Alasan Memilih Jurusan IPA di Sekolah SMA

322 views
Alasan Memilih Jurusan IPA di SMA

Alasan Memilih Jurusan IPA di SMA

Alasan Memilih Jurusan IPA di Sekolah SMA – Masa masa paling indah, masa masa di sekolah. Tiada kisah paling indah, kisah kasih di sekolah. Lirik lagu ini memang mengena banget, terutama buat sahabat zunif.com yang sudah lulus sekolah. Karena baru sadar ternyata masa sekolah adalah masa yang paling indah, tanpa beban, dan bahagia bisa berkumpul bersama teman saat suka maupun duka. Hehehe

Kita kembali ke topik bahasan. Jadi, dalam kesempatan kali ini admin zunif.com akan berbagi informasi yang lumayan penting untuk sahabat semua yang akan/sedang sekolah SMA. Di sekolah SMA, biasanya ada 3 jurusan utama, yaitu IPA, IPS, dan Bahasa.

Dahulu, saat admin zunif.com sekolah SMA, proses pemilihan jurusan terjadi saat kenaikan kelas, dari kelas 2 menuju ke kelas 3. Saat ini, proses pemilihan jurusan ada di awal masuk sekolah, yakni kelas 1 atau 10 SMA.

Ada banyak faktor dan berbagai pertimbangan untuk memilih jurusan di SMA. Salah satunya prospek dan manfaat untuk masa depan. Siswa bebas memilih jurusan apa saja. Tapi admin zunif.com memberikan rekomendasi untuk memilih jurusan IPA saat di SMA. Ada beberapa alasan logis yang melatarbelakangi pemilihan tersebut, diantaranya adalah:

Alasan Memilih Jurusan IPA di Sekolah SMA

1.Dasar-dasar Matematika dan Sains. Di jurusan IPA SMA, sahabat zunif.com akan belajar Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, dll. Fokus utama memang ilmu hitung-hitungan dan sains ilmu alam. Ilmu-ilmu ini sangat penting sekali untuk membekali diri agar mengetahui dasar-dasar matematis. Toh, jika anda pilih jurusan IPS juga akan menjumpai mapel matematika bukan? Jadi, kenapa nggak terjun langsung ke jurusan IPA saja.

2.Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Baik di jurusan IPA ataupun IPS, ada mapel matematika yang diujikan dalam UNBK. Orang IPS biasanya akan sedikit mengalami kesulitan saat mengerjakan tes matematika. Tapi bagi siswa jurusan IPA, matematika dan kawan-kawan tidak begitu sulit baginya, karena sudah menjadi makanan pokok sehari-hari.

3.Tes Masuk Perguruan Tinggi. Untuk bisa masuk ke perguruan tinggi, bagi yang melanjutkan studi kuliah, pasti akan menjumpai tes, misalnya tes SNMPTN, SBMPTN, tes sekolah kedinasan dll. Nah, disitu pasti ada ujian matematika. Bagi siswa yang berasal dari jurusan IPA, tidak akan mengalami kendala untuk mengatasi tes itu, tapi bagi siswa jurusan IPS, wah bisa pusing hehehe

Selain itu, peluang untuk bisa masuk ke perguruan tinggi juga cukup besar bagi siswa lulusan IPA SMA. Biasanya anak IPS akan memilih jurusan IPS di kampus (Sejarah, Ekonomi, Hukum, Geografi, dll). Jarang anak IPS milih jurusan kuliah IPA (Fisika, Biologi, Kimia, Matematika) kedokteran dan teknik. Padahal tes masuk ke perguruan tinggi pasti ada matematika. Ini peluang besar bagi anak IPA untuk bisa masuk ke jurusan sosial di kampus, karena kompetitor nya kebanyakan anak IPS.

4.Riset Penelitian Skripsi. Tugas akhir kuliah biasanya menggarap skripsi bagi mahasiswa agar proses studinya rampung. Lagi-lagi dalam penyusunan skripsi, ada statistik untuk olah data penelitian. Misalnya uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, uji regresi, dll. Ini berlaku bagi sahabat zunif.com yang mengambil penelitian kuantitatif. Kalau penelitian kualitatif lain cerita ya kak.

5.Tes Memperoleh Pekerjaan (CPNS). Salah satu tes yang diujikan dalam rekrutmen CPNS adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT). Didalam SKD adalah sub tes wawasan kebangsaan (TWK), ada tes Intelegensi Umum (TIU), dan ada tes karakteristik pribadi (TKB). Lagi-lagi disitu ada tes hitung-hitungan (matematika) yang harus dikerjakan oleh sahabat zunif.com agar bisa lolos dan jadi pegawai negeri.

Itulah informasi yang bisa dishare admin zunif.com untuk sahabat semua. Semoga artikel ini bisa berguna buat anda yang membacanya. Jangan lupa untuk klik share bagikan postingan ini melalui facebook, twitter, dan telegram, agar teman-teman anda mengetahuinya.

Tags: #Alasan Mengapa #Daftar Sekolah #Jurusan IPA #Memilih Jurusan #Sekolah SMA #Tips Bagus

  1. author

    Andrie Kristianto4 bulan ago

    Pengennya masuk IPA malah dapetnya IPS :(, dan sekarang ngambil jurusan informatika, auto ssenenggggg

    Balas
  2. author

    Dyah4 bulan ago

    Ambil jurusan Bahasa, kalau ada bahasa Mandarin atau Jepang atau yang lain (bukan Inggris) juga OK. Masalah otak ya, kalau bisa masuk jurusan Hubungan Internasional dan lolos ujian Kemenlu, bisa sukses jadi diplomat. Matematikanya cukup yang praktis seperti di pelajaran manajemen, nggak usah yang ribet.

    Balas
  3. author

    sabdaawalblog4 bulan ago

    dulu sekolah di SMA IPA, karena memang unggul sama pelajaran IPA, tapi suka pelajaran IPS terutama ekonomi dan akuntansinya

    Balas
  4. author

    anies4 bulan ago

    mas pasti mahir matematik, bukan?

    Balas
  5. author

    UmmuSh4 bulan ago

    Wah admin zunif kayaknya anak IPA nih ya..?

    Balas
  6. author

    الفين زيد ني4 bulan ago

    Apalah daya yang cuma lulusan SMP

    Kekekekekek

    Balas
  7. author

    Bang Day4 bulan ago

    Jaman saya bukan IPA/IPS tapi A1,A2, A3 dan A4

    Balas
  8. author

    Rizkyzone.com4 bulan ago

    saya dulu waktu SMA malah pilih jurusan bahasa karena menghindari Matematika, Akuntansi dan Kimia, Fisika dan yang berbau hitung2angan..

    Balas
  9. author

    Bang Day3 bulan ago

    Jaman saya fisika, biologi, sosial dan budaya.
    Fisika + Bio = IPA
    Sos + Bud = IPS

    Balas
  10. author

    Bang Day2 bulan ago

    Saya fisika – ipa tapi suka sejarah

    Balas
  11. Mengapa Guru Perlu Menulis Karya Tulis Ilmiah? | zunif.com1 bulan ago

    […] menghasilkan karya tulis ilmiah yang inovatif, kreatif, dan orisinil. Tidak hanya mencerahkan para siswa di kelas, tapi juga masyarakat luas akan merasakan manfaatnya atas sumbangan gagasan seorang guru. Tetap […]

    Balas

Silahkan Komentar