Cara Setting Halaman AMP Mobile Blog WordPress

127 views
Setting AMP di Blog WordPress Blogspot

Tampilan Postingan Blog Ketika Theme AMP Mobile Sudah Aktif

Cara Setting Halaman AMP Mobile Blog WordPress – Accelerated Mobile Page (AMP) merupakan inisiatif Google search untuk memberikan akses layanan bagi pengguna/user mesin pencari untuk lebih mudah dan lebih cepat dalam mengakses sebuah blog/website.

Bahkan Google mengutamakan blog/website AMP dalam mesin pencarinya, dan menempatkan blog/web AMP pada halaman pertama Google. Ini adalah peluang yang bagus bagi para blogger untuk memperoleh banyak pengunjung dari Google dengan cara mengaktifkan thema amp pada blog yang dimilikinya. Mungkin bisa dikatakan bahwa kecepatan loading blog adalah kunci seo google.

Untuk pengguna Blogger/Blogspot sejauh ini admin zunif.com belum menemukan trik tips tutorial untuk aktifkan thema amp dan setting amp, tapi untuk user WordPress.com, caranya hampir sama dengan WordPress selfhosted yang menggunakan hosting domain sendiri, hanya dengan sedikit setting pada desain tampilan mobile/hp pada blog wp.com.

Berikut ini zunif.com akan share langkah demi langkah bagaimana cara mengatur tampilan amp mobile hp agar seo friendly bagi blog wordpress selfhosted. Monggo bisa dilihat dengan seksama ya sahabat. Tutorial ini tidak hanya bisa diterapkan bagi para webmaster blogger, akan tetapi juga bagi para pelaku bisnis usaha online yang memanfaatkan media blog/website untuk memasarkan produknya di internet.

1. Pastikan sahabat sudah install plugin Jetpack by WordPress di blog anda, dan kemudian sinkronkan dengan Akun WordPress.com yang anda miliki.

Plugin Jetpack By WordPress Mantap

2. Pastikan sahabat zunif.com sudah install plugin AMP Official AMP plugin for WordPress di blog wp anda.

Install Setting Plugin AMP WordPress

3. Langkah selanjutnya silahkan setting plugin amp dengan cara klik menu AMP dan klik sub menu General seperti gambar dibawah ini. Kemudian sahabat zunif.com bisa memilih template mode (native, paired, classic), dan memilih Supported Templates (pos, laman, media). Kemudian silahkan klik tombol Simpan Perubahan.

Pengaturan Plugin Baru Amp Setelah Install

4. Langkah berikutnya setting Jetpack. Silahkan klik menu Jetpack, klik sub menu pengaturan, kemudian klik tab tulisan. Arahkan kursor mouse ke bawah sampai menemukan opsi peningkatan tema. Silahkan aktifkan tema Jetpack mobile dengan cara klik.

Setting Theme Mobile WordPress Jetpack

5. Langkah selanjutnya yaitu edit Desain/Tampilan mobile. Silahkan klik menu Tampilan dan klik submenu Sesuaikan. (Langkah ini juga bisa dilakukan oleh pengguna blog WordPress.com untuk mengaktifkan AMP Mobile blog anda)

Sesuaikan Tampilan Desain Template Hp WordPress

6. Maka akan muncul halaman sebagai berikut. Silahkan klik desain tampilan thema versi mobile, dan klik aktifkan Amp mobile seperti petunjuk berikut ini. (Blog WordPress.com juga bisa menerapkan cara ini untuk setting amp blog). Setelah itu silahkan klik tommbol Terbitkan/Telah Terbit.

Pengaturan Tema AMP Mobile WordPress

7. Apabila tahap demi tahapan selesai, silahkan tunggu waktu sekitar 3×24 jam untuk bisa di indeks sama mesin pencari Google mengenai theme amp yang sudah sahabat zunif.com aktifkan. Silahkan bisa dicek keyword blog melalui google search dengan hp anda setelah 3×24 jam.

Tips: Download, install, dan aktifkan Plugin WP Super Cache di blog wordpress anda agar AMP berfungsi dengan baik 🙂

Berikut adalah halaman hasil pencarian google tentang salah satu postingan blog zunif.com yang sudah muncul amp di google search. Terlihat ada tanda petir dibawah judul postingan. Hal tersebut menunjukkan thema amp blog zunif sudah aktif.

Accelerated Mobile Page (AMP) Google Indonesia

Penampakan Postingan Amp Mobile Blog Zunif di Google Search

Demikian tips trik langkah-langkah tutorial cara yang dapat dilakukan agar blog wordpress bisa muncul amp di google search engine, semoga bisa berguna bagi sahabat blogger indonesia semua.

Tags: #Blog WordPress #Cara Setting #Halaman AMP #SEO Friendly #Setting AMP #Theme Mobile

  1. author

    ratutips.com1 bulan ago

    jadi gini ya cara settingnya gak sesulit yang dibayangkan.. makasi ya kak infonya

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      iya gan, kalau dibayangkan kayaknya tambah sulit :mrgreen:

      Balas
  2. Cara Tes Apakah Blog Sudah Support AMP atau Belum | zunif.com1 bulan ago

    […] kemarin blog zunif.com berbagi informasi mengenai langkah langkah cara dan tips tutorial setting pengaturan amp blog wordpress, rasa rasanya ada yang kurang bila admin tidak share mengenai cara pengujian/tes blog apakah sudah […]

    Balas
  3. author

    anies1 bulan ago

    oh tak adalah susah mana pun ya mas…

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      iya lumayan sulit kak, perlu step by step :mrgreen:

      Balas
  4. author

    Ekopriantoblogs1 bulan ago

    Wah untuk wordpress ya,,,,saya masih pake blogger nih hehe

    Balas
  5. Cara Install SSL di Cpanel dan Pasang Https di Blog | zunif.com1 bulan ago

    […] aman adalah yang menggunakan https:// dan ada tanda gembok di address bar, apalagi ditambah dengan amp mobile, pasti blog tersebut akan dianggap aman dan bersahabat sama seo […]

    Balas
  6. Cara Membeli Paket Kuota Internet Bulanan Telkomsel | zunif.com1 bulan ago

    […] Paket Kuota Internet Bulanan Telkomsel – Sebenarnya tidak sulit untuk membeli kuota internet seluler telkomsel simpati ini. Sahabat zunif.com bisa membeli paket kuota melalui aplikasi telkomsel (cari […]

    Balas
  7. Theme Premium Recommended untuk Naikin Penghasilan Adsense | zunif.com3 minggu ago

    […] Loading ringan dan responsive menjadikan theme ini cukup laris dipakai para blogger Indonesia. Juga support AMP mobile, sehingga cocok untuk mengoptimalkan penghasilan adsense pada pengguna hp […]

    Balas
  8. The Power of Permalink (Link Internal Blog) | zunif.com2 minggu ago

    […] blog kita. Sehingga pengunjung tidak hanya buka 1 halaman saja, tapi juga bisa membuka beberapa halaman blog kita. Dan pada akhirnya akan meningkatkan jumlah tayangan halaman (pageview) […]

    Balas

Silahkan Komentar