Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Daftar CPNS

217 views

motivasi masyarakat memilih melamar kerja sebagai pegawai negeriAlasan Daftar CPNS – Animo masyarakat Indonesia untuk melamar CPNS hingga kini masih cukup tinggi. Terlebih lagi rentang tahun 2014-2017 ada moratorium (penutupan sementara) keran penerimaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Biasanya rekrutmen dilaksanakan setiap tahun sekali.

Oh iya kabar nya tahun 2019 ada rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan CPNS ya? Menurut pemberitaan media online tahun ini ada seleksi PPPK 2 kali (awal dan pertengahan tahun) dan CPNS 1 kali (akhir tahun). Mudah-mudahan saja kabar tersebut benar, sehingga bisa memberikan angin segar dan kesempatan bagi sobat zunif.com masyarakat indonesia yang belum lolos tes CPNS tahun-tahun sebelumnya.

Menurut informasi yang dihimpun admin zunif.com dari situs berita kompas.com, bahwa tahun 2017 penerimaan CPNS (60 kementerian dan 1 pemda) periode 1 dan periode 2 formasi yang dibuka sekitar 36.000 kursi. Yang daftar mencapai 2.000.000 orang lebih. Tahun 2018 penerimaan CPNS (70 kementerian dan 500 pemda) formasi yang dibutuhkan sekitar 230.000 kursi. Yang daftar sekitar 3.000.000 orang lebih.

Banyak sekali berbagai motivasi masyarakat ingin usaha menjadi pegawai negeri sipil. Karena alasan-alasan yang melatarbelakanginya. Salah satunya adalah faktor ekonomi masyarakat Indonesia yang dinilai masih pada tingkat menengah kebawah. Namun, secara garis besar sahabat zunif.com, alasan logis dan realistis warga negara indonesia melamar CPNS adalah sebagai berikut.

Alasan-Alasan Masyarakat Daftar CPNS

1.Keinginan orangtua. Tidak dapat dipungkiri bahwa orang tua cukup berperan penting dalam penerimaan CPNS. Tidak sedikit para pelamar yang daftar apply ikut CPNS karena disuruh kedua orangtuanya. Karena orangtua ingin melihat anaknya jadi pegawai dengan pekerjaan mapan, sehingga menjadi PNS adalah pilihan yang tepat bagi sahabat zunif.com.

2.Ingin memanfaatkan ilmu di bangku kuliah. Tepat sekali bahwa dalam rekrutmen CPNS harus sesuai antara formasi yang dibutuhkan dengan kualifikasi pendidikan pelamar. Sehingga ilmu yang sudah dipelajari di bangku kuliah selama bertahun-tahun bisa digunakan dalam bidang pekerjaan yang sesuai di instansi pemerintahan.

3.Gaji tetap dan tunjangan besar. Ada gaji tetap bagi pegawai negeri setiap bulannya, plus ditambah dengan tunjangan yang tidak sedikit. Apalagi sekarang ada tunjangan sertifikasi bagi guru dan dosen serta ada tunjangan kinerja yang jumlahnya fantastis. Belum lagi kalau sudah punya jabatan eslon, pasti sahabat zunif.com akan memperoleh tunjangan jabatan. Dan hal paling menarik adalah SK pengangkatan PNS ini ternyata bisa dipakai untuk ambil rumah, mobil, sepeda motor dll.

4.Jenjang karir yang jelas. Semua tugas dan tanggung jawab PNS diatur oleh undang-undang. Tak terkecuali dengan jenjang karir PNS. Jenjang karir PNS biasanya dimulai dari yang paling rendah sebagai staff, dan jika kinerja nya bagus dan berprestasi akan naik ke jenjang yang lebih tinggi. Misalnya sahabat zunif.com jadi guru PNS, kalau kinerja bagus akan naik ke wakil kepala sekolah, kepala sekolah, pengawas sekolah, kepala sub/bagian dinas, dan kepala dinas.

5.Dana pensiun atau tunjangan hari tua. Sebagai bentuk tanda terimakasih dari pemerintah atas pengabdian para pegawai PNS, maka sahabat zunif.com yang sudah pensiun akan diberikan tunjangan hari tua bagi PNS yang sudah memasuki purna tugas. Usia 60 tahun ketika pegawai sudah pensiun dan tidak bekerja lagi, mereka akan tetap mendapatkan gaji setiap bulan dari pemerintah.

6.Jarang pns dipecat. Sangat jarang ada berita mengenai pemecatan/pemberhentian PNS, karena memang untuk memecat PNS tidak mudah. Ada mekanisme dalam memberikan sanksi terhadap PNS yang melanggar aturan. Mulai dari yang ringan seperti peringatan, teguran, mutasi, penundaan kenaikan pangkat, turun jabatan, dan sanksi berat berupa pemecatan. Hal ini tentu berbeda ketika sahabat zunif.com bekerja di instansi swasta/perusahaan/yayasan, jika instansi bangkrut saja, maka sudah panik karena biasanya ada pemecatan massal.

Apakah sahabat zunif.com tertarik untuk melamar CPNS? Share pengalaman anda di kotak komentar. Jangan lupa share bagikan post ini ke sosial media facebook dan twitter agar teman-teman mu bisa membacanya.

