5 Jurusan Paling Laris Di Indonesia (Jumlah Lulusan Terbanyak)

272 views
Program Studi Kuliah Terfavorit Bagi Lulusan SMA Indonesia

Salah Satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia

5 Jurusan Paling Laris Di Indonesia (Jumlah Lulusan Terbanyak) – Bagi siswa yang baru saja lulus sekolah menengah atas (SMA/SMK/MA/MAK) dan hendak ingin melanjutkan studi pada jenjang pendidikan tinggi, pasti bingung memilih jurusan atau program studi apa yang tepat sesuai dengan minat dan keuangan. Tidak sedikit dari siswa yang mendaftar di kampus terkenal favorit dan dengan status negeri, dan banyak juga yang memilih kuliah tidak di kampus negeri, yang penting jurusan sesuai dengan keinginan.

Bagi siswa yang punya kesempatan untuk melanjutkan belajar di perguruan tinggi setelah tamat SLTA, perlu disyukuri, karena di luar sana masih banyak para pelajar lulusan SLTA yang tidak punya kesempatan kuliah karena keterbatasan ekonomi keluarga sehingga tidak bisa melanjutkan belajar di perguruan tinggi. Kabarnya sekarang ada beasiswa bagi orang tidak mampu seperti bidikmisi, tapi apakah kuotanya bisa men-cover seluruh siswa tidak mampu? Yang bisa menjawab adalah pemerintah indonesia.

Berikut ini adalah beberapa jurusan paling laris di Indonesia dengan jumlah lulusan terbanyak. Data ini diambil dari situs website badan kepegawaian negara (bkn) republik indonesia pada tahun 2018 yang membuka keran pendaftaran rekrutmen seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Rentang usia pelamar 18-35 tahun, belum ditambah lulusan diatas 35 tahun. Dan mungkin jumlah ini akan terus bertambah, mengingat setiap tahun perguruan tinggi baik negeri maupun swasta selalu meluluskan (wisuda) sarjana dan diploma hingga ribuan.

1. PGSD (190.804 orang lulusan)

Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) strata 1 adalah prodi yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Tidak hanya kampus negeri saja yang buka prodi ini, tapi juga ada kampus swasta, yang mana jumlahnya ratusan tersebar di seluruh Indonesia. Karena sarjana pendidikan guru sd ini punya peluang besar dalam bekerja. Setiap desa/kelurahan pasti ada 1 sampai 3 sekolah dasar, baik sekolah sd negeri maupun swasta. Belum lagi madrasah ibtidaiyah (MI) juga ada di desa. Ini prospek yang bagus bagi sarjana pgsd agar setelah lulus kuliah bisa langsung kerja.

2. Kebidanan (166.117 orang lulusan)

Program studi diploma III (D3)  kebidanan hingga kini masih menjadi favorit bagi siswa lulusan SLTA, terutama anak perempuan. Karena bidan di Indonesia harus wanita. Kalau dokter spesialis kandungan baru boleh laki-laki. Jurusan ini selain masa studinya tidak lama (hanya 3 tahun), juga karena peluang kerjanya yang lumayan besar. Setiap desa memerlukan bidan desa (bidan pns), dan setiap kecamatan pasti ada 1 sampai 3 puskesmas. Belum lagi rumah sakit daerah dan rumah sakit swasta. Ini peluang kerja yang besar dan oleh karenanya cukup laris diminati masyarakat Indonesia.

3. PAI (162.340 orang lulusan)

Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) strata 1 merupakan prodi favorit ke tiga dan paling laris di minati masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan lulusan sarjana pendidikan agama islam bisa bekerja sebagai tenaga pendidik (guru) di semua jenjang pendidikan, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama dan atas. Biasanya kampus yang membuka keran pendaftaran jurusan PAI adalah perguruan tinggi keagamaan islam negeri (PTKIN) dan perguruan tinggi keagamaan islam swasta, yang hampir setiap kabupaten/kota ada kampus tersebut. Mengingat prospek lulusan PAI cukup besar, tidak heran jika jurusan ini banyak dilirik oleh para siswa lulusan SMA/MA/SMK/MAK.

Silahkan lanjutkan membaca di halaman berikutnya sahabat jika ingin mengetahui 2 jurusan lain yang paling laris manis di Indonesia πŸ™‚

Tags: #Jumlah Lulusan #Jurusan Favorit #Jurusan Kuliah #Kampus Indonesia #Lulusan Terbanyak #Paling Laris

  1. author

    agus warteg2 bulan ago

    Wah, ternyata menjadi guru sekolah dasar paling banyak peminatnya ya, baru kebidanan.

    Apa mungkin karena mengajarkan anak kecil ya, jadi banyak yang mau, soalnya biasanya anak kecil kan nurut .. πŸ˜„

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      bisa jadi begitu gan, banyak yang suka ngajar anak-anak SD :mrgreen:

      Balas
  2. author

    Einid Shandy2 bulan ago

    Jurusanku nggak masuk, tapi PGSD memang sedang banyak diminati sih.
    Akuntansi juga sedang banyak diminati karena banyak perusahaan yang semakin membutuhkan.

    Keren Kak.

    Salam ceria.

