Alur Pendaftaran CPNS dari Awal Sampai Akhir

127 views
Alur Proses Pendaftaran CPNS dari Tahap Awal Sampai Pengumuman Akhir

Alur Proses Pendaftaran CPNS dari Tahap Awal Sampai Pengumuman Akhir

Alur Pendaftaran CPNS dari Awal Sampai Akhir – Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selalu dinanti-nantikan oleh masyarakat Indonesia. Tak heran jika tes rekrutmen CPNS tahun 2017 dan 2018 dibanjiri oleh jutaan pelamar. Ada pelamar yang lulus, tapi tidak sedikit juga yang gagal.

Bagi sahabat zunif.com yang sudah dapat bocoran bahwa tahun 2019 ini akan ada seleksi penerimaan CPNS, pastikan bahwa anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Bagi sahabat yang baru kali pertama mau ikut daftar CPNS tahun ini, mungkin informasi dibawah ini bisa dijadikan sumber referensi dan pengetahuan untuk persiapan diri agar tidak kaget.

Proses seleksi CPNS kalau menengoak tahun sebelumnya bisa memakan waktu hampir 4 bulan lamanya. Mulai dari pendaftaran awal sampai pengumuman akhir kelulusan. Hal itu dikarenakan jumlah pendaftar yang luar biasa banyak, sehingga pemerintah sebagai pihak panitia penyelenggara seleksi cpns perlu membutuhkan sedikit banyak waktu untuk mempersiapkan, melaksanakan, dan menentukan hasilnya.

Berikut ini adalah sedikit bocoran alur seleksi penerimaan CPNS dari awal sampai akhir yang sudah pernah admin zunif.com lalui pada proses rekrutmen CPNS tahun-tahun sebelumnya. Kurang lebih hampir sama dengan alur rekrutmen tahun ini.

Alur Pendaftaran CPNS dari Awal Sampai Akhir

1.Pengumuman Rekrutmen CPNS. Pengumuman pembukaan keran rekrutmen CPNS dimulai dengan pengumuman dari instansi masing-masing melalui alamat website. Misalnya dari pemerintah kabupaten (pemkab, pemkot, pemprov) dan kementerian. Pengumuman tersebut berisi tentang syarat pendaftaran, formasi, waktu pelaksanaan, tahapan seleksi, dan penentuan kelulusan. Jadi, regulasi permenpanRB itu sebenarnya adalah aturan sebagai panduan bagi instansi yang membuka rekrutmen CPNS.

2.Pendaftaran Online di SSCN BKN. Waktu pendaftaran ada batasannya. Biasanya hanya 2 minggu. Jadi, pastikan sahabat zunif.com mempersiapkan berkas dokumen persyaratan jauh-jauh hari, dan juga apply pendaftaran pada waktu yang tepat, alias tidak telat. Jangan lupa berkas dokumen di scan untuk kemudian unggah soft file di akun sscn bkn.

3.Pengiriman Berkas Dokumen. Tidak semua instansi pemerintah mengharuskan pelamar untuk mengirim berkas lamaran fisik. Tapi ada beberapa yang mewajibkan kirim berkas fisik seperti kemenag, kemendikbud, kemenristekdikti, dll. Jasa pengiriman pun sudah ditentukan harus menggunakan pos indonesia, karena alamat tempat tujuan pengiriman menggunakan PO BOX.

4.Seleksi Administrasi. Siapa yang melakukan seleksi administrasi? Yang jelas adalah pemerintah sebagai pihak penyelenggara rekrutmen CPNS. Mereka akan memilih dan meloloskan peserta yang memenuhi syarat administrasi, seperti kelengkapan berkas dokumen, kualifikasi pendidikan, dan formasi jabatan.

5.Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi. Apabila sahabat zunif.com melakukan pendaftaran dengan benar dan persyaratan lamaran berkas lengkap dan sesuai antara formasi jabatan dan kualifikasi pendidikan, anda tidak perlu cemas, karena hampir bisa dipastikan lolos seleksi administrasi. Jika pemerintah sudah mengumumkan hasil seleksi admin, dan anda dinyatakan lolos, maka bersiaplah untuk menuju tahapan seleksi berikutnya, yaitu tes SKD berbasis CAT.

6.Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tes SKD ini berisi 100 soal yang terbagi menjadi 3 sub tes didalamnya, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelegensi Umum (TIU) 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal. Pelaksanaan tes SKD menggunakan Computer Assisted Tes (CAT), bukan pakai kertas ya kak. Jadi, setelah sahabat zunif.com rampung menyelesaikan tes SKD, skor nilai langsung muncul di layar monitor komputer.

Berapa skor minimal agar lolos passing grade SKD? Tahun sebelumnya adalah 298 yang terdiri dari TWK: 75, TIU: 80, dan TKP: 143. Jika sahabat zunif.com skornya lebih dari itu dan kebetulan kompetitor anda tidak ada yang lolos, maka hanya anda yang berhak maju ke babak selanjutnya.