Tags: #Alasan Mengapa #Banyak Orang #CPNS 2019 #Daftar CPNS #Formasi CPNS #Ingin PNS #Pegawai Negeri

  1. author

    kuanyu1 bulan ago

    Jadi lebih ke gaji ya gan,..karena kalau gaji tetapkan orang tua pasti bangga anaknya bukan pengangguran lagi, ya walaupun dapat akhir bulan dan habis akhir bulan,…he-he,..kecuali yang jabatannya udah tinggi ya gan

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      kalau besaran gaji, masih kalah sama wiraswasta gan, mungkin status sosial masyarakat yang membedakan antara yang pns dan tidak, ini terutama terjadi dan berlaku di desa 😀

      Balas
  2. author

    Dwi Sugiarto1 bulan ago

    Mungkin lebih terjamin kesejahteraannya jadi banyak yang minat

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      iya gan, lebih terjamin karena diperhatikan oleh pemerintah kalau sudah diangkat jadi pegawai ya 😀

      Balas
  3. author

    ratutips.com1 bulan ago

    pns kata emak masa depan cerah.. tapi gatau kenapa saya lebih asik di swasta.. merasa semakin berkembang hehehe

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      iya kak, mungkin pandangan orang tua dan anak tidak sama ya, mungkin tergantung yang menjalani nya nyaman kerja dimana getu ya 😀

      Balas
  4. author

    san1 bulan ago

    Kalau menurut temen saya sih jadi pns itu aman mas, gaji mungkin tidak gede2 amat tapi semua kebutuhan hidup bisa terpenuhi

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      wah mantap itu gan, bisa memotivasi sahabat semua ya 😀

      Balas
  5. author

    Sopyan nc1 bulan ago

    Kayaknya secara periode kerja nya panjang sampai hari tua tidak seperti kerja swasta walau diangkat karyawan blum tentu sampai tua

    Tapi itu lah susah nya jadi pns hehe

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      iya gan, tingkat persaingannya luar biasa 😀

      Balas
  6. author

    Suryani Palamui1 bulan ago

    Saya sendiri sebenarnya ngga pengen jadi PNS. Tapi denger semua orang yang selalu membangga-banggakan PNS jadi bikin saya stres juga kalo ngga jadi PNS. Hmm. Sampai sekarang sih niatnya pengen jadi Blogger aja sayanya mas. Semoga bisa kalahin gaji PNS. Aamiin 🙂

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      iya kak, kalau ada peluang bisa dicoba buat daftar, yang penting kita burusaha dan berdo’a ya 😉

      Balas
  7. author

    Blog Hobi1 bulan ago

    Alhamdulillah, dah jadi PNS 😀

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      wah selamat gan blog hibi, jangan lupa syukuran makan-makan ya 😀

      Balas
  8. author

    iidYanie1 bulan ago

    Saya waktu awal lulus kuliah sih tertarik buat jadi pns, tapi seiring waktu malah gak tertarik tuh, mungkin karena sistem kerjanya yg agak santai yg kurang saya suka

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      wah ternyata ketertarikan seseorang bisa berubah ya kak 😀

      Balas
  9. author

    Webillian1 bulan ago

    Biasanya sih yg diincar adalah gaji, karir, dan pensiunnya.. Istilahnya jadi pns itu pekerjaan zona nyaman

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      iya gan, bisa jadi getu 😀

      Balas
  10. author

    anies1 bulan ago

    alasan nombor satu memang tidak boleh dielak. saya juga hadapi situasi sama dahulu. tapi syukur orang tua boleh terima kerja saya sekarang…

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      iya kak, keinginan orang tua memang perlu kita dengarkan dan perhatikan ya 🙂

      Balas
  11. author

    UmmuSh1 bulan ago

    Yup, nomor satu sama lima itu alasan yang paling sering saya temui.
    Tapi saya sendiri belum tertarik meskipun keluarga banyak yang menyarankan.
    Rasanya pengen nyoba yg lain saja. Tp gak tau lagi kedepannya. hehe

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      iya gak apa apa kak kalau belum tertarik 😀

      Balas
  12. author

    Reyne Raea1 bulan ago

    Kalau ortu saya sengaja nyuruh kami jadi PNS karena ada pensiunnya, terjamin sampai hari tua, eh sampai mati malah 😀

    Emang bener sih, ortu saya, meski gak masuk golongan orang wah, tapi Alhamdulillah mereka ga membebani kami anak2nya 🙂

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      wah perlu disyukuri ya kak punya ortu yang baik dan perhatian getu ya 🙂

      Balas
  13. author

    Fidy Sandri1 bulan ago

    Alasan orang ingin menjadi PNS karena gaji tetap dan adanya dana pensiun dan tunjangan hari tua.
    Aku dulu pernah ikutan test CPNS nggak lolos. Habis itu kapok nggak ikut test CPNS lagi. Mending swasta aja. Hehehe..

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      wah tetap semangat kak, swasta nggak apa-apa yang penting hasil halal dan berkah ya 🙂

      Balas
  14. author

    seocetek1 bulan ago

    saya Alhamdulillah sudah 14 tahun jadi PNS bang ya hidup sederhana yang penting berkah

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif1 bulan ago

      wah selamat gan udah jadi pns, jangan lupa sedekah ya gan 🙂 😀

      Balas

Tinggalkan Balasan ke iidYanie Batalkan balasan