Bullying – Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri, Bentuk, Dampak

122 views
Konsep Dasar Pengertian Bullying Adalah

Konsep Dasar Pengertian Bullying Adalah

Bullying – Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri, Bentuk, Dampak – Bullying atau perundungan adalah tindakan agresif dalam bentuk verbal, psikososial, maupun fisik yang dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok dan dilakukan secara berulang-ulang disertai ketidak seimbangan kekuatan antara pelaku dan korban.

Ada empat peran dalam perundungan: korban, bullies (pelaku perundungan), bully-victim (menjadi pelaku dan juga korban), dan netral (tidak termasuk dari ketiga kelompok tersebut). Korban perundungan biasanya adalah seseorang yang dianggap lebih lemah atau tidak berdaya dan menerima berbagai bentuk kekerasan.

Siswa dengan kemampuan akademis yang buruk atau memiliki bentuk fisik yang berbeda cenderung menjadi korban perundungan. Korban bisa juga mereka yang identitas nya inferior dan berbeda, baik secara fisik maupun pemikiran.

Sebaliknya, pelaku perundungan biasanya adalah seseorang yang agresif, menganggap kekerasan adalah hal yang positif, dan merupakan tokoh popular di sekolah. Bully-victim biasanya cenderung lebih agresif dari anak lain.

Perundungan bukanlah hal yang asing di sekolah dimana siswa membuat jengkel teman sekelasnya. Perundungan sering diasumsikan sebagai sekedar main-main atau candaan, terutama oleh anak laki-laki.

Bullying memiliki berbagai bentuk. Secara fisik meliputi pukulan, tendangan, dorongan; bullying secara verbal dapat berupa panggilan yang tidak baik, ejekan ataupun perkataan bernada seksual.

Bullying secara relasi dan sosial seperti pengucilan, sindiran, atau menyebarkan berita bohong lebih sering dilakukan oleh anak perempuan, sedangkan anak laki-laki cenderung melakukan perundungan verbal dan fisik karena perbedaan jenis kelamin, agama, dan lainnya.

Perundungan properti dilakukan oleh pelaku dengan mengambil paksa, merusak, ataupun menghilangkan barang yang dimiliki oleh korban secara sengaja.

Perkembangan teknologi juga turut memperluas jangkauan bullying lewat dunia maya yang dikenal sebagai cyberbullying. Perundungan di dunia maya dapat berupa mengirim gambar yang menyakitkan, mempermalukan korban di social media, sengaja menjauhi korban di percakapan chat group, ataupun menyebarkan video korban yang sedang dipermalukan.

Tindakan lain yang termasuk perundungan siber adalah pertengkaran di sosmed, pembuatan akun palsu korban, tipu daya dan penguntitan.

Tindakan bullying dapat memicu stress dan mempengaruhi kesehatan baik fisik maupun emosional. Dampak terburuk dari perundungan adalah bunuh diri.

Referensi:
1. Dupper, D. R. (2013). School Bullying: New Perspectives on a Growing Problem. Oxford: Oxford University Press.
2. Zahra, A. A., & Haq, A. L. A. (2019). Intensi pelaku perundungan (bullying): Studi fenomenologis pada pelaku perundungan di sekolah. Psycho Idea, 17(1), 67-76.
3. Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Jurnal Penelitian dan PPM, 4(2), 324-330

Tags: #Bentuk Bullying #Bullying Adalah #Ciri-Ciri #Dampak Bullying #Jenis Bullying #Pengertian Bullying

  1. author

    Fakhrezy3 minggu ago

    Dampak bully itu kalo ga kuat yang menerima bully berbahaya. kalo kuat akan termotivasi πŸ™‚

    Balas
    • author

      kuanyu3 minggu ago

      Bagi yang sering dibully,..siapkan aja barbel satu kiloan,..lempar ke kepala sang pelaku πŸ˜‚πŸ˜‚

      Balas
    • author

      Himawan Sant2 minggu ago

      Menganggap kekerasan adalah hal yang positif πŸ€” ?

      Wuaaah .., menakutkan sekali karakter orang seperti itu 😱 !

      Pantas dijauhi saja berteman dengan karakter seperti itu.

      Balas
  2. author

    kuanyu3 minggu ago

    Yang suka melakukan aksi bully ada baiknya dibully,..biar tahu bagaimana rasanya dibully,..ea πŸ˜€πŸ˜‚

    Balas
    • author

      Himawan Sant1 minggu ago

      Menurutku iya.
      Bukan dendam sih menurutku, setidaknya buat ngasi contoh pembelajaran ke si pelaku bullying agar tau gimana rasa sakitnya disikapi begitu.

      Balas
  3. author

    Reyne Raea3 minggu ago

    Sampai orang dewasa pun kadang ga nyadar ngebully, seperti mengupload foto yang gak oke milik teman.
    KAdang buat lucu-lucuan aja, tapi ga nyadar orang lain tersinggung

    Balas
  4. author

    Jalan dan Makan3 minggu ago

    udah jadi trend kayaknya saat ini bully ini

    Balas
  5. author

    UmmuSh3 minggu ago

    Kadang orang yang melakukan tindakan bully itu karna ingin menunjukkan ke-eksistensi-annya saja, atau krna membully dianggap menyenangkan. Sad.

    Balas
  6. author

    anies2 minggu ago

    sekarang cyber bully paling banyak berlaku… tapi dalam hal ini, ia seperti baling batu sembunyi tangan

    Balas
  7. author

    ellafitria2 minggu ago

    tp jujur, bullying ini susah banget lepas dari kehidupan sehari2.. apalagi di lingkungan sekolah, pasti ada hal2 gini πŸ™

    Balas
  8. author

    Fanny Fristhika Nila1 minggu ago

    selalu berdoa, semoga anak2u dijauhin dari segala macam aksi bully kalo mereka udah sekolah nanti.. dan yg pasti skr ini aku tekanin trus apa efek dari bullying itu sendiri.., ga mau juga mereka jd salah satu pelaku ;( . makanya didikan dari rumah udah harus bener di awa

    Balas
  9. author

    Fakhrezy6 hari ago

    semoga kita semua nanti mengajarkan hal positif terus mas πŸ™‚

    Balas
  10. author

    san6 hari ago

    Saya teringat saat masuk sma, saya langsung dibully sama seorang siswa baru yang badannya cukup besar. Eh ujung-ujungnya dia jadi teman akrab saya

    Balas
  11. author

    Iidyanie5 hari ago

    Dulu pernah kena bully verbal sama temen waktu sekolah dan kuliah, tp gak bisa buat apa2 krn rasa lemah tak berdaya, tp skrg klo ada yg bully verbal ya saya bales aja lgsg πŸ™‚

    Balas
  12. author

    Dyah5 hari ago

    Gimana bullying secara online nggak populer, kalau ada postingan yang membully, malah viral. Apa pada dasarnya orang suka ingin berkuasa dengan cara merendahkan orang lain, ya?

    Balas
  13. author

    Cherrysfi4 hari ago

    Aksi bully sering terjadi di dunia sekolah. Pelaku bully bersifat sangat agresif sengaja menekan korban secara mental dan fisik.
    Perlakuan bully sangat tidak manusiawi dan harus dilaporkan kepada guru bahkan bila sudah sangat keterlaluan merugikan korban, perlu dilaporkan ke pihak yang berwajib.
    Agar para pelaku bully mendapat pelajaran.

    Balas

Silahkan Komentar