Namun, jika ternyata dalam satu formasi yang lulus passing grade ada banyak, maka akan dirangking atau dibuat peringkat dengan cara diambil 3 kali jumlah formasi. Oleh karena itu, sahabat zunif.com harus bisa menjadi ranking satu dalam formasi anda dengan skor maksimal.

7.Pengumuman Hasil Seleksi SKD. Adalah moment yang cukup mendebarkan bagi sebagian besar pelamar, terutama yang lolos passing grade. Karena dari pengumuman inilah sahabat zunif.com bisa tahu apakah berhak lanjut ke tahapan seleksi berikutnya atau tidak. Selain itu, dari pengumuman ini, anda bisa tahu siapa-siapa saja yang akan menjadi kompetitor anda di tes SKB.

Bagi pelamar yang sudah tidak lolos passing grade SKD sejak awal, ada kemungkinan kecil untuk bisa maju ke babak selanjutnya. Seperti misalnya ada keajaiban seperti terbitnya permenpanRB baru yang menyelamatkan anda.

8.Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Adalah tes untuk mengetahui kemampuan pelamar dalam bidang pekerjaan yang dilamar (formasi jabatan). Tes SKB bisa berupa CAT, bisa juga berupa tes paper, tes wawancara, psikotes, tes kesamaptaan, tes microteaching, dll. Pastikan jika sahabat zunif.com diberi kesempatan mengikuti SKB, agar bisa mempersiapkan diri dengan baik. Karena bobot skor SKB cukup besar, yaitu 60% untuk SKB dan 40% untuk SKD.

Biasanya tes SKB dilaksanakan di tempat instansi yang dilamar. Jika ternyata lokasi instansi jauh, maka jauh-jauh hari sahabat zunif.com bisa menuju kesana sebelum hari H, agar tidak terlambat dalam mengikut tes SKB ini.

9.Pengumuman Hasil Akhir. Adalah pengumuman kelulusan tahap akhir dari serangkaian tes seleksi. Informasi yang disampaikan adalah daftar nama peserta dan nilai masing-masing peserta. Daftar nilai tersebut hasil integrasi skor SKD dan SKB dan kemudian dibuat peringkat. Bagi sahabat zunif.com yang lulus sampai tahap akhir, saya ucapkan selamat. Dan bagi sobat yang tidak lulus, jangan berkecil hati, tetap semangat kawan, karena anda masih punya kesempatan untuk mengikuti tes rekrutmen CPNS tahun depan, jika usia masih memungkinkan.

10.Pemberkasan. Proses pada tahapan ini hanya untuk pelamar yang sudah dinyatakan lulus tahap akhir. Jadi, sahabat zunif.com perlu mempersiapkan kelengkapan berkas dokumen yang diminta oleh instansi tempat anda melamar, karena waktu untuk pemberkasan biasanya tidak banyak. Tujuan pemberkasan adalah sebagai permohonan usulan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP). Jadi, turun nya NIP dan SK CPNS mungkin bisa memakan waktu sampai berbulan-bulan. Sehingga sahabat zunif.com perlu bersabar ya kak.

Demikian informasi yang bisa dishare di blog zunif.com tentang proses dan alur seleksi penerimaan CPNS. Semoga bisa bermanfaat untuk sahabat blogger yang sedang membutuhkan informasi ini.

Tags: #Alur Pendaftaran #Formasi CPNS #Formasi PPPK #Pengumuman Akhir #Rekrutmen Pegawai #Tahap Awal

  1. author

    sofyan2 bulan ago

    Ini info bagus dan bermanfaat buat calon pegawai negeri. Cuma kalau sudah jadi jangan malas melayani masyarakat.

    Balas
    • author

      anies2 bulan ago

      saya rasa sikap malas melayani masyarakat ini ada di mana2 sahaja kecuali mereka yang betul2 memikul amanah dan bertanggungjawab

      Balas
  2. author

    anies2 bulan ago

    p/s saya belum post hadiah lagi sebab saya tunggu response daripada mas kuanyu. tapi kalau masih belum dapat apa-apa response saya akan proceed untuk post hadiah mas dulu. bukan apa, jarak dari rumah ke post office agak jauh. jadi kalau dapat post hadiah serentak lebih baik… maaf ya…

    Balas
  3. author

    Aul Howler2 bulan ago

    Good luck! Semoga rezeki!
    Alhamdulillah rezeki aku sudah, awal tahun ini hehehe

    Balas
  4. author

    Nita tiwi2 bulan ago

    Sekarang prosesnya lumayan puanjNg y tuk jd abdi negara, dibutuhkan pejuang yg tangguh sampe mendapat goal posisi pns yg diinginkan, klo ga salah istilHnya skrg jd asn y

    Balas

Silahkan Komentar