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      iya kak pgsd dan akuntansi memang banyak dibutuhkan di dunia kerja :mrgreen:

      Balas
  3. author

    sondang Saragih2 bulan ago

    Kirain keperawatan termasuk karena di daerah kami sepertinya sekolah keperawatan membludak. Ternyata kebidanan masih mendominasi.

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      iya kak kebidanan lumayan banyak lulusannya :mrgreen:

      Balas
  4. author

    san2 bulan ago

    Wah ternyata pgsd paling banyak lulusannya ya

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      betul gan, pgsd terbanyak dan mendominasi :mrgreen:

      Balas
  5. author

    kuanyu2 bulan ago

    yang paling jarang mungkin lulusan olahraga mas ya,….sekarang ini memang orang senang ngambil jurusan pendidikan,….tapi syukurlah saya sendiri mengambil jurusan ekonomi,…he-he,…jadi lebih keren gitu,…wkwkckk

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      wah keren gan ambil jurusan ekonomi nih :mrgreen:

      Balas
  6. author

    anies2 bulan ago

    ramai yang suka jadi guru ya?

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      iya kak, banyak dibutuhkan soalnya guru di indonesia :mrgreen:

      Balas
  7. author

    Reyne Raea2 bulan ago

    Yang 1 dan 2 itu sering denger sih, tapi yang 3 baru tau saya.
    Dulu saya habis lulus malah diminta ikutan PGSD itu, malesnya, saya gak telaten ngajar soalnya hahaha

    Guru soalnya lebih banyak dibutuhkan ya

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      iya kak, guru banyak yang mau pensiun sehingga banyak dibutuhkan di daerah daerah :mrgreen:

      Balas
      • author

        Reyne Raea2 bulan ago

        waaahh makanya diserbu ya, lagian kata orang2 profesi guru menjanjikan banget, banyak liburnya ahahhaha

        Balas
        • author
          Penulis

          zunif2 bulan ago

          iya betul kak, tunjangan sertifikasi guru lumayan, bisa buat beli mobil πŸ˜€

          Balas
  8. author

    Aris2 bulan ago

    PGSD dari tahun ke tahun kayaknya masih tetap favorit nih krn mungkin sekolah SD jumlahnya paling banyak jadi mungkin gurunya lebih berpeluang diangkat jadi pns ya mas

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      betul itu gan, peluang cpns guru sd sampai saat ini masih terbuka lebar dibandingkan guru pns mata pelajaran :mrgreen:

      Balas
      • author

        Aris Armunanto2 bulan ago

        Sekarang tunjangan guru pns juga banyak jadi semakin sejahtera

        Balas
        • author
          Penulis

          zunif2 bulan ago

          Iya betul itu gan, profesi guru banyak diminati karena ada tunjangan sertifikasi sebesar satu kali gaji pokok 😁

          Balas
  9. Rekap Nilai Akreditasi Prodi D3 S1 Profesi Spesialis S2 S3 Universitas Indonesia | zunif.com2 bulan ago

    […] dan ingin melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia Depok atau Jakarta, pastikan program studi / jurusan kuliah yang akan dilamar terakreditasi bagus/unggul (A), atau minimal B. Sehingga ketika anda sudah lulus […]

    Balas
  10. Perbedaan Kuliah S1, Kuliah S2, dan Kuliah S3 | zunif.com2 bulan ago

    […] nasional di Indonesia yang diamanatkan oleh Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 mengatakan bahwa pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, […]

    Balas
  11. Peringkat Akreditasi Prodi D3 D4 S1 Profesi Spesialis S2 S3 UNPAD Bandung | zunif.com2 bulan ago

    […] untuk berbagi informasi yang berguna untuk anda terkait peringkat/nilai akreditasi seluruh program studi di semua jenjang pendidikan di lingkungan Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung Jawa […]

    Balas
  12. author

    Ekopriantoblogs2 bulan ago

    pgsd dan kebidanan tuh banyak banget,,,,kenal orang dikit dikit kuliah jurusan guru,,,dikit sikit.jurusan kebidanan,,,wkwk

    Balas
    • author
      Penulis

      zunif2 bulan ago

      iya memang banyak banget lulusan pgsd dan kebidanan gan, karena peluang kerjanya besar πŸ˜€

      Balas
  13. Cara Mengobati Kucing Sakit dan Nggak Doyan Makan | zunif.com2 bulan ago

    […] pecinta kucing, entah kucing lokal indonesia atau kucing impor dari luar negeri (kucing anggora, persia, dll), tentu akan merawatnya dengan baik […]

    Balas
  14. Cara Menagih Hutang dengan Cepat (Sudah Terbukti) | zunif.com1 bulan ago

    […] Cara Menagih Hutang dengan Cepat (Sudah Terbukti) – Ketika teman mau pinjam uang, dia merengek, memelas dan ngemis-ngemis. Tapi giliran sahabat zunif.com mau nagih hutang, sama juga sampai ngemis-ngemis. Memang aneh dunia ini, tapi itulah faktanya yang terjadi dikalangan masyarakat di Indonesia. […]

    Balas

Tinggalkan Balasan ke Perbedaan Kuliah S1, Kuliah S2, dan Kuliah S3 | zunif.com Batalkan balasan