Cara Menjadi Pegawai Negeri Sipil (CPNS)

232 views
Buku Panduan Belajar Latihan Soal Tes SKD dan SKB CPNS Terbaru

Buku Panduan Belajar Latihan Soal Tes SKD dan SKB CPNS Terbaru

Cara Menjadi Pegawai Negeri Sipil (CPNS) – Sebenarnya sahabat zunif.com sebelum menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) statusnya masih Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan gaji pokok 80%, baru setelah ikut Pra Jabatan, statusnya beralih ke PNS dengan gaji pokok 100%.

Menjadi PNS adalah mimpi sebagian besar warga masyarakat Indonesia, terbukti pada saat rekrutmen CPNS 2018 dengan jumlah kuota/formasi CPNS 200 ribu kursi (70 kementerian/lembaga negara dan 500 pemerintah daerah, jumlah pelamar/pendaftar CPNS mencapai 3 juta orang. Apakah sahabat zunif.com ikut daftar cpns juga tahun lalu?

Apa sebenarnya yang menjadi daya tarik sehingga banyak orang ingin jadi pegawai negeri sipil? Mungkin karena status PNS masih dianggap prestise dikalangan masyarakat, kondisi ekonomi masyarakat Indonesia masih lemah, gaji pokok pns lancar tiap bulan, jarang di PHK, tunjangan banyak, jenjang karir yang jelas, ada dana pensiun hari tua, dll.

Berikut ini admin zunif.com akan berbagi informasi mengenai berbagai cara agar saudara bisa menjadi CPNS di Indonesia.

Cara Menjadi Pegawai Negeri Sipil (CPNS)

1). Sekolah Dinas

Ada banyak sekolah ikatan dinas di Indonesia yang setelah lulus sekolah langsung diangkat menjadi CPNS. Biasanya sekolah ini menerima siswa baru dari lulusan SMA/MA/SMK. Jumlah pendaftar baru yang sangat banyak dengan jumlah kuota yang terbatas, sehingga persaingan semakin ketat. Adalah sekolah PKN STAN, IPDN, dan masih bangak lagi. Setelah anda lulus dari sekolah / kuliah kedinasan, sahabat zunif.com nggak perlu pusing atau repot-repot cari kerja, karena anda akan ditempatkan di instansi pemerintah dengan status CPNS bukan status tenaga honorer/kontrak/wiyata dll.

2). Pengangkatan Tenaga Honorer

Dahulu sebelum adanya reformasi birokrasi di Indonesia, pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS lazim dilakukan di berbagai instansi di Indonesia, baik hanya dengan cara mengumpulkan berkas administrasi atau dengan tes cpns formalitas. Tak heran jika dahulu yang bisa ngabdi di instansi pemerintah adalah orang-orang dekat pegawai pemerintah, dan setelah ngabdi beberapa tahun langsung bisa jadi pns otomatis. Orang luar dan tidak punya saudara/kerabat, susah untuk bisa kerja wiyata bakti karena nggak punya orang dalam. Perlu sahabat zunif.com ketahui bahwa era sebelum reformasi (jaman orde baru), warna partai cukup berpengaruh untuk bisa duduk di kursi pegawai pemerintah.

Sekarang ini memang sudah tidak ada pengangkatan otomatis cpns bagi tenaga honorer, karena hal itu bertentangan dengan Undang-Undang. Namun, percayalah pemerintah tidak menutup mata, dan pasti ada perhatian dan apresiasi bagi tenaga honorer yang sudah mengabdi puluhan tahun di instansi pemerintah dengan gaji kecil Rp 200/300 ribu per bulan. Jadi, bersyukurlah bagi sahabat zunif.com yang punya kesempatan kerja/mengabdi di instansi pemerintah, karena masih ada harapan untuk bisa jadi pns, entah esok atau nanti atau kapan, tetaplah bersabar menanti.

3). Tes Jalur Khusus Cpns

Tes jalur khusus ada berbagai macam jenis, mulai tes jalur khusus tenaga honorer K2 (sudah 10 tahun ngabdi di instansi pemerintah), jalur khusus cumlaude putra putri berprestasi IPK S1 >3,50 akreditasi prodi A akreditasi kampus A saat lulus, jalur khusus putra putri papua, atlet berprestasi, disabilitas, diaspora (WNI yang kerja di luar negeri), dan masih bangak lagi. Peluang bagus jalur khusus ini sahabat zunif.com cukup besar karena tingkat persaingan tidak terlalu tinggi. Hanya saja persyaratan administrasi yang lumayan berat. Jenis tes sama, ada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Namun ada juga yang tidak perlu ikut SKB seperti jalur khusus tenaga honorer K2, atlet berprestasi, dll.

4). Tes Jalur Umum Cpns

Adalah jalur tes umum yang paling sulit dan paling ketat tingkat persaingannya dalam rekrutmen CPNS. Karena jumlah pelamar kerja sangat banyak dan jumlah formasi yang sangat sedikit, ini terutama terjadi di Pulau Jawa yang meliputi Provinsi Dki Jakarta, Banten, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bayangkan 1 formasi diperebutkan oleh puluhan bahkan ratusan dan ribuan pelamar, luar biasa tingkat kompetisi nya. Untuk bisa lulus tes cpns melalui jalur seleksi umum ini sangat sulit sekali kalau sahabat zunif.com tidak benar-benar pandai dan beruntung/bejo.

