonsumsi oleh publik, karena memang hanya untuk pribadi, dua manusia yang terlibat komunikasi di whatsapp. Tapi yang terjadi belakangan ini adalah tidak sedikit pengguna whatssapp yang mempertontonkan percakapan mereka saat private massage di unggah di status terbaru Whatssapp dan bisa dilihat oleh banyak orang. Mungkin tujuannya untuk lucu-lucuan atau untuk gaya-gayaan, tapi ketahuilah sahabat, hal yang anda lakukan tersebut tidak dibenarkan. Siapa tahu lawan bicara pm anda tidak terima dan berujung ke meja hijau? Kan bisa gawat urusannya bisa panjang. Maka sebaiknya kebiasaan tidak baik tersebut alangkah baiknya tidak diterus-teruskan, karena bisa menciderai privasi seseorang. Orang jadi enggan untuk kirim pm ke anda, gara-gara anda sering men-screenshot percakapan dengannya.

4. Gunakan Kata & Bahasa Yang Sopan dan Pantas, saudara-saudara sahabat zunif.com sekalian, kita menggunakan whatsapp untuk berkomunikasi dengan sesama manusia, bukan dengan mesin atau robot. Tidak elok rasanya kalau kita menggunakan kata-kata dan bahasa yang kasar, yang tidak menceriminkan perilaku dan tradisi bangsa Indonesia yang ramah dan lemah lembut. Jadi, usahakan untuk bisa memposisikan diri dengan lawan chat anda. Siapa mereka, apakah mereka adalah guru kita, teman kita, orang tua kita, bos kita, ataukah mantan kita? Perlu diingat juga sahabat, setiap perbuatan kita di dunia nyata dan di dunia maya ada yang selalu mengawasi, mengetahui dan mencatatnya namun kita tidak pernah sadar akan hal itu.

5. Tidak Invite dan Kick Orang Sembarangan di Group, mentang-mentang jadi admin grup, sak kepenak wudele dewe (seenaknya sendiri) untuk memasukkan dan menendang (kick) member grup tanpa konfirmasi, situ waras? Mungkin anda saat ini adalah orang yang penting, dan sangat dibutuhkan, tapi yang namanya kedudukan dan jabatan nggak ada yang kekal sahabat zunif.com, semuanya hanya titipan dan amanah yang harus dijalankan dengan baik. Dan di akhirat kelak, akan dimintai pertanggungjawaban atas sikap dan perilaku anda saat menjadi seorang pemimpin.

6. Think Before Write! Selalu bersikap hati-hati dalam berbicara dan berperilaku, baik di dunia maupun di sosial media, baik dengan teman sekelas atau dengan rekan kerja. Usahakan selalu berfikir terlebih dahulu sebelum menuliskan sesuatu untuk kemudian diterbitkan di sosial media atau di share di whatsapp, karena tulisan mu adalah harimaumu. Sudah banyak kejadian di Indonesia gara-gara unggah status provokasi, fitnah, dan hoax yang berujung di jeruji besi. Setiap perbuatan buruk akan dibalas dengan dengan keburukan, begitu juga sebaliknya sahabat zunif.com

Demikian informasi yang bisa di share oleh blog zunif.com, semoga artikel ini bisa berguna bagi sahabat agar lebih memanfaatkan penggunakan aplikasi jejaring sosial dengan bijak dan tidak mengabaikan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat Indonesia.

Tags: #Aplikasi WhataApp #Cara Terbaik #Etika Berkomunikasi #Komunikasi Digital #Sikap Pantas #Trik WA

  1. author

    Hermansyah4 bulan ago

    Kalau saya paling benci pengirim pesan menghapus pesan, bikin salah terka, jadi bisa ditambahkan “jangan menghapus pesan yang telah dikirim”

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif4 bulan ago

      wah mantap kak, terimakasih banyak sudah menambahkan artikel diatas :mrgreen:

      Balas
  2. author

    ratutips.com4 bulan ago

    keseringan banyakan yang ngasih hoax hoax tu kak apalagi mau pemilu hehehe

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif4 bulan ago

      iya kak, makin panas mau pemilu :mrgreen:

      Balas
  3. author

    Rahman Kamal4 bulan ago

    setuju banget dengan tips ini!

