Cara Memperpanjang Surat Ijin Mengemudi (SIM)

470 views
Bagaimana Cara Melakukan Perpanjangan SIM A, B, C

Bagaimana Cara Melakukan Perpanjangan SIM A, B, C

Cara Memperpanjang SIM Lama A, B, C – Bagi sobat zunif.com yang sudah punya kartu Surat Ijin Mengemudi (SIM) tentu perlu mengingat sampai kapan masa berlaku SIM tersebut. Pasalnya, kartu SIM tersebut hanya berlaku 5 tahun, sehingga sebelum masa berlaku habis, perlu diperpanjang agar sobat blogger indonesia bisa aman dan nyaman ketika melakukan bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil.

Seandainya masa berlaku SIM habis, maka sahabat zunif.com harus membuat SIM baru lagi. Meskipun tanpa tes lagi, tapi biaya untuk bikin SIM baru cukup besar, sehingga menguras kantong anda. Alangkah baiknya selalu dicek masa berlaku kartu SIM anda. Kebetulan admin sendiri memperpanjang SIM satu minggu sebelum masa berlaku SIM habis, sehingga aman dari denda itu.

Berikut ini admin zunif.com akan berbagi informasi untuk sahabat semua yang kebetulan sedang mencari informasi mengenai prosedur dan tata cara melakukan perpanjangan SIM di kantor polres, polresta, polrestabes di daerah tempat tinggal anda. Pastikan berbagai berkas dokumen dipersiapkan dengan baik, dan biaya administrasi juga disiapkan, agar tidak bolak-balik ke kantor polisi. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Persiapkan Syarat-Syarat Yang Diperlukan:

1. Polpen/Bolpoin
2. Foto kopi KTP 2 lembar
3. Foto kopi SIM Lama 2 lembar
4. Uang tunai 50 ribu untuk bayar tes kesehatan
5. Uang tunai 75 ribu untuk bayar perpanjangan SIM
6. Asli KTP
7. Asli SIM A/B/C

Langkah-langkah Memperpanjang SIM:

1. Tes kesehatan di poliklinik polres. Akan di tes buta warna, tes tinggi dan berat badan, dan kesehatan mata (minus). Anda akan mendapatkan surat keterangan sehat dari dokter polres. Bayar Rp 50.000,-
2. Ke loket 1 untuk penyerahan surat keterangan Sehat, foto kopi ktp, dan foto kopi Sim lama. Kemudian anda akan memeproleh formulir perpanjangan sim.
3. Isi formulir tsb sesuai contoh
4. Serahkan formulir perpanjangan sim yang sudah diisi ke Loket 2 dan kemudian bayar biaya perpanjangan Sim di loket 2. Bayar Rp 75.000,- di loket tsb (Bank BRI)
5. Tunggu sebentar. Anda akan mendapatkan nomor antrian di Loket 1.
6. Kemudian melakukan foto dan tanda tangan digital dan cap sidik jari digital di Loket 3. Dan jangan lupa juga menyerahkan sim lama asli dan nomor antrian di Loket 3.
7. Tunggu beberapa menit untuk mengambil Sim baru di Loket 4.

Begitulah kira-kira prosedurnya perpanjang sim. Butuh waktu 3 jam karena panjang nya antrian.

Sumber: pengalaman pribadi

Tags: #Bikin SIM #Kantor Polisi #Masa Berlaku #Perpanjangan SIM #SIM A #SIM B #SIM C #SIM Lama

  1. author

    rifihana6 bulan ago

    Aku selalu menghargai dan suka dengan informasi yang diambil dari pengalaman pribadi. 😄 Bermanfaat sekali, Mas. Tapi aku agak salfok ke gambarnya, kok emojinya cemberut. 😆

    Balas
  2. author

    Rafania AZ6 bulan ago

    Terima ksh infonya kak

    Balas
  3. author

    Aorlin's5 bulan ago

    wah ternyata mudah ya caranya.. saya pikir ribet.. mkasih iinfonya mas!

    Balas
  4. author

    Natshu5 bulan ago

    Membantu banget informasinya, terima kasih mas.

    Balas
  5. author

    arenapublik5 bulan ago

    aduh SIM C saya baru sadar sudah mati skg hehe

    Balas
  6. author

    Laflink.com4 bulan ago

    Wah SIM saya kelewat mas.. tanggal 22 Januari 2020 lha saya bikirnya expired 2021 jd gak ngecek, pas ada orang ngomongin SIM saya ngecek waladalah ternyata 2020 expirednya.. Terpaksa meski bikin baru lagi mana mahal bingits 750k hemmb..

    Balas
  7. author

    Himawan Sant4 bulan ago

    Membaca artikel ini pas banget aku lagi cari-cari info detilnya persyaratan memperpanjang SIM.
    Terimakasih infonya, mas.

    Balas
  8. author

    Bang Day4 bulan ago

    Bang Zunif jarang keliatan nih

    Balas
  9. author

    Michael David1 bulan ago

    Apa daya daku yang nda punya SIM wkwkwkwkwkwk :v.

    Balas

Silahkan Komentar