Itulah sedikit informasi unik yang bisa dishare di blog zunif.com tentang Cara Menjadi Pegawai Negeri Sipil (CPNS), semoga bisa bermanfaat untuk saudara semua. Bagaimana pendapat sahabat zunif.com tentang rekrutmen cpns di Indonesia? Silahkan share pengalamanmu di kolom komentar ya sahabat πŸ˜‰

Tags: #CPNS Pemda #Daftar CPNS #Rekrutmen CPNS #Syarat CPNS #Tes CAT #Tes SKB #Tes SKD

  1. author

    Dwi Sugiarto2 bulan ago

    Jadi ingat waktu ikut seleksi PNS…dan nggak diterima akhirnya jadi blogger deh

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      tetap semangat gan dan terus berusaha πŸ˜€

      Balas
  2. author

    seocetek2 bulan ago

    ada beberapa sahabat yang beli buku seperti ini dan sangat ,membantu

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      mantap gan, tapi malas bacanya soalnya tebal banget πŸ˜€

      Balas
  3. author

    sondang Saragih2 bulan ago

    Aku dulu testing masuk dari jalur umum. 2005, angkatan pertama jalur umum pada era pemerintahan SBY.

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      wah selamat ya kak sondang saragih udah jadi pegawai negeri, semoga amanah πŸ™‚

      Balas
  4. author

    Anak Gblog2 bulan ago

    Saingan udah banyak banget bang, jadi gak tertarik malahan

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      iya gan, kalau yang saingannya kecil di luar pulau jawa πŸ˜€

      Balas
  5. author

    Kang Nata2 bulan ago

    sayang sekali nasib saya ngak bisa masuk PKN STAN, coba dulu bisa….saya yakin saya sudah PNS,hahahah….nasib…nasib….:)

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      nggak apa apa gan yang penting udah berusaha buat coba daftar stan ya πŸ™‚

      Balas
  6. author

    setiaji2 bulan ago

    Nasib saya berpihak lain gan hehehehe

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      tetap semangat gan setiaji πŸ˜€

      Balas
  7. author

    Smile2 bulan ago

    Jadi PNS sekarang sulit banget terlalu banyak saingannya walau sudah jadi tenaga honehon bertahun tahun belum tentu bisa jadi PNS.

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      betul gan persaingannya sangat berat, tapi honorer juga lumayan sih gan daripada nggak sama sekali πŸ˜€

      Balas
  8. author

    lantana hermosa2 bulan ago

    Jadi PNS memang lebih aman, , tapi banget ke sananya ya yah

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      iya kak, pns memang aman dan nyaman, kerjanya enak katanya πŸ˜€

      Balas
  9. author

    ratutips.com2 bulan ago

    berhubung umur dah tuir,, dah ga niatan pengen jadi pns huhu.. paling akan mengarahkan adik buat jadi pns kak

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      iya kak nggak apa-apa, mungkin adek masih bisa daftar ya πŸ™‚

      Balas
      • author

        ratutips.com2 bulan ago

        adek kayanya lelah bang liat proses rekrutmennya.. tapi balik lagi gimana rezeki2an yah..

        kalau dah rezekinya pasti dimudahkan..

        Balas
        • author
          Penulis

          zunif2 bulan ago

          iya kak, yang penting tetap semangat buat berusaha πŸ™‚

          Balas
  10. author

    iidYanie2 bulan ago

    Sudah lewat umur hehe, tapi kalau diizinkan jadi pns saya maunya jadi pns di kantor pusat aja hehe

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      wah di kantor pusat jakarta panas buk, lebih enak di daerah asal kita πŸ˜€

      Balas
  11. author

    kuanyu2 bulan ago

    wah, sanagt bermanfaat nih buat yang mau jadi PNS,..ea

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      iya gan, semoga saja bisa berguna bagi sahabat πŸ˜€

      Balas
  12. author

    anies2 bulan ago

    terlalu banyak saingannya ya? saya rasa mana2 negara pun alami problem yang sama

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      iya betul itu kak banyak persaingannya πŸ˜€

      Balas
  13. author

    Mechta2 bulan ago

    PNS di mana, kak? Hehe ..

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      belum pns kak πŸ˜€

      Balas
  14. author

    Fidy Sandri2 bulan ago

    Aku pernah ikut tes jalur umum PNS saat habis lulus S1 dulu. Banyak saingannya. Gelombang pertama nggak nembus ya udah nggak ikut lagi tes CPNS. Kapok .aku . Kerja swasta aja.hehehe. πŸ™‚

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      wah baru coba sekali kok udah kapok kak πŸ˜€

      Balas
  15. author

    Rizkyzone.com1 bulan ago

    Ntah kenapa yah dr dulu sampai sekarang saya kok gak minat yah jadi pegawai Negeri Sipil

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      wah keputusan yang baik itu gan πŸ˜€

      Balas
  16. Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Daftar CPNS | zunif.com1 bulan ago

    […] Terlebih lagi rentang tahun 2014-2017 ada moratorium (penutupan sementara) keran penerimaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Biasanya rekrutmen dilaksanakan setiap tahun […]

    Balas
  17. Persyaratan Penting Untuk Daftar CPNS | zunif.com1 bulan ago

    […] Penting Untuk Daftar CPNS – Untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di Indonesia hingga kini tidak mudah. Selain karena faktor tingginya persaingan diantara […]

    Balas

Tinggalkan Balasan ke zunif Batalkan balasan