Agar Loading Post WordPress Makin Cepat dan Ringan

321 views
Blog WordPress Versi Aplikasi HP Android Apple

Blog WordPress Versi Aplikasi HP Android Apple

Agar Loading Post WordPress Makin Cepat dan Ringan – Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi proses lama tidak nya loading sebuah blog / website. Bisa karena faktor server penyedia layanan hosting, bisa karena theme terlalu berat, bisa karena banyak iklan di blog, bisa karena ukuran gambar yang di upload terlalu besar ukurannya (file raksasa), dan masih banyak lagi.

Mungkin sahabat zunif.com bisa melakukan tes uji kecepatan loading blog di situs website google pagespeed insight. Hasil uji tes kecepatan akan diketahui apakah loading blog kita termasuk berat atau ringan. Karena ada skor hasil uji pagespeed disana.

Loading blog yang ringan dan cepat wush wush kencang, akan memudahkan pengunjung dalam memperoleh informasi di blog sahabat zunif.com. Tidak sedikit calon pengunjung yang kabur terlebih dahulu gara-gara terlalu lama menunggu proses load sebuah blog.

Karena tidak semua pengunjung menggunakan provider layanan internet cepat. Ada juga pengunjung yang pakai internet sedang, dan tidak sedikit yang pakai internet super lelet. Tergantung kondisi ekonomi, kondisi geografis, dan kondisi trobel, dan masih banyak lagi faktornya.

Salah satu cara untuk membuat blog lebih ringan ketika diakses adalah kita perlu sedikit melakukan setting pengaturan di blog milik kita. Berikut adalah langkah-langkah agar loading post wordpress makin cepat dan ringan.

Tutorial ini bisa dipakai sahabat zunif.com yang ngeblog di wordpress.com dan di wordpress hosting sendiri yang sudah terintegrasi dengan jetpack by wordpress.

1. Silahkan sahabat login di blog wordpress kesayangan anda. Atau bisa langsung klik alamat url berikut ini: https://wordpress.com/settings/performance/zunif.com
Ganti alamat blog zunif dengan alamt blog anda.

2. Di dalam dashboard wordpress, silahkan pilih menu Kelola, dan pilih submenu Pengaturan. Kemudian pilih menu Performa.

Tips Agar Loading Blog WordPress Makin Cepat dan Ringan

Tips Agar Loading Blog WordPress Makin Cepat dan Ringan

3. Silahkan sahabat zunif.com klik Aktifkan Akselerator Situs. Klik Aktifkan Mempercepat Waktu Pemuatan Gambar. Klik aktifkan Mempercepat Waktu Pemuatan File Statis. Dan yang terakhir klik Aktifkan Gambar Lazy-Load.

Keterangan:
Gambar Lazy-Load dapat menyempurnakan kecepatan situs Anda dengan hanya memuat gambar yang terlihat pada layar. Gambar baru akan dimuat sebelum mereka menggulir ke tampilan. Hal ini mencegah pembaca untuk mengunduh semua gambar pada halaman sekaligus, bahkan gambar yang tidak dapat mereka lihat.

4. Selesai.

Selain cara diatas, untuk mempercepat loading blog wordpress ditentukan juga dengan server hosting yang dipakai sahabat zunif.com, theme blog, widget yang terpasang, iklan javascript yang dipasang, dan masih banyak lagi.

Silahkan bisa dipertimbangkan untuk mempercantik tampilan blog tapi tidak membuat pengunjung kabur gara-gara loading blog berat. Semoga bermanfaat sahabat.

Tags: #Agar Loading #Lazy Load #Lebih Ringan #Loading Blog #Makin Cepat #Post WordPress

  1. author

    lantana hermosa7 bulan ago

    Penting nih buat pengguna WP, memudahkan buat yang blogwalking

    Balas
    • author

      kotanopan.com7 bulan ago

      betul sekali mbak,. biar web makin kenceng, pengunjung makin betah dan main banyak berdatangan karena gak lama-lama nunggu load

      Balas
  2. author

    Fakhrezy7 bulan ago

    Kalau wordpress ini enak ga mas? karna bsa install plugin utk mempercepat loading.

    Balas
  3. author

    sondang Saragih7 bulan ago

    Info yang sangat bermanfaat.
    Thank u

    Balas
  4. author

    Aul Howler7 bulan ago

    Wah aku sudah tidak pakai wordpress lagi
    Praktis yaa ada fitur ini di wordpress

    Balas
  5. author

    kuanyu7 bulan ago

    Ternyata mudah sekali ya gan untuk optimasinya,.pantesan blog agan zunif cepet banget loadingnya, ternyata ini ya rahasianya,..ea πŸ˜€

    Balas
  6. author

    Sopyan nc7 bulan ago

    Buat pengguna WP di manjakan dengan fitur nya yg lengkap ya hehe tidak seperti blogger nih πŸ˜ƒ
    Wp rata rata loading nya cepet klo yg dimaksimal kan

    Balas
  7. author

    asnaji7 bulan ago

    wah….wah…super banget tips nya….tahu dari mana sih Mas….
    Sepertinya makin hari makin ok nih ilmunya……

    Segera praktek ah biar makin wuuuus….kenceng larinya….eeh ringan gitu lhoo

    Balas
  8. author

    anies7 bulan ago

    sy plg suka kalau BW, blog seseorang tu laju je loading nya

    Balas
  9. author

    Anton Ardyanto6 bulan ago

    Kalau di WordPress Self Hosted, salah satu hal yang kadang dilupakan adalah pemakaian plug ini. Padahal memberi pengaruh banyak sekali pada kecepatan loading blog.

    Semakin banyak Plug in yang dipakai, semakin berat karena plugin butuh sumber daya blog dan waktu untuk mengaktifkan. Jadi, pergunakan plugin seminimal mungkin.

    Yang tidak penting dan diperlukan, sebaiknya tidak perlu dipakai.

    Balas

Silahkan Komentar