    Balas
  4. author

    Sopyan Nc4 bulan ago

    Klo wa sih apa aja boleh
    Klo aku mah paling g suka tiba tiba grup chat aja9

    Balas
  5. author

    lantana hermosa4 bulan ago

    Bener, mesti think before write deh…dan jangan hoax

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif4 bulan ago

      hoax perlu dibasmi ya gan :mrgreen:

      Balas
  6. author

    Himawan Sant4 bulan ago

    Setuju banget untuk tindakan .. Think Before Write.

    Tujuan kita membagikan nomor kontak pesan wa ke orang lain kan bertujuan membina persahabatan, bukannya malah kata-katanya sering terkesan melecehkan dan menghina.
    Malas banget ngadepin karakter orang kayak begitu.

    Eh# kok jadi curhat sih ini yaaak …
    Wwwwkkk

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif4 bulan ago

      wah pengalaman yang mantap itu gan :mrgreen:

      Balas
  7. author

    anies4 bulan ago

    kalau cara saya, saya akan baca WA selepas jam 10am… waktu pagi no WA except urgent messages…

    lagi satu, kalau mesej tiada kepentingan saya delete terus hahahahaha

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif4 bulan ago

      wah ide bagus itu kak anies :mrgreen:

      Balas
  8. author

    Budi purnama4 bulan ago

    Kalau nomor satu saya kdg dpt WA di antara jam 01:00 –03:00, mungkin yg lg kebangun

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif4 bulan ago

      mungkin lagi kegiatan malam gan :mrgreen:

      Balas
  9. author

    Anak Gblog4 bulan ago

    Dan sayangnya banyak yg share berita yang belum jelas asalnya itu yg membuat hoax jadi bencana

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif4 bulan ago

      iya gan, perlu ditindak orang nya yang nyebarin :mrgreen:

      Balas
  10. author

    Bintang4 bulan ago

    Kskwkwkwk aku tersungging di jangan chat lewat jam 22-04. Aku pulang nguli jam sgtu. Dan biasanya baru bsa bals pesan baik pribadi atau group kwkwk. Dan mereka ngerespon baik๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†apalagi kalo group cengengesan hihi bsa betah

    Dan, aku suka SS chat pribadi kekeke. Buat lucu’an sih. Dan alhamdulillah orang”nya pada biasa aja. Jd mungkn trgantung orangnya๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜†dan aku sering kena hoax kwkwkww

    Balas
    • author

      Himawan Sant4 bulan ago

      Loh …
      Kok jam kerjanya tengah malam sampai dini hari, Bin ?.

      Kerja dimanakah itu ๐Ÿค” ?
      *kepo*

      O, iya berkomentar balik disini ya, sobat mas Zunif.
      Caranya menfollow blog setelah akun G+ dinonaktifkan caranya gimana, ya ?.

      Balas
      • author

        Sopyan Nc4 bulan ago

        @himawan seperti nya bintang kerja dibagian kesehatan

        Klo follow blog di blogger ada 2 cara
        1.pasang gadget di widget
        2. Follow selain blogspot Di dashboard blogger >> DAFTAR BACAAN(adanya dipaling bawah) tinggal masukin aja url blog nya

        Balas
        • author
          Penulis

          zunif4 bulan ago

          mantap gan, makasih atas tambahannya :mrgreen:

          Balas
      • author

        Bintang4 bulan ago

        Hihi kerja nguli bang. Kan belom kerja beneran hehehe.
        Jangan kepo bang, kepo mah nama pisang๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

        Humm itu tanya ke bang Zunif kan? Hihi soalnya bintang gak tau hehe

        Balas
        • author
          Penulis

          zunif4 bulan ago

          luar biasa kak kerja nya malam malam :mrgreen:

          Balas
      • author
        Penulis

        zunif4 bulan ago

        wah mungkin ronda itu gan :mrgreen:

        Balas
    • author
      Penulis

      zunif4 bulan ago

      kasihan sering kena hoax :mrgreen:

      Balas
  11. author

    Muhammad Irsyad4 bulan ago

    Kebiasan yg cukup sering kita lakukan dengan sengaja itu ya unggah SS chat kita sama orang lain. Sampe ada yg sengaja SS supaya bisa digunakan untuk suatu hal dikemudian hari. Ckkckc

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif4 bulan ago

      iya gan, perlu dihilangkan kebiasaan tsb ya :mrgreen:

      Balas
  12. author

    Sains Box4 bulan ago

    yg paling bingung kalo udh salah nulis tuh, poin 6 penting bgt, biar gak salah paham atur juga huruf besar dan kecilnya, plus titik komanya. intinya atur tata bahasanya aja gitu deh…

    BTW, mau folback tp kok gak ada widget followernya ya?

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif4 bulan ago

      ok gan sains box, makasih banyak :mrgreen:

      Balas
  13. author

    kuanyu4 bulan ago

    Wah, betul itu mas, etika dalam berkomunikasi itu memang sangatlah penting, salah satunya etika berkirim pesan lewat watdhap, banyak banget tuh ansk jaman sekarang yang enggak menerapkan etika ketika berkirim pesan, entah itu kepada teman,guru bahkan orang tua dan artikel di atas sangat bermanfaat sekali untuk para anak muda indonesia…jadi jangan lupa dibaca ya agar kita bisa membuat sebuah sistem komunikasi yang didslamnya juga terdapat tata krama dan nilai etika

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif4 bulan ago

      makasih kak atas tambahannya yang luar biasa :mrgreen:

      Balas
  14. author

    abang ichal4 bulan ago

    ternyata dibahas juga soal nomor 3 itu … bukannya saya risih dgn hal itu. hanya bingung apa motivasi mempublishnya…

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif4 bulan ago

      mungkin untuk gaya gayaan gan :mrgreen:

      Balas
  15. author

    Dewi Elsawati4 bulan ago

    Lapor mas.. saya udah berhasil follow blognya hehehe..
    Besok-besok posting “etika dan cara ngechat mantan duluan di whatsapp” dong wkwkwk

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif4 bulan ago

      wah ide bagus itu kak, tapi kawatir nanti kalau ada yang baper :mrgreen:

      Balas
  16. author

    Smile4 bulan ago

    Apapun tujuannya membagikan atau meng-upload screenshot pm saya pikir itu adalah tindakan yang sangat bodoh

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif4 bulan ago

      iya gan tidak dibenarkan :mrgreen:

      Balas
  17. author

    Djangkaru Bumi4 bulan ago

    Share berita hoax ini yang kini merajalela. Makanya saya tidak mau masuk dalam grup WA. Dan kadang saya juga tidak menghiraukan pesan yang masuk dalam WA selama saya bekerja atau selama sedang bersama keluarga. Ingin menikmati dunia nyata saja.

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif4 bulan ago

      wah mantap itu gan, perlu ane contoh :mrgreen:

      Balas
  18. author

    lantana hermosa4 bulan ago

    Datang lagi ni…mau follow blog yang ini, tapi ga ketemu tempatnya…saya ga punya twitter…so, disubscibe aja yaa…thanks a lot…

    Balas
  19. author

    Bang Day4 bulan ago

    Trims tipsnya mas. Yang poin kedua tuh nyebelin banget jika ada anggota grup yang hobi ngrim berita sampah

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif4 bulan ago

      iya gan lagi banyak sekarang nyebar berita ke grup :mrgreen:

      Balas
  20. author

    Reyne Raea (Rey)4 bulan ago

    wkwkwkwkw, saya seringnya nomor 1 nih, kirim chat jam 2 pagi di grup blogger hahaha.

    Bukannya apa-apa sih, cuman takut lupa aja.
    Untungnya sih hal tersebut udah biasa banget dan adminnya mengerti.

    Kalau menurut saya yang nomor 1 boleh aja di grup, asal jangan pribadi, bikin salah tanggap kan.

    Lagian kalau masalah terganggu, saya rasa hampir sebagian besar orang silent notif grupnya khususnya grup yang gak penting hahaha

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif4 bulan ago

      pengalaman yang menarik kak rey :mrgreen:

      Balas
      • author

        Reyne Raea4 bulan ago

        hehehe iya ๐Ÿ˜€
        Kadang emang kalau di grup malah bikin salah paham,
        Terutama yang think before write dan isi grup orang-orang baper, dijamin makin baperlah hahaha

        Balas
        • author
          Penulis

          zunif4 bulan ago

          Wah berat juga ya kak kalau ngumpul saru group wa bareng anak anak baper ๐Ÿ˜

          Balas
  21. Tips Memfollow Blog Sahabat Blogger dan WordPress Indonesia | zunif.com4 bulan ago

    […] bilang saja saya sudah memfollow dan ingin menjalin persahabatan. Kalau memang blogger tersebut peka dan pengertian, sudah bisa dipastikan akan follow balik, dan dengan senang hati untuk blogwalking di blog […]

    Balas
  22. author

    Dyah4 bulan ago

    No. 2 dan no. 3 sih OK. Kalau soal sopan santun … bahasa di WA masih lebih bisa fleksibel dibandingkan email. Apalagi kalau dengan teman sendiri, bisalah bahasanya sesuka hati. Sebagai orang yang kerjanya di SDM, saya lebih sering gregetan kalau ada pelamar yang kirim surat lamaran lewat email, terus badan emailnya berisi kata-kata singkatan dan bahasa alay. (Minat melamar kerja atau tidak sih?) Kalau WA tengah malam, berhubung pernah bekerja untuk support-nya emergency response, ya biasa saja sih.

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif4 bulan ago

      wah pengalaman kerja yang bermanfaat kak untuk kita semua :mrgreen:

      Balas
  23. author

    Vendor Cetak4 bulan ago

    Untuk Pembicaraan yang penting dilakukan dengan menggunakan Voice call sehingga tidak terjadi salah paham. Chat yang biasa kita tuliskan terkadang tidak bs mewakili emosi kita saat itu sehingga memicu perdebatan yang tidak penting

    vendorcetak.com

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif4 bulan ago

      iya betul gan biar lebih fokus ngobrol nya ya :mrgreen:

      Balas
  24. Dari Mana WhatsApp Mendapatkan Uang? | zunif.com3 bulan ago

    […] kemudahan whatsapp dalam berkirim pesan menjadi alasan tersendiri bagi para pengguna nya. Untuk komunikasi sama teman dengan cara kirim pesan chat, foto, video, dan bikin status terbaru merupakan fitur-fitur menarik […]

    Balas
  25. Tipe dan Karakter Orang Yang Punya Hutang | zunif.com3 bulan ago

    […] tidak ada kabar. Susah juga kalau punya teman yang menghilang. Di sms, telpon, whatsapp, di messenger, disamperin ke rumah, juga tidak ada. Ibarat hilang ditelan bumi. Kalau ada teman […]

    Balas
  26. author

    Nurul Sufitri3 bulan ago

    Nah, ini dia. Suka sebel kalau tiba2 aku dimasukin ke WAG tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Mestinya ada info2 permisi2 dulu kan? Oh ya kalau krm pesan malam2 kadang iya sih tergantung sikon juga. Paling dibaca besoknya kalo si empunya hp udah tidur hehehe.

    Balas
  27. Trik WhatsApp: Menyembunyikan Akun Profil WA Saya | zunif.com3 bulan ago

    […] profil whatsapp agar tidak terlihat oleh publik, sehingga bisa lebih aman dalam memanfaatkan pesan instan terpopuler ini. Yuk mari simak ulasannya dibawah […]

    Balas

Silahkan Komentar